Cara Menggunakan Kata Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris Tertulis

Cara Menggunakan Kata Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan kata kata sifat dalam Bahasa Inggris adalah kata-kata yang menggambarkan kualitas atau keadaan kata benda. Beberapa contoh yang menggambarkan kualitas adalah enormous, yellow, fast. Kata sifat juga dapat mendeskripsikan jumlah kata benda, ditandai dengan penggunaan many, few, millions, atau twelve.

Kata sifat adalah kata yang memodifikasi dan mendeskripsikan kata benda. Selain itu, kata sifat tidak mengubah kata kerja atau kata keterangan atau kata sifat lainnya.

3 Tips Menggunakan Kata Sifat dalam Menulis

Kata sifat membuat bahasa kita lebih menarik, deskriptif, dan ekspresif, karena menambahkan informasi dan detail lebih lanjut pada kata benda dan kata ganti. Fungsinya membantu menciptakan gambaran yang hidup dalam pikiran dan berkomunikasi secara efektif. Berikut adalah tips penggunaan kata kata sifat dalam Bahasa Inggris, khususnya untuk komunikasi tertulis:

1. Hindari Menggunakan “Great” atau “Good”

Menggunakan kata sifat seperti “good” atau “great” menciptakan kesan ‘malas’ dalam menggunakan tata bahasa. Banyak istilah umum dalam tulisan tidak mempunyai dampak yang sama karena terlalu sering digunakan. Menggunakan dua kata tersebut artinya kalimat akan terkesan terlalu umum dan kehilangan perhatian pembaca padahal tujuan menulis adalah mengesankan pembaca.

Salah satu cara bijak saat menulis pidato, buku, atau bercerita adalah latihan belajar kata sifat baru. Daripada “great atau good”, kamu bisa menggunakan kata lainnya seperti “favorable, marvelous, atau exceptional”.

Mungkin sulit untuk menganalisis tulisan atau pembicaraan kita sendiri saat kita melakukannya. Bahkan ketika mencoba meninjau kinerja masa lalu, kita mungkin kesulitan. Bagaimanapun, kita sering kali menjadi pengkritik terburuk bagi diri kita sendiri.

2. Menulis Seperti Berbicara

Menulis sambil berbicara dapat menciptakan hubungan pribadi instan dengan audiens atau pembaca. Cara ini membangun kepercayaan dan memungkinkan pembaca merasakan adanya hubungan dengan penulis.

Saat menulis sambil berbicara, kamu harus mempertimbangkan untuk menggunakan bahasa yang sederhana. Selain itu, gunakan tingkat kompetensi bahasa yang dapat dipahami pembaca.

3. Gunakan Kata Sifat untuk Komunikasi yang Jelas

Kata sifat memberikan kejelasan pada kalimat. Fungsinya adalah menambahkan informasi lebih lanjut dan menentukan arti atau nuansa dari apa yang ingin kamu komunikasikan.

Penggunaan kata sifat membantu kamu agar lebih berorientasi pada hal detail dan harus diterapkan pada bentuk komunikasi tertentu. Kata sifat menambah kedalaman, kejelasan, dan detail pada kata-kata yang kamu sampaikan, baik saat menulis novel atau menceritakan sesuatu kepada rekan kerja.

Baca Juga: Jenis Kata Sifat dalam Bahasa Inggris

Fungsi Kata Sifat dalam Bahasa Inggris

Kata kata sifat dalam Bahasa Inggris menggambarkan kualitas, dan dapat bervariasi seperti jumlah atau tingkatan. Adjective dapat ditandai dengan adanya akhiran -er atau -est. Contohnya adalah penggunaan kata “spicier” atau “spiciest” yang maknanya berbeda. “spicier” artinya lebih pedas, sedangkan “spiciest” adalah paling pedas. Jadi, jika kurang memahami perbedaan antara -er/-ier dan -est, akan menimbulkan salah paham.

Kata sifat juga bisa digunakan dengan kata keterangan seperti more, most, less, very, little. Contoh, “beautiful” adalah salah satu kata sifat yang derajatnya hanya dapat diubah dengan cara jika subjek yang dimaksud ternyata lebih indah dari yang lain, tetapi bukan yang paling indah. Kata dalam Bahasa Inggris seperti “most beautiful”, bermakna “paling indah”, dan tidak ada tandingannya.

Untuk mempelajari lebih banyak materi Bahasa Inggris dengan lebih efektif, belajar sendiri tidak disarankan. Kamu bisa bergabung di kelas ICAN English untuk membangun kemampuan berbahasa dari interaksi bersama mentor  dan semua materi yang dirancang secara personal.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.