Cara Menggunakan Kata Sifat Adjective dalam Bahasa Inggris

Cara Menggunakan Kata Sifat Adjective dalam Bahasa Inggris

Kata sifat adjective dalam bahasa inggris adalah kata-kata yang menggambarkan sesuatu atau seseorang. Scruffy, special, blue adalah beberapa contoh kata sifat. Kata sifat atau adjective biasanya muncul tepat sebelum apa yang digambarkan, walaupun tidak selalu.

Kata sifat menambah kesan penting pada kalima. Adjective membantu membuat kalimat lebih bermakna dan mengekspresikan berbagai kualitas suatu objek atau orang. Tanpa menggunakan adjective, pembicaraan akan terasa hambar dan membosankan.

Penggunaan Kata Sifat Adjective Bahasa Inggris dalam Komunikasi

Berikut adalah cara menggunakan kata sifat adjective dalam bahasa inggris, terutama untuk komunikasi lisan dan tertulis:

Adjective Sifatnya Deskriptif

Kata sifat atau adjective dalam bahasa inggris sering digunakan dalam cerita dan merupakan senjata rahasia bagi penulis untuk menulis sesuatu yang menarik dengan menggunakan kata-kata deskriptif. Kamu dapat meluangkan waktu menganalisis contoh kata sifat dan sinonimnya untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan menulis secara kreatif.

Misalnya, bagaimana kamu mendeskripsikan bunga yang cantik, malam yang indah, atau makanan lezat dengan kata-kata sendiri? Kamu mungkin mengatakan seperti: the flower is elegant atau the flower is brilliant. Sedangkan untuk menggambarkan malam yang indah, mungkin kamu bisa mengatakan tonight is unforgettable.

Kata sifat deskriptif muncul sebelum kata benda atau kata ganti yang diubahnya. Atau, kamu dapat menggunakannya sebagai pelengkap subjek kalimat setelah kata kerja penghubung.

Adjective Membuat Kalimat Lebih Menarik

Kata sifat membuat pidato atau teks menjadi informatif atau menyampaikan suatu pikiran bagi pembaca atau pendengar. Saat kamu menulis buku, kamu dapat menggunakan kata sifat untuk memberi dampak atau warna lebih pada teks.

Saat mengilustrasikan teks atau pidato dengan kata sifat, kamu dapat mengubah cerita yang membosankan menjadi sesuatu yang lebih menarik atau bermakna bagi pembaca. Hal ini juga membantu pembaca merasa dapat membayangkan apa yang terjadi dalam pikiran.

Adjective untuk Menyampaikan Perasaan

Kata sifat dapat membangkitkan emosi atau perasaan dalam ucapan atau tulisan. Bahasa emosional adalah ketika kamu dengan sengaja memilih pilihan kata untuk memancing respons emosional pembaca, seperti membujuk atau mengajak. Kata-kata tertentu mempunyai dampak emosional yang kuat ketika diterapkan, seperti “magical, magnificent, terrific, tranformational, atau brilliant.”

Bahasa emosional atau kata sifat deskriptif sangat berguna untuk pidato, pidato publik, pertunjukan kata-kata atau bercerita, debat, dan percakapan sehari-hari. Adjective ini sering digunakan dalam penulisan fiksi atau kreatif. Fungsinya untuk memberikan pembaca pengalaman menarik. Teknik ini juga umum digunakan dalam puisi, novel, drama, dan cerita pendek.

Kata Sifat Meningkatkan Tulisan

Jika digunakan dengan baik, kata sifat sangat penting dalam bahasa Inggris dan dapat menjadi alat bantu menulis yang kuat. Penambahan adjective akan membuat tulisan kamu lebih spesifik dan jelas. Sehingga memungkinkan kamu menyampaikan ide dengan menarik.

Baca Juga: Belajar Penggunaan Rumus Adjective Phrase

Aturan Penggunaan Kata Sifat Adjective

Ada beberapa aturan penggunaan kata sifat adjective dalam bahasa inggris. Kata-kata yang merujuk pada adjective of quantity (much, little, sufficient, enough, whole…) harus digunakan dengan uncountable nouns untuk menyatakan kuantitas, bukan angka, seperti contoh berikut:

  • Many (not much) boys are in the class today.
  • Many (not much) participants failed in this competition.

Penggunaan kata seperti ‘few’, ‘a few’, dan ‘the few’ harus digunakan dengan hati-hati, karena maknanya sama seperti “not many”, terutama dalam konteks angka. “a few” juga menggambarkan makna negatif seperti makna “some at least”, seperti contoh berikut: Joko reads a few novels.

Untuk penggunaan “like little, a little, dan the little”, makna kata “little” sama seperti ‘hardly any’ dalam kuantitas, seperti contoh berikut:

  • Susan had little money
  • We only have little water.
  • There is little hope of his achievement

“A little” sama maknanya seperti ‘Some’ dalam kuantitas, jika tidak banyak, seperti contoh berikut:

  • A little knowledge is a valuable thing at this time.
  • Susan had a little money.

Masih banyak materi yang bisa kamu pelajari tentang kata sifat adjective dalam Bahasa Inggris. Aturan-aturan penggunaan adjective sangat penting agar kamu lebih mudah menggunakannya untuk komunikasi sehari-hari, tertulis dan lisan. Salah satu cara efektif agar kamu bisa belajar adjective dan parts of speech lainnya adalah belajar di ICAN English! Program kursus Bahasa Inggris ini dirancang secara interaktif, untuk semua kalangan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.