Panduan Belajar Kata Benda Bahasa Inggris dan Artinya

Panduan Belajar Kata Benda Bahasa Inggris dan Artinya

Kata benda Bahasa Inggris dan artinya adalah salah satu hal pertama yang perlu kamu pelajari. Kata benda adalah atau noun sangat penting karena digunakan untuk berbicara tentang orang, tempat, dan benda.

Ada berbagai jenis kata benda dalam Bahasa Inggris. Mempelajari kata benda lengkap dengan contoh sangat membantu memulai belajar dan memperdalam pengetahuan yang sudah kamu miliki. Berikut adalah penjelasan tentang daftar kata benda dan artinya.

5 Daftar Jenis Kata Benda Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, kata benda biasanya mudah dikenali karena sering kali diawali dengan article seperti ‘the’ atau ‘a’. Kata benda juga dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis. Berikut penjelasan kata benda Bahasa Inggris dan artinya:

1.  Concrete Nouns

Concrete nouns mengacu pada benda nyata yang dapat disentuh, dilihat, dan didengar. Misalnya, kata ‘apple’ merupakan kata benda konkret, karena merupakan benda fisik yang dapat dilihat dan disentuh. Contoh lainnya adalah ‘tree’, ‘river’, dan ‘chair’.

Kata benda konkret seringkali diawali dengan kata ‘the’ karena biasanya merujuk pada objek tertentu. Berikut beberapa contoh concrete nouns dan artinya:

Person (Orang)Object (Benda)Animal (Binatang)
Teacher – Guru
Doctor – Dokter
Chef – Koki
Student – Murid
Pilot – Pilot
Pencil – Pensil
Phone – HP
Computer – Komputer
Chair – Kursi
Table – Meja
Cat – Kucing
Dog – Anjing
Horse – Kuda
Bird – Burung
Fish – Ikan

2. Abstract Noun

Abstract Noun mengacu pada konsep, perasaan, dan kualitas tidak berwujud. Misalnya, ‘love’ adalah kata benda abstrak karena tidak mengacu pada objek fisik melainkan pada emosi. Contoh lainnya adalah ‘happiness’, ‘sadness’, dan ‘honesty’. Kata benda abstrak biasanya diawali dengan article ‘a’ atau ‘an’.

Berikut beberapa contoh kata benda abstrak dan artinya:

Idea (Gagasan)Feeling (Perasaan)Quality (Kualitas)
Freedom – Kebebasan
Creativity – Kreativitas
Confidence – Percaya diri
Curiosity – Ingin tahu
Honesty – Kejujuran
Joy – Kebahagiaan
Love – Cinta
Fear – Ketakutan
Anger – Kemarahan
Excitement – Kegembiraan
Patience – Kesabaran
Kindness – Kebaikan
Integrity – Integritas
Courage – Keberanian
Tolerance – Toleransi

3. Compound Noun

Kata benda majemuk dibuat dengan menggabungkan dua kata benda atau lebih menjadi satu. Misalnya, kata ‘sunshine’ merupakan kata benda majemuk karena terdiri dari kata ‘sun’ dan ‘shine’. Contoh lain termasuk ‘toothbrush’, ‘schoolbus’, dan ‘firefighter’. Kata benda majemuk bisa diawali dengan article ‘the’ atau ‘a’ tergantung konteksnya. Berikut adalah kata benda majemuk yang umum dan artinya:

  • Airplane – Pesawat terbang
  • Bedroom – Kamar tidur
  • Blackboard – Papan tulis
  • Bulldozer – Buldoser
  • Classroom – Kelas

4. Possessive Noun

Kata benda posesif menunjukkan kepemilikan atau penguasaan suatu benda. Misalnya, kata “John’s” adalah kata benda posesif yang menunjukkan bahwa John memiliki sesuatu. Contoh lainnya termasuk “Budi’s” dan “Teacher’s”. Kata benda posesif biasanya diawali dengan article ‘the’, berikut contoh dan artinya:

  • Orang: John’s, Mary’s, Professor’s
  • Tempat: Home’s, office’s, school’s
  • Binatang: Dog’s, gorilla’s, bird’s
  • Objek: Car’s, computer’s, phone’s

Kata benda apa pun bisa menjadi posesif. Jadi, tidak ada informasi lebih detil tentang penggunaannya dalam Bahasa Inggris.

5. Countable vs. Uncountable Nouns

Countable nouns mengacu pada kata benda yang dapat dihitung, misalnya ‘chair’, ‘apple’, dan ‘pen’. Sebaliknya, Uncountable nouns mengacu pada objek yang tidak dapat dihitung, seperti ‘air’, ‘water’, dan ‘information’. Countable noun biasanya diawali dengan article ‘a’ atau ‘an’, sedangkan uncountable noun biasanya diawali dengan article ‘the’. Berikut adalah contoh countable and uncountable nouns dan artinya:

Countable NounsUncountable Nouns
Chair – Kursi
Apple – Apel
Pen – Pen
Book – Buku
Car – Mobil
Water – Air
Air – Udara
Information – Informasi
Music – Musik
Knowledge – Pengetahuan

Pemahaman kata benda Bahasa Inggris dan artinya berperan penting dalam kalimat. Kata benda berfungsi sebagai subjek kalimat, yaitu orang, tempat, benda, atau gagasan yang menjadi inti kalimat tersebut.

Kata benda juga berfungsi sebagai objek suatu kata kerja, menerima tindakan dari kata kerja tersebut. Selain itu, kata benda dapat digunakan untuk menunjukkan kepemilikan.

Baca Juga:
Belajar Kosakata Benda Bahasa Inggris

Cara Belajar Kata Benda dalam Bahasa Inggris

Kata benda Bahasa Inggris atau noun berfungsi sebagai unsur pembangun bahasa dan penting untuk komunikasi dan penulisan efektif. Kata benda mewakili sebagian besar objek di sekitar.

Kegiatan interaktif seperti permainan menyortir, latihan kelompok, dan teka-teki dapat melibatkan siswa dalam mengidentifikasi berbagai jenis kata benda. Selain itu, juga mendorong siswa berbagi objek di lingkungan untuk memperkuat pembelajaran.

Nikmati pengalaman belajar interaktif di ICAN English! Kamu tidak hanya belajar tentang noun, tetapi juga materi dasar lainnya. Semua program belajar dirancang sesuai kebutuhan dan kemampuan personal. Sehingga, kamu akan mendapatkan penjelasan secara intensif.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web