kata tambahan dalam bahasa inggris

Kata Tambahan dalam Bahasa Inggris

Kata tambahan dalam bahasa Inggris terkenal juga dengan kata keterangan atau Adverbs. Kata ini digunakan untuk menerangkan makna atau arti kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan. Adverbs juga bisa untuk menerangkan kata depan dan kata penghubung. Kata keterangan sering berakhiran -ly.

Contoh Kata Tambahan dalam Bahasa Inggris

Seperti penjelasan di atas, kata tambahan biasanya berguna untuk menjelaskan kata lain di sebuah kalimat. Beberapa jenisnya yang perlu kamu tahu adalah:

Adverbs and verbs

Kata keterangan sering memodifikasi kata kerja. Ini berarti bahwa mereka menggambarkan cara suatu tindakan terjadi. Contoh Phillip sings loudly in the shower atau My cat waits impatiently for his food.

Adverbs and adjectives

Kata tambahan juga dapat memodifikasi kata sifat dan kata keterangan lainnya. Seringkali tujuan kata tambahan adalah untuk menambahkan tingkat intensitas pada kata sifat. Contohnya, The woman is quite pretty. atau This book is more interesting than the last one.

Baca Juga:
Jenis Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris

Adverbs of Time

Kata keterangan waktu tentunya menunjukkan waktu atau frekuensi tindakan dalam kalimat. Mereka menjawab pertanyaan ‘kapan/seberapa sering tindakan itu dilakukan?’. Contoh kalimat untuk adverbs ini adalah I went to school a little late yesterday. atau He always gets a good result.

Adverbs of Place

Kata keterangan tempat yang menunjukkan tempat/arah tindakan dalam kalimat. Mereka menjawab pertanyaan ‘di mana tindakan itu terjadi?’. Contoh kalimat untuk adverbs ini adalah I went through the jungle, He plays in the field, atau Alex is going to school.

Adverbs of Manner

Kata keterangan yang menyatakan cara/pendekatan/proses tindakan dalam kalimat adalah adverbs of manner. Mereka menjawab pertanyaan ‘bagaimana tindakan itu terjadi?’. Contoh kalimatnya adalah Please, handle the camera carefully, atau Mike is walking slowly.

Materi untuk kata tambahan atau adverbs ini menjadi salah satu materi awal dalam proses belajar bahasa Inggris. Bergabung dalam kursus bahasa Inggris akan memudahkan kamu memahami semua materi dari tingkat awal hingg akhir.

Baca Juga:
Kosakata Bahasa Inggris Yang Wajib Dihafal

Tips Menggunakan Kata Tambahan dalam Bahasa Inggris

Kesimpulannya, menggunakan kata tambahan atau keterangan dalam menulis adalah hal yang cukup sulit. Namun, perlu kamu ingat bahwa kamu tidak boleh menggunakannya terlalu banyak.

Kata tambahan atau keterangan dapat kamu gunakan dalam jumlah sedang dan hanya saat kamu perlukan, perhatikan tips ini:

  • Ingatlah bahwa beberapa kata keterangan hampir selalu tidak diperlukan karena mereka tidak memberi tahu banyak informasi. Misalnya: totally win. Kata totally tidak diperlukan karena tidak menjelaskan apapun.
  • Gunakan kata keterangan ketika mereka dapat memperjelas arti kata kerja atau kata sifat.
  • Pastikan untuk tidak salah menempatkan kata keterangan, karena ini akan membuat tulisan menjadi membingungkan. Contoh: I exercise three times a week with Mark usually. Susunan kalimat yang benar adalah I usually exercise three times a week with Mark

Jika kamu masih bingung menggunakan kata tambahan dalam bahasa Inggris. Kamu bisa mengganti kata kerja atau kata sifat yang nampaknya tidak cukup kuat menjadi kata yang sangat kuat, daripada menghabiskan banyak waktu untuk memilih adverbs.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi