kesalahan yang harus dihindari pemula untuk belajar bahasa inggris

Kesalahan yang Harus Dihindari Pemula untuk Belajar Bahasa Inggris

Seringkali terjadi beberapa kesalahan yang tidak disadari pemula untuk belajar bahasa inggris. Memang, mempelajari Bahasa asing yang bukanlah Bahasa ibu tidaklah mudah.

Belajar Bahasa inggris mempunyai banyak godaan dan tantangan. Semua hambatan dan tantangan tersebut merupakan pelengkap yang selalu ada ketika belajar atau ingin mencapai sesuatu. Dibutuhkan ketekunan ketika menjalankan apapun seperti ingin menjadi pribadi yang lebih maju.

3 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Belajar Bahasa Inggris

ICAN English menyediakan kelas untuk belajar bahasa inggris dengan intensif melalui pembelajaran interaktif. Tutor berpengalaman akan menemani kamu belajar Bahasa inggris dari nol, serta memastikan tidak ada kesalahan yang sering dilakukan pemula saat belajar Bahasa asing tersebut, sebagaimana berikut:

1. Malu Berbicara

Setiap orang pasti punya tujuan ketika belajar Bahasa inggris. Pada dasarnya, semua orang ingin bisa berkomunikasi dalam Bahasa inggris, baik melalui lisan ataupun tulisan. Saat kamu merasa malu, hal tersebut adalah penghambat. Tidak usah malu karena pronunciation atau pelafalan. Tidak usah malu karena diksi, aksen, logat atau kosakata yang minim. Semua itu butuh pembiasaan, dan dari kebiasaan maka kamu akan bisa menguasainya.

Baca Juga:
Kesalahan Dalam Belajar Bahasa Inggris

2. Merasa Frustasi

Belajar apapun itu, jika terlalu keras pada diri sendiri, maka hasilnya tidak akan baik. Kamu akan gampang stress atau frustasi, karena ingin segera mencapai hasil sehingga melakukan berbagai cara. Contoh, kamu jadi begadang, mengurangi waktu istirahat, dan terlalu serius karena ambisi ingin menguasai Bahasa asing.

Ubah pola pikir demikian dengan cara memecahkan masalah atau solusi. Misalnya, cobalah bertanya pada diri sendiri, mengapa kamu tidak mampu melakukannya? Nantinya, kamu akan fokus mencari cara terbaik belajar secara efektif dan menyenangkan. Bahkan saat mendengarkan lagu sebagai kegiatan paling santai pun, akhirnya kamu akan memilih lagu-lagu Bahasa inggris agar bisa sambil belajar dalam waktu yang sama.

3. Terlalu Baper

Bahasa inggris bukanlah Bahasa ibu, sehingga merupakan hal wajar kalau kamu belum lancar menggunakannya. Tidak usah kecewa ketika kamu tidak mengerti apa yang diucapkan oleh seorang native speaker.

Hal tersebut wajar karena native speaker punya diksi, pronunciation, kosakata, dan logat berbeda. Hal ini sama seperti bagaimana orang amerika tidak mengerti apa yang diucapkan orang Australia, padahal sama-sama Bahasa inggris dan hanya beda aksen saja.

Ketika belajar, tidak perlu mengharapkan apapun, tidak usah kesal saat berbicara dan orang lain ternyata tidak memahami apa ucapan kamu. Kalau harus mengobrol bersama native speaker dan bicaranya terlalu cepat, kamu bisa mengucapkan i am sorry, I didnt get it, atau pardon?

Baca Juga:
Cara Belajar TOEFL untuk Pemula

Hal-Hal Penting Selama Belajar Bahasa Inggris

Ada beberapa hal penting yang wajib dilakukan oleh pemula untuk belajar bahasa inggris. Saat sedang belajar, mendengarkan justru lebih efektif daripada belajar grammar saja. Anak bayi dapat menguasai Bahasa bukan karena mereka mempelajari grammar terlebih dahulu. Akan tetapi, mereka lebih banyak mendengarkan lalu meniru ucapan tersebut.

Kegiatan lainnya yang wajib kamu lakukan adalah rajin mengobrol bareng native speaker. Berbicara dengan penutur asli langsung akan membuat kamu merasa lewbih percaya diri. Banyak yang sudah mahir berbahasa inggris dalam teori, tetapi secara praktiknya masih gugup saat bicara bersama native speaker.

Terakhir, biasakan diri belajar Bahasa inggris dan terbiasa menggunakannya. Dengan membangun kebiasaan tersebut, kamu bisa belajar Bahasa inggris dengan sendirinya. Contoh, gunakan Bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari. Atau, kamu juga bisa mengubah setting dari Bahasa Indonesia ke Bahasa inggris untuk semua perangkat yang kamu miliki supaya punya mindset selalu menggunakan Bahasa inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web