Keterampilan menulis bahasa Inggris

Pentingnya Keterampilan Menulis Bahasa Inggris

Sep 21, 2022 | Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, terdapat 4 skill yang perlu dikuasai. Diantaranya reading, listening, writing, dan speaking. Writing atau menulis menjadi salah satu skill yang cukup kompleks. Karena perlu memahami pula gramatikal atau struktur dalam bahasa Inggris. Manfaat keterampilan menulis bahasa Inggris ini perlu diketahui oleh banyak orang.

Karena masih banyak orang yang menganggap kemampuan menulis bahasa Inggris tidak terlalu penting. Padahal, kemampuan menulis dalam bahasa Inggris mampu memberikan banyak manfaat. Terbukti dari banyaknya kompetisi menulis menggunakan bahasa Inggris. Sehingga, dapat disebutkan bahwa kemampuan menulis bahasa Inggris memang penting.

Baca Juga: CARA MEMBIASAKAN BERBICARA BAHASA INGGRIS

Manfaat dan Pentingnya Keterampilan Menulis Bahasa Inggris

Jika kamu seorang mahasiswa dan sedang mencari beasiswa ke luar negeri. Biasanya, salah satu persyaratannya adalah menulis motivation letter berbahasa Inggris. Sehingga, diperlukan adanya kemampuan atau keterampilan menulis bahasa Inggris yang bagus. Selain itu, terdapat beberapa keuntungan lainnya yang membuat writing ini penting untuk dikuasai olehmu.

1. Mampu Berkomunikasi Lebih Luas dengan Berbagai Macam Orang

Pentingnya keterampilan menulis bahasa Inggris pertama adalah mampu membuat kamu berkomunikasi dengan publik yang lebih luas. Tentunya, saat ini komunikasi bukan hanya dilakukan melalui bunyi saja. Karena komunikasi telah banyak bentuknya di zaman modern. Kamu juga bisa berkomunikasi melalui media sosial menggunakan kemampuan writing ini.

Jika kamu memiliki kemampuan writing yang bagus. Maka, bukan hal yang sulit mendapatkan banyak teman dari luar negeri. Karena saat ini hampir seluruh warga negara di dunia sudah menggunakan media sosial. Kamu pun bisa dengan mudah mendapatkan teman di media sosial. Karena tidak ada batasan antara orang Indonesia dan luar negeri di media sosial atau internet.

2. Berpeluang Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu persyaratan beasiswa ke luar negeri adalah motivation letter menggunakan bahasa Inggris. Dengan kata lain, kamu harus menulis sejumlah kata berbahasa Inggris yang berisi motivasi untuk berkuliah di instansi tujuan. Tentunya, tidak bisa sembarangan menulis atau melakukan translasi di mesin Google.

Kamu harus mampu menuliskan motivation letter menggunakan bahasa sendiri dan sesuai gramatikal. Oleh sebab itu, kemampuan writing akan sangat dibutuhkan untuk kasus ini. Jika kamu merupakan salah satu orang yang mempunyai mimpi berkuliah di luar negeri. Maka, sebaiknya mulailah mengembangkan dan meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris.

3. Membuat Kamu Memiliki Pengetahuan Luas

Alasan pentingnya atau manfaat keterampilan menulis bahasa Inggris berikutnya adalah mampu membuat kamu memiliki pengetahuan luas. Menulis hampir sama dengan membaca. Kamu akan belajar banyak hal dengan menulis. Ketika menulis, tentunya harus mencari banyak informasi dari berbagai sumber di buku atau internet, dengan tujuan agar tulisan semakin baik.

Dengan banyak membaca sumber di buku atau internet, secara tidak langsung kamu pun sedang belajar. Saat menulis, tentunya akan banyak topik yang dijadikan tulisan. Terkadang, terdapat beberapa topik yang mungkin kurang kamu pahami. Sehingga, mengharuskan mencari informasi tambahan di sumber lain. Hal itu menyebabkan pengetahuan kamu semakin luas.

4. Menghasilkan Uang Tambahan atau Passive Income

Kemampuan untuk writing dalam bahasa Inggris bukan hanya sebagai asupan intelektual saja. Saat ini, kemampuan menulis banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Terlebih menulis dalam bahasa Inggris. Terdapat banyak perusahaan yang kerap mencari freelance writer untuk tulisan berbahasa Inggris. Sehingga, kemampuan writing pun mampu menghasilkan uang tambahan.

Banyak pula web bahasa Inggris yang terbuka untuk freelance writer. Jika sudah memiliki kemampuan writing, maka dapat mencoba sesekali menulis dalam bahasa Inggris dan dikirimkan ke suatu situs. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan passive income atau penghasilan tambahan.

Baca Juga: KETAHUI TEKNIK MENULIS BAHASA INGGRIS

5. Melatih Kreativitas

Menulis sama saja dengan melatih kreativitas. Dengan rajin menulis bahasa Inggris, otak kamu akan terbiasa berpikir hal-hal kreatif. Karena ingin menghasilkan tulisan yang diminati banyak orang. Sehingga, kreativitas kamu pun akan semakin terlatih.

Untuk melatih keterampilan menulis bahasa Inggris, kamu dapat mencoba mengikuti kursus bahasa Inggris. Misalnya di ICAN English, lembaga kursus yang menyediakan materi writing.

Lembaga kursus ini memiliki tutor atau pengajar yang pengalamannya lebih dari 8 tahun. Sehingga, cocok untuk dijadikan pilihan tempat kursus Inggris.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH