kalimat imperative dalam bahasa inggris

Kalimat Imperative Dalam Bahasa Inggris

Apakah kamu pernah dengar kalimat imperative dalam bahasa Inggris? Imperative sentences merupakan tipe kalimat bahasa Inggris yang berisikan perintah. Sama seperti bahasa Indonesia, penggunaan kalimat perintah disertai tanda seru pada bagian akhir kalimat untuk menyatakan command atau perintah.

Sebelum mengetahui penggunaan kalimat imperative ketika belajar Bahasa Inggris, maka sudah semestinya memahami dulu definisi dan juga aturannya. Untuk itu, kamu bisa belajar lebih banyak tentang imperative sentences bersama ICAN English.

Definisi Kalimat Imperative

Imperative sentence  merupakan tipe kalimat yang bisa kamu gunakan untuk membuat command atau perintah, warning atau peringatan, instruction atau instruksi, dan juga advice atau nasihat. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan kalimat imperative apabila membutuhkan permintaan yang harus segera dilakukan atau request.

Baca Juga:
Penjelasan dan Contoh Exclamatory Sentence

Umumnya, pada imperative sentence tertulis, terdapat akhiran exclamation mark atau tanda seru. Biasanya juga disertai dengan kata please untuk menandakan sopan.

Walaupun demikian, kalimat perintah juga bisa saja tidak memiliki exclamation mark atau kata please. Imperative sentence tidak muncul dalam subjek kalimat, karena subjek you merupakan penerima perintah, sudah tersirat maksudnya.

Apabila ada kalimat perintah yang menggunakan tanda seru, maka tidak jauh berbeda dengan exclamatory sentence atau kalimat seruan bahasa Inggris. Hanya saja, terdapat perbedaan signifikan bahwa tidak semua exclamatory merupakan kalimat berisi command atau perintah. Apabila terdapat tanda seru pada imperative sentence, justru sudah menunjukkan tekanan perintah pada lawan bicara.

Meskipun kalimat perintah sudah identik dengan adanya tanda seru, kalimat perintah juga berisikan question tag atau kalimat tanya. Kalimat ini butuh jawaban antara iya atau tidak. Selanjutnya, terdapat tipe kalimat perintah yang disertai tanda titik pada akhir kalimat, sama seperti kalimat biasanya.

Baca Juga:
Kalimat Tanya Jawab Bahasa Inggris

Penggunaan Kata Imperative Bahasa Inggris

Ketika kamu merasa bingung membedakan mana kalimat biasa atau kalimat imperative sentences, kamu bisa melakukan identifikasi dari bagian isi kalimat, bukan tanda baca. Imperative sentences dapat menggunakan tanda seru atau disebut dengan exclamatory mark, mirip seperti kalimat seruan atau exclamatory sentence. Hanya saja, perbedaannya tidak semua exclamatory sentence mengandung perintah, sedangkan tanda seru pada kalimat perintah cukup menunjukkan adanya tekanan perintah.

Supaya lebih mudah mempelajari kata imperative bahasa Inggris, kamu bisa melihat semua contoh penggunaannya sesuai fungsinya, sebagaimana berikut:

Request

  • Have a safe flight! (Semoga penerbanganmu aman!)
  • Eat more healthy food! (Makanlah lebih banyak makanan menyehatkan!)
  • Leave me alone, I beg you. (Tinggalkan saya sendiri, saya mohon)
  • Please bring the bag to me (Bawakan tas itu kepadaku)

Advice

  • Never hope too much (Jangan pernah terlalu berharap)
  • Do not depend on others (Jangan bergantung pada orang lain)

Baca Juga:
Kalimat Larangan Dalam Bahasa Inggris

Request/Command/Prohibition

  • Dont touch her, please (Jangan sentuh dia)
  • Close your eyes (Tutup matamu)
  • Go find the new thing (Carilah hal baru)
  • Dont be late (Jangan terlambat)
  • Dont ever touch my stuff (Jangan sentuh barang-barangku)

Instruction

  • Go straight ahead (Jan lurus terus)
  • Call a doctor immediately (Segera hubungi dokter)
  • Add a glass of water and two tablespoons of sugar into a pan, then boil (Tambahkan segelas air dan dua sendok makan gula dalam panci, kemudian rebus)

Baca Juga:
Kalimat Larangan Dalam Bahasa Inggris

Sekarang, kamu sudah tahu bagaimana menggunakan kalimat imperative dalam bahasa Inggris. Cobalah untuk membuat kalimat sendiri, seperti membuat kalimat imperative yang mengandung permintaan, nasihat, atau instruksi sesuai kegiatan sehari-hari.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web