Kata Ganti Benda Dalam Bahasa Inggris

Kata Ganti Benda Dalam Bahasa Inggris

Kata ganti penunjuk (demonstrative pronoun) Kata ganti yang banyak digunakan untuk menunjuk sesuatu berdasarkan jaraknya dari pembicara adalah demonstrative pronoun. Kata ganti benda dalam Bahasa Inggris ini memiliki empat bentuk.

Demonstrative Pronouns dapat menjadi subjek atau objek suatu kalimat. Saat menjadi subjek atau objek, maka tidak mengubah arti dari kata ganti.

Pembahasan tentang Kata Ganti Benda

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang penggunaan kata ganti benda atau demonstrative pronoun dalam Bahasa Inggris:

Definisi Demonstrative Pronouns

Demonstrative berarti memperlihatkan, menunjukkan, dan menunjuk pada sesuatu. Fungsi kata ganti benda dalam Bahasa Inggris adalah untuk menunjukkan jarak dan waktu. Selain itu, fungsinya adalah memberi tahu di mana letak sesuatu yang berhubungan dengan pembicara. Seperti kata ganti lainnya, kata ganti ini dapat menggantikan noun atau kata benda.

Kategori

Demonstrative Pronouns dikategorikan berdasarkan dua faktor, yaitu nomor berbentuk tunggal atau jamak dan jarak yang maknanya bisa dekat atau jauh

PronounsDekatJauh
SingularThisThat
PluralTheseThose

Pada tabel berikut, nomor menunjukkan berapa banyak objek yang dirujuk oleh setiap kata ganti, dan jarak mengacu pada seberapa dekat atau jauh objek tersebut dari pembicara.

Demonstrative Pronouns Menunjukkan Orang, Benda, Tempat, atau Ide Tertentu

Kata ganti benda dalam Bahasa Inggris digunakan untuk menunjuk atau mengindikasikan orang, tempat, benda, atau ide tertentu. Demonstrative pronoun membantu pembicara menyampaikan informasi tentang lokasi atau identitas subjek, dan dapat memberikan konteks tentang hubungan antara pembicara dan subjek.

Fungsi utama dari kata ganti demonstratif adalah untuk menunjukkan posisi suatu benda atau orang dalam kaitannya dengan pembicara. Dengan menggunakan ‘this’ atau ‘that’, penutur dapat menyampaikan apakah benda atau orang tersebut berada dalam jangkauannya atau tidak.

This is a chocolate bar; it is sweet. (Penggunaan ‘this’ menggambarkan bahwa kamu sedang memegang cokelat batang atau cokelat tersebut dapat kamu jangkau)

That, over there, is the lake. (Kamu berbicara dan menunjuk sebuah danau dari jarak tertentu).

Demonstrative Pronouns untuk Membedakan Benda Berdasarkan Jarak

Demonstrative pronouns memungkinkan pembicara membedakan dua benda berdasarkan jarak. Benda yang lebih dekat disebut “this” atau “these”. Sedangkan benda yang lebih jauh disebut “that” atau “those”. Jarak menentukan kata ganti mana yang akan digunakan. Jadi, “this” dan “that” dibedakan berdasarkan kedekatan relatif, bukan kedekatan mutlak. Perbedaannya dibuat dari sudut pandang pembicara, seperti contoh berikut:

Salsa and I share a room; this is mine and that is hers. (penggunaan this menunjukkan kasur penutur lebih dekat daripada kasur milik salsa.)

These are my families and those are my friends. (My families berada di posisi lebih dekat daripada my friends).

Baca juga:
Menentukan Subjek Dalam Bahasa Inggris

Demonstrative Pronouns Untuk Jarak Temporal

Demonstrative Pronouns dapat menunjukkan jarak temporal selain jarak spasial. Masa sekarang dipandang dekat, sedangkan masa lalu dan masa depan dipandang jauh. Ada tiga cara penggunaan kata ganti demonstratif untuk merujuk pada waktu.

Pertama, menggunakan kata ganti dekat untuk membicarakan waktu sekarang (now) atau sesuatu yang sedang terjadi saat ini:

Is this the right time to talk about it now? (This merujuk pada sekarang ini).

Kedua, penggunaan kata ganti jauh untuk membicarakan situasi atau kondisi pada masa lalu atau masa depan:

That was incredible! (Penggunaan that merujuk pada apa yang telah terjadi)

That would be hard to do so. (Penggunaan that merujuk pada masa depan)

Ketiga, menggunakan kata ganti jamak, dekat atau jauh untuk membicarakan kondisi umum kehidupan di masa sekarang, masa lalu, atau masa depan:

These are hard times. (‘These’ mengacu pada kondisi umum saat ini.)

Those were great moments. (‘Those’ mengacu pada kondisi umum di masa lalu.)

Demonstrative Pronouns Untuk Berbicara tentang Orang

Kamu dapat menggunakan demonstrative pronouns untuk memperkenalkan diri melalui telepon:

Hello, this is Joko. (Pembicara memperkenalkan dirinya dengan menggunakan istilah ‘this’).

Seperti yang kamu pelajari, jarak dan waktu tidak digunakan saat kamu menggunakan demonstrative pronouns untuk orang.

Belajar Kata Ganti Mudah dalam Bahasa Inggris

Sekarang, kamu sudah mendapatkan penjelasan lengkap tentang penggunaan kata ganti benda dalam bahasa inggris. Kata ganti benda ini sangat membantu ketika kamu ingin berkomunikasi dan menunjuk suatu benda yang ada di sekitar, baik dalam jarak dekat dan jauh.

Atau, kamu juga bisa menggunakan demonstrative pronoun ketika ingin membahas hal yang terjadi di masa lalu, masa depan, dan masa sekarang dengan menggunakan this dan that. Penguasaan this, that, those, dan these sangat mempengaruhi kelancaran keterampilan komunikasi lisan maupun tulisan.

Untuk belajar lebih banyak materi lainnya dalam Bahasa Inggris, ICAN English menawarkan program kursus Bahasa Inggris di kelas yang interaktif. Semua materi akan dibahas sesuai kebutuhan personal siswa sesuai dengan target belajar. Tutor yang profesional akan membantu menyelesaikan semua kesulitan kamu saat mengikuti pembelajaran.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi