Cara menulis essay bahasa Inggris

Cara Menulis Essay Bahasa Inggris

Agu 15, 2022 | Bahasa Inggris

Apakah kamu pernah menulis essay dalam bahasa Inggris? Mungkin kamu pernah mendapatkan tugas dari sekolah untuk menyelesaikan essay. Menulis esai secara umum memang dibutuhkan untuk tugas perkuliahan atau program belajar. Kamu perlu mengetahui cara menulis essay bahasa Inggris agar bisa membuatnya secara maksimal.

Nah, terkadang dosen atau guru meminta untuk menyelesaikan esai dalam bahasa inggris. Sebagian mungkin masih merasa bingung bagaimana cara menulis essay bahasa Inggris yang baik dan benar. Namun, sebelum itu kamu harus memahami terlebih dahulu apa itu esai ya.

Baca Juga: CONTOH KALIMAT REQUEST DALAM BAHASA INGGRIS

Apa itu Essay dan Bagaimana Strukturnya?

Jadi essay merupakan penulisan tentang fenomena maupun isu yang didasari dengan opini dari para penulis. Biasanya penulisan essay ini digunakan sebagai syarat untuk menyelesaikan tugas akademis. Dengan menulis essay, guru maupun dosen dapat melihat sudut pandang  siswi dalam melihat sebuah fenomena atau masalah tertentu.

Ada beberapa struktur esai yang harus kamu ketahui, misalnya seperti berikut;

  • Di dalam esai  harus ada judul atau title yang akan ditulis
  • Kemudian bagian introduction atau pendahuluan. Jadi sebelum kamu membahas inti dari essay tersebut, kamu harus memulai dengan pendahuluan terlebih dahulu. Di dalam pendahuluan tersebut kamu harus menuliskan terkait topik secara umum dan permasalahan yang ada di dalamnya.
  • Badan esai atau body, di bagian ini kamu bisa menumpahkan pokok pikiran terkait pokok permasalahan yang ada. Jadi kamu bisa menjelaskan beberapa masalah yang terdapat di isi sesuai dengan pemikiran kamu tentu didasari dengan bukti ilmiah. Ilmiah tersebut bisa berupa jurnal, artikel maupun beberapa teori dari buku. 
  • Closing and Conclusion atau penutup dan kesimpulan. Pada bagian ini kamu bisa membuat penutup essay dengan kesimpulan berdasarkan pokok pemikiran dan bukti yang sudah ada. 

Mengetahui bagaimana struktur pembuatan essay, akan lebih mudah bagi kamu untuk menyusun karya tulis tersebut menggunakan bahasa Inggris.

Dengan bergabung dalam kursus bahasa Inggris, kamu bisa membuat essay dengan lebih baik karena kosakata yang kamu miliki akan lebih banyak. Teknik menulis dalam bahasa Inggris kamu juga akan semakin meningkat. ICAN English menjadi salah satu lembaga kursus yang bisa kamu pilih untuk belajar bahasa Inggris.

Tips Mudah Membuat Essay Bahasa Inggris

Untuk membuat essay dalam bahasa Inggris, ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan sehingga bisa menciptakan karya esai berkualitas seperti berikut;

Pilih Jenis Essay

Tips pertama yang harus dilakukan adalah memilih jenis essay terlebih dahulu. Jadi dalam penulisannya sa ini ada berbagai macam tipe yang akan membantu gaya penulisan dan membantu cara penyampaian pesan, seperti berikut;

  • Narrative Essay, bisa dikatakan sebagai penyampaian subject essay secara langsung menggunakan cara bercerita.
  • Persuasive Essay, disampaikan untuk meyakinkan para pembaca terkait sebuah pandangan atau opini dari penulis.
  • Expository Essay, menjelaskan terkait sebuah proses dalam tulisan
  • Descriptive Essay, menulis secara detail terkait pembahasan dalam essay.

Ada berbagai macam jenis essay yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan untuk menyampaikan opini atau tulisan. Jadi, tentukan dulu jenisnya, setelah itu kamu akan lebih mudah untuk membuat essay.

Membuat Outline

Selanjutnya kamu bisa membuat  outline essay. Outline essay ini memiliki fungsi untuk membantu kamu menata arah tulisan, sehingga di tengah proses kamu tidak lagi bingung ingin menulis apa. 

Caranya sangat sederhana kamu bisa memulai untuk membuat bagian atau chapter di dalam essay kamu. Jadi mulai saja mapping poin yang ingin dijelaskan di dalam esai tersebut.

Mulai Riset Essay

Sekalipun essay merupakan penulisan opini, sekalipun mencantumkan opini kamu juga harus menambahkan riset yang mampu mendukung opini tersebut ya. Jadi sangat penting untuk melakukan riset terlebih dahulu sehingga kaum bisa meletakkan hasil riset tersebut pada poin-poin penting yang dibuat dalam esai tersebut. 

Dengan adanya riset yang sudah dilakukan, setiap poin yang kamu tulis dalam esai sudah memiliki rica pendukung dan membuat para pembaca lebih percaya. 

Menulis Isi Essay

Jika sudah mendapatkan beberapa riset untuk menulis opini kamu dalam essay, maka langkah selanjutnya adalah mulai menulis isi essay. Kamu sudah ada di tahap menyiapkan poin penulisan di outline, sehingga lebih mudah untuk mengikuti alur poin pada penulisan isi essay. 

Pastikan kamu memilih gaya penulisan yang sudah dipilih sebelumnya sesuai dengan jenis essay dan pastikan kamu fokus dalam penulisan tersebut sehingga tidak menulis di luar outline maupun riset yang telah dilakukan.

Baca Juga: KATA GANTI KEPUNYAAN DALAM BAHASA INGGRIS

Cek Ulang Penulisan Bahasa Inggris

Jika kamu ingin menulis essay dalam bahasa Inggris, berarti kamu sudah paham bagaimana writing dalam bahasa Inggris. Nah, yang paling penting adalah cek ulang spelling dan grammar dalam bahasa Inggris ya.

Hati-hati pada kalimat paraphrase dan quotation. Pastikan keduanya sudah tepat dan terlihat perbedaannya sehingga para pembaca memahami kedua hal tersebut merupakan kalimat pendukung opini kamu dalam pembuatan essay bahasa Inggris. Selain itu kamu juga harus cek sumber yang digunakan ya, jangan sampai berasal dari artikel maupun jurnal yang kurang bisa dipercaya. 

Beberapa tahapan yang bisa dilakukan untuk membuat essay dalam bahasa Inggris. Tapi bagian penting dari cara menulis essay bahasa Inggris ini adalah pemahaman kamu terkait penggunaan bahasa Inggris dalam sebuah karya tulis. Setelah itu, kamu bisa mempelajari struktur dan cara pembuatan essay secara umum.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH