macam keterangan waktu dalam bahasa inggris

Macam Keterangan Waktu dalam Bahasa Inggris

Adverb of time atau keterangan waktu dalam bahasa inggris yaitu kata keterangan dalam sebuah kalimat untuk menjelaskan sebuah peristiwa. Fungsinya yaitu menjelaskan kapan sesuatu terjadi sesuai pertanyaan. Selain sebagai jawaban pertanyaan kapan, keterangan waktu juga digunakan untuk menjawab seberapa sering atau seberapa lama.

5 Macam Adverb of Time

Jika kamu ingin belajar tentang apa saja macam-macam keterangan waktu dalam bahasa inggris, berikut adalah penjelasan dari ICAN English:

1. Now

Now, dalam Bahasa Indonesia artinya adalah sekarang. Now juga merupakan kata keterangan waktu yang digunakan untuk menunjukkan saat ini atau present tense. Berikut adalah contoh kalimat yang menggunakan keterangan waktu now:

I am sorry, Miss Joanna cannot meet you right now Saya meminta maaf, Nyonya Joanna tidak dapat menemui anda sekarang ini.

2. Today

Dalam Bahasa Indonesia, arti kata today adalah hari ini. Today digunakan sebagai keterangan waktu yang menunjukkan kejadian hari ini, sebagaimana contoh berikut:

Miss Joanna is leaving for Semarang today Nyonya Joanna akan pergi ke Semarang hari ini.

3. Later

Arti kata later dalam Bahasa Indonesia yaitu nanti. Keterangan waktu ini digunakan untuk menunjukkan hal yang bisa saja terjadi nanti. Berikut adalah contoh penggunakan kata later dalam Bahasa inggris:

Its alright, Joanna will call you later Tidak apa-apa, Joanna akan menghubungimu nanti.

4. Soon

Apa arti kata soon dalam Bahasa Indonesia adalah segera. Soon seringkali digunakan untuk menunjukkan ekspresi saran, ataupun permintaan. Berikut adalah contoh kalimat yang menggunakan kata soon, untuk menunjukkan keterangan waktu:

Miss Joanna wants you to meet her soon Nyonya Joanna ingin Anda menemuinya segera.

5. Yesterday

Dalam Bahasa Indonesia, arti kata yesterday adalah kemarin. Yesterday merupakan keterangan waktu dalam bahasa inggris untuk menunjukkan hal-hal yang terjadi kemarin, berikut adalah contohnya:

I dont think that Joanna is here, yesterday she called me she was sick. Aku pikir Joanna tidak ada disini, kemarin dia menelponku dan dia sedang sakit.

Baca Juga:
Kalimat Perintah dalam Bahasa Inggris

Posisi Adverb of Time

Dengan materi tentang keterangan waktu untuk belajar bahasa inggris, maka kamu akan lebih menguasai percakapan sehari-hari. Kamu juga dapat bergabung bersama kursus bahasa Inggris di ICAN English jika ingin mendapatkan materi bahasa inggris lebih banyak dengan bimbingan langsung tutor berpengalaman. Kurikulum belajar yang kami gunakan adalah Cambridge, sehingga seluruh materi diajarkan dengan metode pembelajaran terbaik untuk level bahasa inggris kamu.

Sekarang, kamu sudah mengetahui apa saja keterangan waktu dalam Bahasa Inggris. Penggunaan adverb of time sangat mudah ditemui dalam kalimat Bahasa Inggris karena letaknya sering berada pada posisi yang sama, bergantung fungsinya. Adverb of time juga menyebutkan kapan serta durasi letaknya pada akhir kalimat.

Jika digunakan untuk menyatakan frekuensi seperti seberapa sering, atau berapa lama, maka letak adverb of time tersebut ada di bagian depan predikat. Perlu diketahui jika peletakan adverb of time dapat berpindah-pindah supaya dapat menyesuaikan maksud dari susunan kalimat.

Selain diletakkan sebelum kata kerja, adverb of time juga dapat diletakkan di antara auxiliary verb dan main verb atau sesudah auxiliary verb pertama. Adverb of time dapat pula digunakan dengan meletakkannya di bagian awal ataupun akhir kalimat.

