Perbedaan Penggunaan In Order To Dan So That

Perbedaan Penggunaan In Order To Dan So That

Dalam Bahasa Inggris, kamu dapat menggunakan kata ‘in order to’ dan ‘so that’ untuk memberikan alasan atau menjelaskan tujuan suatu kegiatan atau keputusan. Artinya, kamu harus mengetahui perbedaan penggunaan in order to dan so that.

Perbedaan In Order To dan So That

Berikut adalah panduan lengkap agar kamu mampu memahami perbedaan penggunaan in order to dan so that:

In Order To

‘in order to’ diikuti dengan infinitive verb dan digunakan ketika sedang berbicara tentang tujuan sesuatu. Berikut adalah contoh kalimat yang menggunakan kata ‘in order to’ dalam Bahasa Inggris:

Susan studies English in order to get a better promotion from the company.

Joko wants a better job in order to earn higher salary.

Seringkali, ‘in order to’ hanya digunakan dalam formal writing. Sedangkan, jika dalam speaking, kamu dapat menghilangkan ‘in order’, sehingga menjadi: Susan studies English to get a better promotion from the company.

So That

Ketika menggunakan ‘so that’ diikuti dengan kalimat indikatif normal dan maknanya adalah ‘dengan hasil bahwa…”, seperti contoh berikut:

Susan takes English courses via Zoom so that she can speak more fluently.

Budi has courses with a native English teacher so that he can learn the perfect pronunciation.

Penggunaan ‘so that’ sangat berguna dalam formal writing. Jika dalam speaking, cukup menggunakan kata ‘so’, seperti contoh: Susan takes English courses so she can speak more fluently.

Sekarang, kamu sudah mendapatkan penjelasan tentang ‘in order to’ dan ‘so that’. Walaupun keduanya sama-sama mengekspresikan tujuan, ‘in order to’ justru lebih formal dan berfokus pada niat suatu tindakan. Sementara, ‘so that’ lebih informal dan menekankan akibat suatu tindakan.

Baca juga:
Perbedaan Penggunaan In On At

Benefit Belajar In Order To dan So That

‘in order to’ dan ‘so that’ merupakan frasa yang sama-sama sering digunakan dalam penulisan akademik dan penulisan formal. Fungsinya untuk menjelaskan suatu kejadian dan menjustifikasi argument.

Mampu memahami tentang penggunaan keduanya sangat bermanfaat. Kamu jadi lebih mudah menulis esay, laporan, riset, dan tugas-tugas akademik lainnya.

Selain itu, memahami perbedaan penggunaan in order to dan so that membuat kamu bisa berkomunikasi secara efektif dan profesional. Kamu dapat mengartikulasikan tujuan, niat, dan juga strategi dengan jelas. Penggunaan kedua frasa tersebut dengan tepat menunjukkan sejauh mana pemahaman kamu dalam berkomunikasi.

Masih bingung dengan beberapa materi Bahasa Inggris? Permudah langkah belajar sesuai tujuan personal dan profesional dengan memilih kelas kursus Bahasa Inggris di ICAN English!

Kami membuka banyak program kursus untuk semua kalangan, mulai dari level beginner hingga level advanced! Selama di kelas-kelas kami, kamu dapat mengikuti pembelajaran yang menyenangkan, penjelasan yang mudah dipahami dari tutor profesional, dan lebih aktif berbahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.