Kata ganti kepunyaan dalam bahasa Inggris

Kata Ganti Kepunyaan dalam Bahasa Inggris

Agu 12, 2022 | Bahasa Inggris

Materi kata ganti kepunyaan dalam bahasa inggris atau pronoun disebut sebagai Possessive pronoun. Materi ini tergolong pentnig untuk dipelajari. Pronoun mempunyai sejumlah jenis, salah satunya yaitu possessive pronoun yang maknanya adalah kepemilikan.

Fungsi possessive pronoun adalah untuk menunjukkan kepemilikan terkait sesuatu. Pronoun tersebut harus dipelajari agar dapat memahami penggunaan kata-kata kepemilikan dengan tepat. Materi tersebut juga tergolong sebagai pelajaran yang mudah dipahami oleh pemula. Kamu bisa mempelajari materi lainnya dengan bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English. Materi yang lengkap dan terstruktur akan membantu kamu belajar secara maksimal.

Baca Juga: MENGENAL SEBAB AKIBAT DALAM BAHASA INGGRIS

Penjelasan tentang Possessive Pronoun

Possessive pronoun atau kata ganti kepunyaan dalam bahasa inggris tidak ubahnya seperti kata ganti dalam Bahasa Indonesia, seperti “milikku”, “milikmu”, “milik mereka”, atau “miliknya”. Agar dapat mempelajari materi possessive pronoun dengan mudah, maka pahami bahwa kata-kata possessive pronoun menggantikan noun. Jadi, fungsinya adalah pengganti subject complement.

Fungsi penggunaan possessive pronoun adalah kata ganti kepemilikan dengan posisi noun. Agar tidak bingung, kamu bisa menyimak beberapa contoh kata ganti kepemilikan berikut:

1. Mine

Mine dapat kamu gunakan untuk mengganti kata saya, artinya “kepunyaan saya”, “milik saya”, “milikku”, dan sebagainya. Beberapa contoh penggunaan kata “mine” bisa dengan memperhatikan contoh berikut:

This watch is mine = Jam tangan ini milik saya.

Penggunaan kata mine berada di akhir kalimat. Sehingga, fungsinya untuk menjelaskan noun (watch) tersebut adalah milik saya.

Whose watch is it? – Jam tangan siapa itu?

That’s mine – Itu milik saya.

2. Yours

Yours dapat digunakan untuk menggantikan kata “milik kamu” dan menunjukkan kata tunggal. Berikut adalah contoh kata ganti yours dan artinya:

This new car is yours, congratulations! – Mobil baru ini milik anda, selamat!

Penggunaan kata yours menunjukkan bahwa noun (car) adalah milik anda atau yours.

3. Hers

Kata ganti kepunyaan dalam bahasa inggris selanjutnya adalah hers, untuk kata ganti perempuan. Miliknya perempuan dapat diperhatikan melalui contoh berikut:

That beautiful girl is Rina, and that house is hers! – Gadis cantik itu adalah Rina, dan rumah itu miliknya!

Penggunaan kata her di akhir kalimat menunjukkan jika rumah tersebut adalah objek milik subjek “dia” yaitu Rina, seorang perempuan cantik.

4. His

Penggunaan kata His hampir mirip seperti kata hers, akan tetapi digunakan untuk kepemilikan laki-laki, berikut adalah contohnya:

Tom bought a new drone yesterday, and that blue drone is his! – Tom membeli drone baru kemarin, dan drone biru tersebut adalah miliknya!

His adalah kata ganti untuk Tom.

5. Ours

Ours jika diartikan dalam Bahasa Indonesia adalah “punya kami”, yang artinya, penggunaan ours menunjukkan kamu juga ikut memilikinya, sebagaimana contoh berikut:

That is our map– Itu adalah peta kami.

Ours menunjukkan jika subjek lebih dari satu, siapa yang berbicara menggunakan kata “ours” artinya ia termasuk sebagai pemilik objek.

6. Theirs

Penggunaan theirs hampir sama seperti ours. Jika diterjemahkan, artinya adalah “milik mereka”, sebagaimana contoh berikut:

These books are theirs – Buku-buku ini adalah milik mereka.

Kata theirs menunjukkan jika buku-buku di atas merupakan milik mereka, banyak orang. Tetapi, kamu tidak termasuk menjadi bagian dari mereka.

Baca Juga: CONTOH KALIMAT REQUEST DALAM BAHASA INGGRIS

Mengapa Penting Belajar Possessive Pronoun

Kata ganti kepunyaan dalam Bahasa Inggris sangat penting untuk dipelajari. Dalam Bahasa inggris, kata ganti tersebut berguna untuk pengulangan kata saat menyusun kalimat. Jika tidak memahami possessive pronoun, maka akan tampak seperti contoh berikut:

Rina buys a new car. Rina’s car is blue.

Dengan paham possessive pronoun, maka kamu bisa membuat kalimat yang lebih menarik tanpa adanya pengulangan, sehingga kalimat tidak membosankan, seperti contoh berikut:

Rina buys a new car. Her car is blue.

Possessive pronoun adalah kata ganti, fungsinya menunjukkan kepemilikan. Semakin kamu bisa menggunakan kalimat Bahasa inggris dengan lebih bervariasi, maka semakin bagus kemampuan Bahasa inggris yang kamu miliki.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH