Daftar Kata Benda Bahasa Inggris Awalan X

Daftar Kata Benda Bahasa Inggris Awalan X

Apakah kamu tahu apa saja kata benda Bahasa Inggris awalan X sebelum belajar pembahasan ini? Dalam Bahasa Inggris, terdapat sekitar 400 kata alfabet X yang digunakan. Artinya, 0,16% semua jenis kata dalam Bahasa Inggris menggunakan huruf X. Diantara data tersebut, terdpat 200 noun atau kata benda Bahasa Inggris yang memiliki awalan huruf X.

Salah satu alasan untuk penggunaan alfabet X dalam Bahasa Inggris adalah karena dipinjam dari Saxon. Karena sangat jarang diketahui, jika kamu bermain game Scrabble, maka kosakata dengan awalan huruf X akan mendapatkan skor hingga 8 poin.

Daftar Noun Awalan Huruf X

Dulunya, penggunaan huruf sering digunakan dalam kata-kata yang berasal dari Yunani, terutama kata yang memiliki kemiripan suara dengan awalan huruf Z. Bahkan, X juga digunakan untuk mewakili kata yang sulit seperti “Ch” dalam “Christ” menjadi “X-mas”.

Penggunaan huruf X yang terus bertambah, kamu akan menemukan lebih banyak kata yang berhubungan dengan seni, ilmu pengetahuan, dan medis dengan awalan huruf X. Terdapat pula era yang menggunakan X dan sudah mulai dimasukkan ke dalam kamus, seperti contoh ‘X-factor’ dan ‘X-section’.

Common Nouns

Huruf X sering digunakan untuk menunjukkan kuantitas atau variabel dalam matematika yang tidak diketahui. Huruf X juga digunakan dalam disiplin akademik lainnya. Tetapi, common nouns awalan huruf X juga banyak digunakan untuk komunikasi lisan dan tertulis.

Berikut adalah beberapa common nouns yang menggunakan awalan huruf X dalam Bahasa Inggris:

XylophoneGambang
X-rayRontgen
XanthanXanthan (Bahan pengental pada produk makanan)
XenophobiaXenofobia (ketakutan terhadap orang asing dari kultur berbeda)
XylographPahatan
XeriscapeXeriscape (teknik lanskap yang menggunakan tanaman dan air untuk sumber konservasi)

Lihat kosakata yang tidak kamu tahu, dan tulis di buku vocabulary yang kamu miliki. Selanjutnya, cobalah mencari contoh penggunaan kalimat yang menggunakan kosakata di atas agar penulisan bisa sesuai konteks.

Abstract Nouns

Berikut adalah beberapa abstract nouns yang menggunakan awalan huruf X dalam Bahasa Inggris:

XerographyXerografi
XylophoneGambang
XerophthalmiaXerophthalmia
XenophobiaXenofobia

Talk out loud, adalah salah satu metode mempelajari vocabulary atau kosakata dalam Bahasa Inggris. Saat kamu berbicara dengan lantang kumpulan kosakata tersebut, maka akan lebih mudah mengingatnya.

Kamu bisa memulai percakapan dengan partner belajar untuk mencoba menambahkan setiap kosakata di atas saat berdialog. Koreksi bersama apakah penggunaan kosakata dalam dialog tersebut sudah sesuai konteks atau tidak.

Positive Nouns

Berikut adalah positive nouns awalan huruf X dalam Bahasa Inggris dan artinya:

XeniaXenia
XylophoneGambang
XanaduTempat mewah
X-factorFaktor X
X-raySinar-X/ Rontgen

Saat kamu mempelajari setiap vocabulary di atas, pastikan ada visualisasi setiap positive noun tersebut di dalam benak. Visualisasi harus dilakukan dengan detail yang maksimal. Contoh, jika kamu mempelajari kata ‘X-ray’, jangan hanya fokus pada alatnya saja, tetapi harus ada detail lainnya terkait alat tersebut. Misalnya, fungsi alat tersebut dalam dunia medis.

Proper Nouns

Berikut adalah proper noun awalan huruf X dalam Bahasa Inggris:

Xavier

Xuzhou

Xochimilco

Ximena

Xander

Penggunaan proper noun untuk kata benda Bahasa Inggris awalan X harus diawali dengan huruf kapital. Hal ini karena setiap proper noun ditujukan untuk hal yang spesifik, bukan general.

Baca juga:
Daftar Vocabulary Bahasa Inggris Awalan Y

Mulai Belajar Vocabulary Sekarang Juga!

Sekarang, kamu sudah mendapatkan beberapa vocabulary baru, terkait kata benda Bahasa Inggris awalan X. Gunakan kosakata di atas untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, baik dalam komunikasi tertulis atau terucap.

Kamu juga bisa menggunakan beberapa tips di atas untuk mempelajari mana cara efektif agar bisa mengingat kosakata baru. Kunci agar bisa berhasil meningkatkan pemahaman kosakata adalah konsistensi.

Jika kamu belum bisa konsisten mengatur jadwal belajar di rumah, baik sendiri atau bersama teman, artinya kamu butuh bantuan seorang tutor. Di ICAN English, kelas kursus Bahasa Inggris yang tersedia dirancang dengan bantuan tutor profesional. Semua materi dan metode pembelajaran dirancang secara menyenangkan, diajarkan oleh tutor yang suportif.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.