Mengenal Possesive Pronoun, Kepunyaan dalam Bahasa Inggris

Mengenal Possesive Pronoun, Kepunyaan dalam Bahasa Inggris

What is your favorite food?

What is mom’s favorite food?

Is her favorite the same as yours?

Pertanyaan-pertanyaan ini menunjukkan bagaimana kamu dapat menggunakan kata ganti dalam kalimat untuk menunjukkan kepunyaan dalam Bahasa Inggris. Kepunyaan atau possessive pronoun adalah bagian penting dalam Bahasa Inggris, yang menggantikan kata benda.

Kata ganti posesif adalah kata ganti yang digunakan untuk menyatakan kepemilikan atau penguasaan. Misalnya, kata “yours” dalam contoh kalimat di atas merupakan kata ganti posesif. Fungsi kata ganti posesif adalah untuk menyatakan asal usul atau hubungan khusus, seperti contoh berikut:

Asal usul (Origin): Magelang is Joko’s home and Semarang is ours. (Kata ‘ours’ menggantikan “our home.” Kalimat ini mengatakan bahwa kami berasal dari kota Semarang.)

Hubungan (Relation): I brought my sister to the concert and Susan brought hers, too. (Hers menggantikan “her sister.” Susan tidak “own” atau “possess” saudara perempuan ‘I’, tetapi Susan mengajak “sister”-nya sendiri.)

Jenis-Jenis Kepunyaan dalam Bahasa Inggris

Ada berbagai macam kepunyaan dalam bahasa inggris yang dapat kamu gunakan, yang bisa berbentuk tunggal atau jamak jika merujuk pada satu orang atau beberapa orang.

Singular Possessive Pronoun

Kata ganti posesif bersifat tunggal jika hanya merujuk pada satu orang atau benda saja, kata ganti posesif tunggal meliputi:

  • Mine
  • Yours
  • Hers
  • His
  • Its
  • Theirs

Berikut adalah contoh kalimat singular possessive pronouns:

That is his car and this one here is their car.

That is his car and this one here is theirs.

Plural Possessive Pronouns

Kata ganti posesif bersifat jamak jika mengacu pada lebih dari satu orang atau benda. Kata ganti posesif jamak meliputi:

  • Ours
  • Yours
  • Theirs

Berikut adalah contoh kalimat plural possessive pronouns:

 I don’t think that their team can defeat our team.

 I don’t think that their team can defeat ours.

Namun, kamu mungkin melihat kata ganti posesif lain selain kata ganti tersebut. Setiap kata ganti orang memiliki kata ganti posesif yang menyertainya. Kamu mungkin melihat kata ganti posesif potensial lainnya seperti hirs dan xyrs yang mungkin digunakan seseorang jika memilih untuk tidak menggunakan kata ganti gender he.

Baca juga:
Apa itu Noun dan Pronoun? Simak Penjelasannya di Sini!

Cara Menggunakan Kata Ganti Posesif

Kata ganti menggantikan kata benda dan frasa kata benda. Kata ganti mengikuti aturan yang sama dengan kata benda dan dapat digunakan di mana saja yang bisa digunakan oleh kata benda sebagai subjek atau objek.

Subject: Joko already got his gift. Mine isn’t here yet.

Object: Susan found my bag, but we still haven’t found hers.

Saat digunakan dalam kalimat, kata ganti posesif sesuai dengan jumlah pemiliknya dan bukan benda yang dimilikinya, seperti contoh:

I saw Joko carrying a laptop. I think this laptop is his. (Pemiliknya adalah Joko.)

I saw Joko carrying laptops. I think these laptops are his. (Pemiliknya tetap Joko.)

Kesulitan muncul ketika kata ganti posesif digunakan sebagai subjek. Bila digunakan sebagai subjek, kata kerja akan berbentuk tunggal atau jamak berdasarkan jumlah orang atau benda yang dibicarakan dan bukan pemiliknya, seperti berikut:

Joko’s favorite movie is a horror film. Mine is a romantic comedy. (Satu film.)

Joko’s favorite fruits are mango and orange. Mine are banana and watermelon. (Dua buah/ plural).

Kamu tidak akan kesulitan lagi untuk memahami kepunyaan dalam Bahasa Inggris di ICAN English. Semua materi yang ingin kamu pelajari sesuai kebutuhan personal dan profesional akan diajarkan di kelas kursus Bahasa Inggris ini. Selama bergabung di salah satu program kami, kamu akan mendapatkan bimbingan profesional dari mentor.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi