Menentukan Subjek dalam Bahasa Inggris

Menentukan Subjek dalam Bahasa Inggris

Saat belajar grammar, menentukan subjek dalam Bahasa Inggris adalah salah satu bagian dari pembelajaran dasar. Subjek merupakan salah satu dari dua bagian utama dalam kalimat. Bagian utama lainnya yang penting dipelajari yaitu verb atau predicate.

Subjek seringnya disebut sebagai naming part dalam sebuah kalimat atau klausa. Selain itu, subjek biasanya muncul sebelum kata kerja atau predicate untuk menunjukkan apa makna kalimat tersebut maupun bagaimana atau siapa atau apa yang sedang melakukan suatu tindakan. Subjek seringnya adalah noun, noun phrase, atau pronoun.

Pembahasan Lengkap tentang Subjek

Gunakan panduan berikut agar kamu bisa lebih mudah menentukan subjek dalam Bahasa Inggris sesuai aturan:

Tipe Subjek

Subjek adalah satu atau beberapa kata. Subjek bisa berbentuk satu kata, noun atau pronoun. Berikut adalah contoh subjek dalam kalimat Bahasa Inggris:

Jonas laughed (Subjeknya adalah Jonas, tipe subjek adalah noun)

He laughed (Subjeknya adalah He, tipe subjek adalah personal pronoun)

Subjek juga dapat berupa noun phrase, yaitu sekelompok kata yang dibentuk dari head noun dan modifier, determiner (the, a, her), dan atau complement, sebagaimana contoh:

The first person in this class spoke to the teacher. (Subjeknya, the first person, tipe subjeknya noun phrase)

Jika terdapat dua noun, pronoun, atau noun phrase yang dihubungkan dengan “and”, akan membentuk compound subject, sebagaimana contoh berikut:

Joko and Jonas will sing at the concert today. (Subjeknya Joko dan Jonas, tips subjek compound subject)

Baca juga : Macam Kata Ganti Subjek Dalam Bahasa Inggris

Subjek dalam Pertanyaan dan Perintah

Dalam kalimat declarative, subjek seringnya muncul sebelum verb atau predikat, contoh:

Jonas will come today.

Dalam contoh kalimat interrogative, subjek muncul setelah helping verbs (will), dan sebelum main verb, contoh:

Will Jonas come today?

Terakhir, kalimat imperative menunjukkan subjek secara implisit, sebagaimana contoh berikut:

Open the door!

Dari contoh kalimat di atas, terkesan tidak ada subjek yang disebutkan dalam kalimat. Namun, perintah ini ditujukan kepada subjek “you”. Jika seseorang mengatakan hal ini, dan kamu berada disana, maka perintah ini ditujukan kepada kamu. Sehingga, kamu adalah subjek untuk membuka pintu tersebut.

Baca Juga : Contoh Subjek Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Cara Belajar Mengidentifikasi Subjek dalam Kalimat

Sekarang, kamu sudah tahu beberapa pembahasan tentang menentukan subjek dalam Bahasa Inggris. Dengan menggunakan penjelasan di atas, kamu dapat berlatih untuk mengidentifikasi subjek dalam kalimat.

Beberapa metode dalam mengidentifkasi subjek secara efektif adalah latihan rutin. Gunakan teks narrative untuk mencari tahu siapa subjek yang tercantum dalam kalimat. Atau, kamu bisa berlatih menulis dalam sebuah buku khusus untuk membuat kalimat sendiri, menggunakan berbagai bentuk subjek.

Jika kamu sudah mencoba dan bingung untuk mempelajari materi dasar dalam Bahasa Inggris lainnya, ICAN English bisa menjadi solusi terbaik. Kami telah membantu banyak siswa melalui program kursus Bahasa Inggris di berbagai kelas.

Seluruh pembelajaran dirancang secara sistematis, termasuk untuk kalangan pelajar yang masih pemula hingga level advanced. Untuk informasi lainnya, hubungi tim sekarang juga!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.