kata ganti kepemilikan dalam bahasa Inggris

Kata Ganti Kepemilikan Dalam Bahasa Inggris

Mei 31, 2022 | Bahasa Inggris

Kata ganti kepemilikan dalam bahasa inggris merupakan salah satu materi penting karena bagian dari pronoun. Kata ganti tersebut berfungsi menggantikan noun atau kata benda. Tujuannya adalah pada saat berbicara atau menulis, kamu tidak mengulang-ulang kata yang membuatnya terdengar kurang efisien.

Saat berbicara pronoun, terdapat beberapa jenis yang wajib kamu pelajari. Salah satunya yaitu possessive pronoun atau kata ganti kepemilikan. Sama seperti Namanya, jenis pronoun tersebut untuk menunjukkan suatu kepemilikan atau ownership terkait sesuatu.

Baca Juga: KATA GANTI MILIK BAHASA INGGRIS

Apa Itu Kata Ganti Kepemilikan?

Saat belajar Bahasa Indonesia, kamu tidak akan merasa kesulitan belajar tentang kata ganti kepemilikan. Dalam Bahasa Indonesia, kamu hanya perlu menambahkan kata “milik” atau “punya”, seperti contoh: buku itu milik dia, atau pensil itu punya saya.

Berbeda halnya saat kamu belajar Bahasa inggris, possessive pronoun atau kata ganti kepemilikan berfungsi menggantikan noun. Sedangkan possessive adjective penting untuk kamu gunakan karena ditempatkan sebelum adanya noun dalam penggunaannya.

Pada setiap kalimat, possessive pronoun dapat berperan sebagai subject, direct object, atau subject complement. Terdapat dua jenis kepemilikan yaitu possessive pronoun dan possessive adjective. Kedua jenis prossessive pronoun tersebut bukanlah bentuk yang sama.

Penggunaan Possessive Pronoun

Possessive pronoun punya fungsi sebagai kata ganti kepemilikan dalam bahasa inggris dan posisinya adalah kata benda.  Berikut adalah contoh kalimatnya:

This new phone is yours (Handphone baru ini adalah punyamu)

That new house is mine (Rumah baru itu punyaku)

This pizza is hers (Pizza ini miliknya)

These candies are theirs (Permen-permen ini milik mereka)

This farm is ours (Rumah ini milik kami)

The book is his (Buku itu miliknya)

Penggunaan Possessive Adjective

Belajar Bahasa niggris saat ini tidak hanya pertemuan dari muka ke muka. Tetapi, kamu juga dapat belajar Bahasa inggris dari kursus bahasa Inggris bersama ICAN English, termasuk ketika kamu ingin menguasai materi kata ganti kepemilikan dalam bahasa inggris.

Possessive adjective digunakan untuk kata kepemilikan, posisi sebagai adjective atau kata sifat dan menjelaskan kata benda atau noun. Kata sifat milik tersebut terletak sebelum kata benda, berikut adalah contohnya:

This is my new office (Ini adalah kantor baru saya)

Your eyeglass looks cool. (Kacamatamu tampak keren)

Her bedroom looks tidy. (Kamar tidurnya terlihat rapi)

Their face looks tired. (Wajah mereka tampak lelah)

Baca Juga: KATA GANTI DALAM BAHASA INGGRIS

Contoh Penggunaan Kata Ganti Kepemilikan dalam Percakapan

Agar lebih jelas belajar kata ganti kepemilikan dalam bahasa inggris, kamu bisa melihat contoh dialog berikut:

John: I heard that you just opened a new business. Is that for real? (Aku dengar kamu baru aja membuka bisnis baru. Apakah itu benar?)

Sam: Yes, John. Yesterday, I opened my new business. (Ya, John. Kemarin, aku baru meresmikan bisnis baruku.)

John: What business is it? (Bisnis apa itu?)

Sam: Just a small business, clothing store. (Cuman bisnis kecil kok, toko pakaian)

John: Cool! (Keren!)

Sam: Thank you, John. Is that your new house? (Terimakasih, John. Apakah itu rumah baru kamu?)

John: Absolutely, that new house is mine. I started saving my money to build it. (Benar sekali, rumah baru itu adalah milikku. Aku sudah mulai menabung untuk membangunnya)

Sam: Great! I am happy to hear that. How about that sports car? Is that yours? (Hebat! Aku ikut senang mendengarnya. Bagaimana dengan mobil sport itu? Apakah itu milikmu?

John: Yes, It is from my savings too. (Ya, itu dari uang tabunganku juga)

Itulah penjelasan lengkap tentang kata ganti kepemilikan. Dengan contoh kalimat di atas, kamu bisa belajar membuat kalimat possessive pronoun dan possessive adjective. Dengan cara ini, maka kamu bisa mempebedakan bentuk jenis kata ganti tersebut untuk menyatakan kepemilikan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH