Kalimat negatif simple present tense

Kalimat Negatif Simple Present Tense

Jan 21, 2022 | Bahasa Inggris

Simple present tense adalah tenses yang sering digunakan untuk menunjukkan peristiwa yang sedang berlangsung saat ini ataupun peristiwa yang sering dilakukan secara berulang dan menjadi kebiasaan. Selain memilki pola positif, ada juga kalimat negatif simple present tense dan kalimat interrogative.

Tense ini juga menjadi salah satu tense yang paling sering digunakan ketika berbicara bahasa Inggris. Simple present tense juga sangat sederhana sesuai dengan namanya. Jadi ketika belajar bahasa Inggris, khususnya simple present tense kamu akan memahaminya dengan sangat mudah.

Baca Juga: CONTOH PERCAKAPAN SIMPLE PRESENT TENSE

Pola Kalimat Negatif

Untuk membuat sebuah kalimat simple present tense, umumnya menggunakan verb 1 atau kata kerja bentuk dasar. Kecuali, jika kamu ingin membuat kalimat untuk kata ganti dari orang ketiga. Untuk kalimat ini, kamu harus menggunakan Verb 1 dan ditambahkan dengan s/es di belakang kata kerja tersebut.

Rumus untuk kalimat negative simple present tense adalah:

S + do/does not + bare infinitive

Atau

S + am/is/are not + subject complement (noun/adjective/…)

Is dan does adalah subject berupa third person singular. Sedangkan, am hanya untuk subjek I. Lalu, do untuk I, You dan plural subject. Kemudian, are untuk you dan plural subject.

Contoh kalimat negatif simple present tense adalah sebagai berikut:

  • (+) I like white chocolate
  • (-) I don’t like chocolate
  • (?) Do you like chocolate?

Contoh lainnya yang juga bisa kamu terapkan adalah:

  • (+) Everyone cares about my birthday
  • (-) Everyone doesn’t care about my birthday
  • (?) Does everyone care about my birthday?

Materi seputar simple present tense biasanya akan kamu dapatkan di awal pembelajaran bahasa Inggris. Sebab, ini adalah salah satu tense yang cukup mudah dan kerap digunakan sehari-hari. Materi ini akan dikupas lebih mendalam jika kamu bergabung dalam kursus bahasa Inggris yang professional dan memiliki tutor berpengalaman.

Baca Juga: KALIMAT POSITIF SIMPLE PRESENT TENSE

Kegunaan Simple Present Tense

Simple present tense memiliki beberapa kegunaan, seperti untuk menyatakan kebenaran mutlak. Kebenaran ini maksudnya adalah kebenaran yang tidak bisa dibantah sama sekali. Contohnya, matahari terbit dari arah timur. Ini adalah kebenaran yang mutlak dan bisa disebut sebagai fakta.

Tense ini juga bisa menceritakan kebiasaan atau kegiatan yang dilakukan secara berulang. Misalnya, kebiasaan kamu bangun tidur, pergi ke sekolah, makan siang dan lainnya. Kamu juga bisa menggunakan present tense untuk menyatakan jadwal yang sudah pasti, seperti tomorrow morning, tonight, today dan sebagainya.

Selanjutnya, tense yang satu ini bisa kamu gunakan untuk memberikan perintah atau petunjuk. Misalnya, petunjuk cara memasak makanan instan, membuat kopi atau pemakaian sebuah alat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Memainkan game seru untuk belajar bahasa inggris adalah sarana belajar sambil bermain yang kekinian, praktis, dan menyenangkan. Main game sambil belajar juga merupakan cara terbaik menikmati me time tetapi sambil mendapatkan materi pembelajaran baru. Sehingga,...

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH