Kata Kerja Tidak Beraturan Bahasa Inggris

Kata Kerja Tidak Beraturan Bahasa Inggris

Pernahkah kamu merasa kesulitan mempelajari kata kerja tidak beraturan dalam Bahasa Inggris? Irregular verb adalah kata kerja yang “tidak dibentuk secara normal”. Cara normal untuk membentuk bentuk kata kerja past participle dan past participle dalam bahasa Inggris adalah dengan menambahkan ‘ed’. Kata kerja tidak beraturan tidak mengikuti aturan ini.

Banyak pembelajar bahasa bertanya, mengapa kata kerja tidak beraturan harus ada dalam Bahasa Inggris? Mengapa bahasa Inggris tidak bisa mengubah tata bahasanya dan membuat semua kata kerja menjadi teratur? Langue merupakan kesatuan kompleks yang ada dan berkembang bersama masyarakat. Beberapa elemen tata bahasa dan kata, muncul dan hilang, bergantung cara orang menggunakannya.

Pembahasan Kata Kerja Tidak Beraturan

Belajar mengkonjugasikan kata kerja tidak beraturan adalah materi yang tidak mudah. Konjugasi kata kerja tidak beraturan dapat dipelajari dalam tiga kelompok utama berdasarkan bagaimana berperilaku ketika diubah untuk mewakili bentuk simple past dan past participle.

Irregular Verb Group 1

Kelompok 1 adalah Kata kerja tidak beraturan yang ejaannya sama dengan kata kerja dasar dalam bentuk simple past dan bentuk past participle. Kata kerja kelompok ini tetap sama di semua bentuk tense, berikut adalah contohnya:

Base VerbSimple Past FormPast Participle Form
CutCutCut
PutPutPut
ShutShutShut
HurtHurtHurt
BurstBurstBurst
ShedShedShed
BetBetBet

Tidak ada pola atau aturan khusus yang bisa kamu pelajari untuk mengetahui cara mengkonjugasikan setiap kata kerja. Sehingga, menghafal adalah satu-satunya pilihan yang kamu punya untuk menguasai kata kerja tidak beraturan dalam Bahasa Inggris.

Irregular Verb Group 2

Kelompok 2 adalah kerja tidak beraturan yang memiliki ejaan yang sama dalam bentuk simple past dan bentuk past participle. Ada beberapa kata kerja tidak beraturan dalam kelompok ini yang menggunakan ejaan alternatif juga.

Base VerbSimple Past FormPast Participle Form
BendBentBent
BindBoundBound
FindFoundFound
LearnLearnt/LearnedLearnt/Learned
BuyBoughtBought
ThinkThoughtThought
CatchCaughtCaught

Saat membaca buku, artikel, atau postingan blog berbahasa Inggris tentang tata bahasa, kamu pasti akan menemukan kata kerja tidak beraturan. Cara ini adalah salah satu cara terbaik untuk belajar, karena kata-kata tersebut digunakan dalam konteks, dan teknik ini akan membantu kamu mengingat penggunaan irregular verbs sesuai konteks.

Irregular Verb Group 3

Kelompok 3 adalah kata kerja tidak beraturan yang memiliki tiga pola ejaan berbeda dalam bentuk dasarnya, bentuk simple past dan bentuk past participle.

Base VerbSimple Past FormPast Participle Form
BlowBlewBlown
AriseAroseArisen
SeeSawSeen
RunRanRun
SinkSankSunk
DrinkDrankDrunk
SingSangSung

Jika kamu menggunakan kata kerja tidak beraturan dalam tulisan, teknik ini akan mengaktifkan ingatan dengan cara paling aktif. Kata-kata yang dipelajari dengan cara ini akan tetap melekat dalam ingatan selamanya. Apa yang perlu kamu lakukan adalah menggunakan kata kerja tidak beraturan dan membuat kalimat sesuai konteksnya.

Baca Juga: Mengenal Bentuk Kata Kerja Bahasa Inggris

Pentingnya Belajar Irregular Verbs dalam Bahasa Inggris

Sebagian besar verb adalah kata kerja tidak beraturan Bahasa Inggris. Kamu tidak akan mungkin bisa menghindari kata kerja tidak beraturan jika berbicara atau menulis bahasa Inggris. Kata kerja tersebut dapat mengungkapkan apakah pembicara atau penulisnya adalah penutur asli atau bukan.

Penggunaan kata kerja tidak beraturan yang benar juga menunjukkan tingkat pendidikan. Adalah hal wajar bagi orang-orang yang belum memahami kata kerja tidak beraturan dan tidak bisa menggunakannya dengan tepat.

Agar kamu bisa meningkatkan pemahaman tentang irregular verb dan aturan penggunaannya sesuai grammar, kamu bisa belajar di ICAN English. Tempat kursus Bahasa Inggris ini memiliki kelas intensif yang dirancang sesuai kebutuhan personal siswa. Kamu juga bisa belajar materi dasar lainnya yang penting untuk menunjang keterampilan berbahasa.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi