Fungsi Kata Benda Noun Bahasa Inggris

Fungsi Kata Benda (Noun) Bahasa Inggris

Kata benda atau noun Bahasa Inggris adalah bagian penting, dan merupakan unsur penyusun kalimat apa pun. Penggunaan kata benda adalah kata-kata yang menyebutkan nama orang, tempat, benda, atau gagasan. Kata benda memainkan peran penting dalam menyampaikan makna dalam tulisan dan ucapan.

Baik penutur asli atau pelajar yang sedang belajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua, memahami kata benda sangat penting untuk komunikasi yang efektif. Dengan menguasai berbagai jenis kata benda, kamu dapat meningkatkan keterampilan menulis, mengungkapkan pikiran dengan lebih jelas, dan menghindari kesalahan umum.

Fungsi Kata Benda dalam Bahasa Inggris

Kata benda juga dapat berfungsi sebagai kata kerja dan kata sifat dengan sedikit perubahan ejaan atau dengan menambahkan sufiks. Misalnya, divorce bisa digunakan sebagai kata benda dan kata kerja; money adalah kata benda, sedangkan monetary adalah bentuk kata sifat dari kata kerja.

Kata benda juga dapat berfungsi sebagai komponen kalimat yang berbeda. Berikut adalah fungsi dari kata benda noun Bahasa Inggris:

Subjek dari Kata Kerja

Subjek kata kerja adalah kata benda yang melakukan tindakan dalam sebuah kalimat. Konteks kalimat ini memberi tahu siapa atau apa yang melakukan tindakan tersebut, seperti contoh berikut:

The cat run quickly at the backyard.

Joko is studying for his presentation.

Objek dari Kata Kerja

Objek kata kerja adalah kata benda yang menerima tindakan dalam sebuah kalimat. Sehingga memberi tahu kamu siapa atau apa yang terkena dampak tindakan tersebut. Misalnya:

His brother gave her a chocolate bar.

Joko bought a new car last week.

Mita is cooking breakfast for her daughter.

Komplemen dari Kata Kerja

Komplemen verba adalah kata benda yang melengkapi makna verba dalam sebuah kalimat. Selain itu, komplemen verba ini dapat berupa predikat nominatif atau predikat kata sifat. Misalnya:

His favorite color is pink. (predicate nominative)

The coffee smells delicious. (predicate adjective)

Joko became a pilot after two years of hard work. (predicate nominative)

Objek dari Preposisi

Objek preposisi adalah kata benda yang mengikuti preposisi dan melengkapi maknanya dalam sebuah kalimat. Misalnya:

Luna is sitting on the bench.

The ring is on the table.

Budi went to the library to read some books.

Sulit untuk mengatakan dengan tepat berapa banyak kata benda yang ada dalam bahasa Inggris. Namun, diperkirakan ada sekitar 170.000 kata yang digunakan saat ini, di antaranya adalah kata benda.

Sekarang, kamu sudah mempelajari tentang fungsi kata benda noun Bahasa Inggris. Selain fungsinya, kamu juga perlu belajar tentang macam-macam kata benda lainnya.

Baca Juga: Kosakata Bahasa Inggris Kata Benda

Jenis Kata Benda Lainnya dalam Bahasa Inggris

Noun phrase atau frasa kata benda adalah frasa sederhana (atau sekelompok kata) yang dibuat di sekitar kata benda. Frasa kata benda bertindak sebagai kata benda dalam sebuah kalimat dan sering kali menjadi fokus utama. Misalnya, ‘the big dog’ adalah frasa kata benda, yang dibentuk di sekitar kata benda ‘dog’ sebagai informasi terpenting.

Gerund merupakan bentuk kata kerja yang berfungsi sebagai kata benda dalam sebuah kalimat. Gerund dibentuk menggunakan akar kata kerja, misalnya. ‘cilimb’ dan menambahkan akhiran ‘-ing’ menjadi ‘climbing’. Gerund terlihat seperti present participle dari kata kerja, namun fungsinya sama seperti kata benda. Contoh, ‘We like swimming’, bentuk kata kerja -ing berfungsi sebagai kata benda.

Possessive nouns adalah kata benda yang menunjukkan kepemilikan. Biasanya dibentuk dengan menambahkan akhiran ‘-s pada kata benda. Misalnya, ‘the lady’s hat’ atau ‘the dog’s ball’.

Attributive noun adalah kata benda yang berfungsi sebagai kata sifat dalam sebuah kalimat. Jenis noun ini muncul di depan kata benda untuk mendeskripsikan suatu atribut. Contohnya adalah ‘tomato’ dalam ‘We eat tomato soup. Kata ‘tomato’ adalah kata benda, namun digunakan untuk menambahkan informasi lebih lanjut tentang kata benda ‘sup’ lainnya, sehingga mirip kata sifat.

Dengan belajar di ICAN English, kamu bisa mendalami semua jenis noun dan part of speech lainnya secara intensif. Pembelajaran di tempat kursus Bahasa Inggris ini juga dirancang sesuai kebutuhan personal kamu. Misalnya, ingin belajar TOEFL, IELTS, atau ingin gabung di kelas speaking. Selama belajar, kamu juga akan menerima banyak materi bermanfaat dengan metode menyenangkan!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.