Baca Juga:
Motivasi Belajar Bahasa Inggris Bagi Pelajar

Macam Fungsi Adverb of Time

Penggunaan adverb of time dibagi dalam 3 hal yaitu waktu untuk menjelaskan kapan sesuatu telah terjadi, keterangan waktu untuk menjelaskan berapa lama sebuah kejadian terjadi, dan seberapa banyak atau berapa kali sebuah kejadian terjadi, berikut adalah penjelasannya:

Adverb Of Time – When It Happened

Keterangan waktu dalam bahasa Inggris yang pertama untuk menunjukkan Kapan sesuatu terjadi. Bentuk kalimat bisa dalam bentuk masa lalu, masa sekarang, dan masa depan.

Beberapa contoh keterangan waktu adalah: ago, yesterday, last…, now, right now, today, at this moment, future, soon, next…, already, after, before, finally, dan eventually.

Berapa Lama Sebuah Kejadian Terjadi – How Long

Keterangan waktu dalam bahasa Inggris yang berikutnya adalah untuk menunjukkan how long atau berapa lama sebuah hal terjadi.

Pada penggunaannya, keterangan waktu menunjukkan periode tertentu atas sebuah kejadian. Ada beberapa keterangan waktu yang bisa kamu gunakan ketika menunjukkan Berapa lama sebuah hal atau kejadian terjadi. Untuk menandakan berapa lama sebuah kejadian terjadi bisa menggunakan adverb of time berikut: Since, All day, During, Lately, Recently, These days, From… to…, For…hours, For…days, For…weeks, For…months, dan For…years.

Number Of Times

Keterangan waktu dalam bahasa Inggris berikutnya juga dapat digunakan untuk menyatakan berapa kali atau berapa banyak Sesuatu terjadi. Untuk menyatakan hal ini ada beberapa adverb kan yang dapat kamu gunakan sebagaimana berikut: every, sometimes, often, rarely, always, constantly, ever, normally, never, daily, dan annually.

Baca Juga:
Biaya Kursus Bahasa Inggris di Semarang untuk Kelas Speaking

Contoh Penggunaan Keterangan Waktu Dalam Bahasa Inggris

Agar lebih mudah memahami contoh adverb of time ketika belajar bahasa Inggris, kamu bisa menyimak beberapa contoh berikut:

  • My father said that long time ago, this city was the most popular in this country – Ayahku berkata bahwa dulunya kota ini merupakan kota paling populer di negara ini.
  • Yesterday, Amanda sent me some money – Kemarin, Amanda telah mengirimkan beberapa lembar uang ke aku.
  • Joanna is having dinner right now – Joanna sedang makan malam sekarang.
  • Joanna will move to Bandung tomorrow – Joanna akan pindah ke Bandung besok.
  • It’s already morning and Amanda is still outside her home, so her parents worry about her – Ini sudah pagi dan Amanda masih di luar rumahnya, sehingga orangtuanya sangat khawatir kepadanya.
  • Before going to your office, make sure that you lock the doors and windows – Sebelum pergi ke kantor, pastikan kamu mengunci semua pintu dan jendela.
  • We are going to have an important meeting after lunch – Kita akan melakukan pertemuan penting setelah makan siang.
  • Finally, we can dance with 1000 dancers from all over the world! – Akhirnya, kita bisa menari bersama 1000 penari dari seluruh penjuru dunia!
  • Amanda teaches the class daily – Amanda mengajar kelas itu setiap hari.
  • Tom is a profesional artist, and he will never do anything that will destroy his career – Tom adalah seorang seniman profesional, dan ia tidak akan melakukan apapun yang menghancurkan karirnya.

Demikian pembahasan lengkap tentang keterangan waktu dalam bahasa Inggris. Kamu bisa mempelajari semua adverb of time dan melatih kemampuan tersebut dengan belajar membuat kalimat sendiri kemudian mempraktekkannya dalam berbicara sehari-hari.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi