Cara belajar TOEFL dan IELTS

Cara Belajar TOEFL dan IELTS

Jan 14, 2022 | Bahasa Inggris

Salah satu syarat agar kamu bisa kuliahdi luar negeri adalah lulus ujian bahasa Inggris. Dua ujian yang paling terkenal dan banyak digunakan oleh universitas luar negeri adalah TOEFL dan IELTS. Penting untuk mengetahui cara belajar TOEFL dan IELTS untuk mendapatkan skor maksimal di tes ini.

Standar nilai yang biasanya diterima oleh universitas luar negeri adalah 550 untuk TOEFL paper based, 79 untuk TOEFL internet based atau 6.0 untuk IELTS. Standar nilai ini bisa saja lebih tinggi, jika kamu berencana masuk ke jurusan kedokteran, hukum atau sastra.

Baca Juga: TRIK SUKSES BELAJAR IELTS MANDIRI

Bagaimana Cara Belajar TOEFL dan IELTS yang Benar?

TOEFL dan IELTS menjadi dua ujian yang dianggap cukup sulit karena memiliki beberapa aspek yang diujikan. Banyak siswa yang gagal melewati batas nilai dan akhirnya harus mengulang ujian tersebut. Untuk menghindari hal ini, berikut beberapa cara belajar TOEFL dan IELTS yang perlu kamu lakukan.

1. Bergabung dalam Kursus Persiapan

Persiapan untuk TOEFL dan IELTS bisa kamu dapatkan di berbagai lembaga kursus bahasa Inggris. Biasanya, mereka memiliki kelas persiapan IELTS dan TOEFL dengan tutor berpengalaman dan professional.

Materi yang diberikan dalam kursus biasanya tidak bisa kamu temukan di buku, internet atau sumber manapun. Tak heran jika kursus persiapan ini menjadi pilihan bagi banyak pelajar yang ingin mendapatkan skor maksimal.

2. Lebih Banyak Mendengarkan Bahasa Inggris

Salah satu bagian tes yang cukup sulit adalah listening. Bagian ini cukup sulit karena kamu tidak terbiasa dengan aksen bahasa Inggris dan tidak bisa menangkap maksud dari percakapan tersebut.

Untuk itu, kamu perlu banyak melatih diri dengan mendengarkan lagu, berita, film, maupun podcast berbahasa Inggris. Cara ini akan membuat kamu semakin terbiasa dengan aksen bahasa Inggris yang digunakan oleh penutur asli.

3. Perkaya Kosakata

Pada bagian tes membaca, soal yang muncul biasanya berupa teks atau artikel dengan kosakata yang berbeda dengan yang kamu gunakan sehari-hari. Untuk itu, pastikan kamu memperkaya kosakata dengan membaca berita, artikel atau buku berbahasa Inggris.

Dengan memperkaya kosakata, kamu akan lebih memahami isi soal dan pertanyaannya. Jika sudah memahami soal yang diberikan, kamu dapat menjawabnya dengan benar dan sesuai ketentuan yang telah berlaku.

Baca Juga: CARA CEPAT BELAJAR TOEFL SENDIRI

Kesalahan dalam Belajar TOEFL dan IELTS

Banyak orang yang merasa bisa belajar sendiri tanpa bantuan professional. Hal ini mungkin saja terjadi, namun untuk mendapatkan materi yang terstruktur kamu harus bergabung dalam kursus bahasa Inggris yang tepat. Kursus bahasa Inggris yang baik biasanya memiliki kelas persiapan TOEFL dan IELTS dengan tutor yang profesional.

Belajar sendiri tanpa bantuan ahli hanya akan membuat kamu kebingungan ketika tidak mengerti satu materi. Dengan mengikuti kursus bahasa Inggris, kamu bisa mengevaluasi di mana letak kelemahan dan memperbaikinya.

Kesalahan dalam cara belajar TOEFL dan IELTS bisa juga terjadi ketika kamu merasa tidak percaya diri dan takut melakukan kesalahan. Melakukan kesalahan dalam belajar bukanlah hal yang salah, dengan begitu kamu bisa memperbaiki apa saja yang salah dan meningkatkan kemampuan kamu dengan cara yang benar.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

5 Layanan Terjemahan Bahasa Inggris Terbaik, Mengartikan Jadi Mudah

5 Layanan Terjemahan Bahasa Inggris Terbaik, Mengartikan Jadi Mudah

Saat ini, kamu tidak perlu harus membawa kamus kemanapun pergi jika ingin mengartikan bahasa inggris. Adanya teknologi memudahkan siapapun yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa inggris dengan cara memanfaatkan berbagai situs atau layanan terjemahan. Hanya dengan...

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Memainkan game seru untuk belajar bahasa inggris adalah sarana belajar sambil bermain yang kekinian, praktis, dan menyenangkan. Main game sambil belajar juga merupakan cara terbaik menikmati me time tetapi sambil mendapatkan materi pembelajaran baru. Sehingga,...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH