Kata Sambung dalam Bahasa Inggris

Mengenal Kata Sambung dalam Bahasa Inggris

Konjungsi atau kata sambung dalam bahasa inggris digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih objek, frasa, atau klausa. Kata sambung juga dapat disebut sebagai kata penghubung, karena digunakan dalam kalimat untuk membuat koneksi.

Konjungsi biasanya dapat ditemukan di bagian akhir kalimat jika digunakan untuk menghubungkan klausa. Jika konjungsi digunakan untuk menghubungkan objek atau frasa, maka konjungsi tersebut muncul di awal, tengah, atau akhir kalimat sesuai dengan kedudukan objek atau frasa tersebut.

Penjelasan tentang Conjunction dalam Bahasa Inggris

Karena adanya kata sambung dalam bahasa inggris, kamu dapat menghubungkan beberapa kata dan bahkan konsep serta ide lebih luas. Sehingga, kamu dapat menyusun kalimat kompleks dan menyampaikan pesan yang menarik. Berikut panduan lengkap tentang kata sambung:

Coordinating Conjunction

Coordinating Conjunction digunakan untuk menggabungkan bagian-bagian kalimat yang secara tata bahasa sama – yaitu dua kata, dua klausa independen. Ada 7 konjungsi koordinatif. Konjungsi koordinatif biasanya ditempatkan di antara dua kata atau klausa yang ingin kamu hubungkan.

ConjunctionContoh
SoJoko would not go, so we went instead.
YetWe begged him to go, yet he refused.
ForI bought this flower especially for you.
NorShe does not like this gown nor that.
OrWould you like coffee or tea?
ButI like coffee but I do not like tea.
AndI like coffee and tea.
Berikut adalah trik yang bisa kamu gunakan untuk mengingat 7 coordinating subjunction – singkat dengan akronim FANBOYS (For, And, Not, But, Or, Yet, So)

Tanda koma biasanya menunjukkan bahwa jeda diperlukan. Jadi ketika mencoba memutuskan apakah kamu perlu menggunakan koma atau tidak, ucapkan kalimat tersebut dengan lantang (atau dalam pikiran), dan pertimbangkan apakah kamu perlu jeda atau tidak.

Subordinating Conjunction

Subordinating conjunction digunakan untuk menggabungkan klausa utama dan klausa bawahan. Konjungsi lainnya merupakan konjungsi subordinatif.

ConjunctionExample
BecauseWe did not ask him to come because he was busy.
IfIf you told me about her, I would have to tell him the truth.
AlthoughAlthough she is very polite, she is not confident.
ThatI know that you liked Hollywood movies.
UntilHe lived in that house until he died.
WhileWhy don’t we have some tea while they talk?

Conjunction lainnya yang termasuk dalam subordinating adalah: after, as, than, then, to, whether, in order to, as well as, as…that, either…or.

Masih banyak daftar kata sambung dalam Bahasa Inggris. Kamu harus mencari sendiri sisanya! Semakin banyak konjungsi yang bisa kamu gunakan, semakin baik kamu dalam menyusun kalimat kompleks dan menyampaikan ide secara efektif!

Correlative Conjunction

Correlative conjunction terdiri dari 2 kata atau lebih, dipisahkan dalam satu kalimat.

  • Not only…but also: Not only was he tired, but he was also angry.
  • Neither…nor: She will neither refuse our help, nor go to get some medicines by herself.

Fungsi Kata Sambung (Conjunction)

Fungsi kata sambung dalam bahasa inggris dibagi menjadi tiga. Pertama, untuk menggabungkan dua kata, seperti contoh berikut:

Susan is smart but arrogant.

Fungsi kedua adalah untuk menggabungkan dua klausa independen, seperti contoh berikut:

Joko dropped the mirror and it shattered into pieces.

Fungsi ketiga, yaitu untuk menggabungkan klausa utama dengan klausa bawahan, seperti contoh berikut:

Joko went for a run, although they told him not to. (dalam kalimat ini, klausa kedua menyertakan konjungsi. Maknanya bergantung pada klausa pertama “although they told him not to” tidak bisa dipahami jika tanpa klausa pertama).

Agar kamu bisa memahami lebih banyak selain kata sambung dalam Bahasa Inggris, ICAN English bisa menjadi langkah tepat untuk memulai belajar. Semua program di tempat kursus Bahasa Inggris disediakan sesuai kebutuhan belajar personal. Jadi, kamu bisa berada di kelas yang tepat untuk meningkatkan keterampilan berbahasa sesuai tujuan belajar!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi