Pola Kalimat Present Continuous Tense

Pola Kalimat Present Continuous Tense

Pola kalimat present continuous tense merupakan salah satu yang harus kamu pelajari dari total 16 tenses Bahasa Inggris. Menurut kamus Oxford, bentuk kata kerja yang dapat menunjukkan waktu sebuah tindakan maupun keadaan yang dapat kamu ungkapkan dalam bentuk kata kerja adalah present continuous tense.

Present continuous tense juga terkenal dengan sebutan present progressive tense dalam. Grammarly menyebutkan bahwa tense tersebut menunjukkan peristiwa maupun tindakan yang sedang berjalan, sering terjadi, dan bisa terus berlanjut hingga di masa mendatang.

Belajar Pola Kalimat Present Continuous Tense, Seperti Apa?

Ada tiga bentuk kalimat dalam present continuous tense, yaitu bentuk positif, negatif, dan interogatif. ICAN English sebagai lembaga kursus bahasa Inggris akan menjelaskan secara mendalam dengan menyediakan masing-masing rumus pola kalimat sebagaimana berikut:

Baca Juga:
Kalimat Ajakan dalam Bahasa Inggris

  • Bentuk positif Subject + Be (is/am/are) + V-ing
  • Bentuk negatif Subject + Be (is/am/are) + not + V-ing
  • Bentuk positif Be (is/am/are) + Subject + V-ing?

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan keterangan waktu dalam present continuous tense seperti now, today, at this time, right now, at present, at this moment, dan at the moment.

Agar kamu tidak bingung, cobalah melihat aturan susunan kalimat, contoh kalimat pada present continous tense dapat kamu amati sebagaimana berikut:

1. I am watching your presentation right now – Saya melihat presentasi kamu sekarang.

2. Are you listening to my new album? Apakah kamu sedang mendengarkan album terbaruku?

3. John is not going to Amanda’s Birthday party – John tidak akan pergi ke acara ulang tahun Amanda.

4. Amanda and John are traveling to Kawah Ijen Banyuwangi – Amanda dan John sedang jalan-jalan ke Kawah Ijen Banyuwangi.

5. Joanna is not going to the party because her dog is ill – Joanna tidak bisa datang ke pesta tersebut karena anjingnya sedang sakit.

Itulah contoh pola kalimat present continuous tense. Dari contoh ini, kamu bisa melihat bahwa semua susunan kata sangat mudah. Jika subjek adalah tunggal, maka gunakan to be is sedangkan jika subjeknya lebih dari satu atau plural seperti Amanda dan John, maka gunakan to be are.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Progressive Tense Bahasa Inggris

Kapan Harus Membuat Kalimat Ini?

Sekarang, kamu sudah tahu pola kalimat pada tenses ini. Berikutnya, kamu juga harus tahu fungsi-fungsi dalam penggunaan present continuous tense. Kegunaan present continuous tense adalah berikut:

1. Untuk menyatakan sebuah kejadian, tindakan, maupun kegiatan yang sedang berlangsung pada saat pembicaraan berlangsung. Misalnya, ketika kamu sedang di kelas bersama teman sebangku, dan sedang membicarakan apa yang sedang dilakukan teman lainnya, misalnya:

Amanda is reading a fashion magazine right now. (Kamu melihat teman bernama Amanda sedang membaca majalah fashion saat ini).

2. Untuk menceritakan peristiwa yang sedang berlangsung saat ini, di waktu tertentu, bisa juga kebiasaan sedang berlangsung. Misalnya, kamu harus menolak ajakan teman pergi karena kamu sedang ada interview besok pagi. Kamu bisa menggunakan kalimat berikut:

Baca Juga:
Contoh Kalimat Simple Future Tense

I am sorry that I cannot go with you because I am having a job interview tomorrow morning.

Dengan materi ini, kamu akan lebih mudah membuat kalimat untuk present continuous tense. Kamu juga akan lebih mengerti pola kalimatnya jika sudah memahami keseluruhan isi materi.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web