Belajar Penggunaan Rumus Adjective Phrase

Belajar Penggunaan Rumus Adjective Phrase

Rumus adjective phrase atau frasa kata sifat adalah salah satu jenis rumus yang paling umum dalam tata bahasa Inggris. Rumus ini digunakan untuk mengekspresikan ide, dan perasaan, atau untuk menggambarkan sesuatu.

Dalam panduan berikut ini, kamu akan mempelajari lebih lanjut tentang rumus dan konsep penggunaannya. Kamu juga akan menemukan definisi adjective phrase, dan melihat contoh praktis untuk meningkatkan pemahaman.

Panduan Belajar Frasa Kata Sifat

Adjective phrase adalah kelompok kata yang memodifikasi kata benda atau kata ganti dalam sebuah kalimat. Biasanya adjective phrase mengandung kata sifat, kata keterangan, dan/atau preposisi. Frasa ini juga dapat mengandung unsur lain seperti artikel, konjungsi, dan kata seru. Dalam beberapa contoh, frase ini dapat terdiri dari beberapa kata sifat, atau hanya satu kata sifat saja.

Penggunaan dan Struktur Adjective Phrase

Berikut adalah rumus adjective phrase: Subject + Adjective + Adverb + Preposition (Modifier)

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan adjective phrase dalam kalimat:

  • The old, creaky hotel becomes the icon of this city.
  • I love her bright, cheerful smile.
  • This is the most delicious, aromatic baked bread.
  • The car has a very sleek and modern design.

Frasa kata sifat dapat digunakan dalam berbagai cara. Misalnya, dapat digunakan untuk mendeskripsikan suatu kata benda atau kata ganti, untuk membandingkan dua hal, atau untuk memberikan pendapat tentang sesuatu. Frasa kata sifat juga dapat digunakan untuk memberikan lebih banyak informasi tentang seseorang, tempat, benda, atau ide.

Struktur frase kata sifat biasanya melibatkan kata benda atau kata ganti (head) yang disertai dengan satu atau lebih kata sifat, kata keterangan, atau preposisi sebagai pengubah. Jadi, rumus penggunaannya lebih tentang head yang dimodifikasi oleh elemen-elemen, daripada subjeknya.

Agar lebih paham penggunaan adjective phrase, perhatikan contoh berikut:

  • Budi finds it difficult to sell his old, wooden house.

Adjective phrase yang digunakan adalah “old, wooden”. Kedua kata ini bisa saja dihapus tanpa merubah maksud kalimatnya. Namun, adjective phrase ini memberikan konteks dan pemahaman yang lebih dalam tentang mengapa Budi kesulitan menjual rumahnya.

Aturan Penggunaan Adjective Phrase Menurut Grammar

Saat menggunakan adjective phrase, ada beberapa aturan tata bahasa yang perlu diingat. Pertama, frase ini bisa diletakkan sebelum dan sesudah kata benda:

  • Sebelum kata benda: I love his bright smile.
  • Setelah kata benda: The cat, small and cute, jumped over the gate.

Kedua, frase kata sifat tidak boleh digunakan sendiri; harus selalu digunakan untuk mengubah kata lain. Adjective phrase ada untuk memberi makna pada sesuatu yang lain dan tidak memiliki makna tersendiri.

Ketiga, jika adjective phrase tidak penting atau hanya menambahkan informasi tambahan, gunakan koma untuk memisahkannya:

  • My friend, a professional photographer, captured the breathtaking Bluefire.”

Keempat, ketika dua kata atau lebih dalam frasa kata sifat digunakan untuk memodifikasi kata benda, maka akan diberi tanda hubung.

  • The well-known artist got an award.

Terakhir, frasa kata sifat biasanya mengikuti urutan tertentu: opini, ukuran, umur, bentuk, warna, kata sifat yang tepat, dan kemudian kata benda. Ini bukanlah aturan yang ketat, namun merupakan pola yang umum.

Baca Juga: Penjelasan Adjective dalam Bahasa Inggris

Mengidentifikasi Adjective Phrase

Selain mempelajari rumus adjective phrase, kamu juga harus mampu mengidentifikasi frase ini. Untuk mengidentifikasinya, carilah kata-kata yang memodifikasi kata benda atau kata ganti dan terdiri dari lebih dari satu kata.

Jika kamu menghapus frasa kata sifat dari sebuah kalimat, makna kalimat tersebut akan tetap ada. Namun frasa tersebut memberikan lebih banyak detail tentang kata benda atau kata ganti yang dimodifikasi.

Jadi jika kamu ragu, tanyakan saja pada diri sendiri, apakah frasa tersebut memberikan lebih banyak detail tentang kata benda atau kata ganti dalam kalimat atau tidak. Selanjutnya, perhatikan apakah frasa tersebut dapat dipotong tanpa merubah arti atau tidak. Jika arti tidak berubah, maka itulah yang disebut adjective phrase.

Mau lebih mahir berbahasa Inggris? Gabung di tempat kursus Bahasa Inggris ICAN English hari ini juga! Kamu akan mendapatkan banyak pengalaman belajar yang mengesankan daripada belajar sendiri. Semua materi yang disiapkan ditambah dukungan dari mentor yang berpengalaman akan membuat kamu jadi mudah meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web