5 motivasi belajar bahasa inggris bagi pelajar

5 Motivasi Belajar Bahasa Inggris Bagi Pelajar

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang saat ini banyak digunakan oleh beberapa negara. Dijaman yang serba maju ini, penggunaan bahasa inggris sudah menjadi hal biasa. Tidak heran jika saat ini banyak orang yang sadar bahwa mampu bahasa Inggris adalah sebuah keharusan.

Bahasa Inggris saat ini sudah digunakan dalam berbagai macam bidang, mulai dari bidang pendidikan hingga bisnis. Bahasa internasional dapat ini dipelajari sejak usia dini. Ada berbagai macam motivasi  belajar bahasa Inggris yang membuat kamu lebih bersemangat.

Motivasi Belajar Bahasa Inggris agar Lebih Semangat

Terlalu malas belajar bahasa Inggris? Ada berbagai macam motivasi yang akan membuat kamu sadar bahwa bahasa Inggris merupakan hal yang penting, untuk diri kamu sekarang maupun masa depan, seperti berikut:

Baca Juga:
Konten Belajar Bahasa Inggris di Youtube

1. Lebih Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Motivasi pertama yang bisa membantu kamu lebih bersemangat untuk belajar bahasa Inggris adalah lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Bagi para pelajar, setelah menyelesaikan pendidikan tinggi tentu kamu ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang peminatan.

Kemampuan bahasa Inggris bisa menjadi soft skill yang kamu miliki, sehingga peluang pekerjaan didapatkan lebih mudah bahkan di perusahaan multinasional. Perkembangan zaman saat ini, beberapa perusahaan memutuskan untuk membuat bahasa Inggris menjadi syarat utama ketika proses seleksi kerja.

Sekalipun ada lowongan pekerjaan yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai syarat utama tetapi kemampuan bahasa Inggris tetap memberikan nilai plus ketika kamu melamar pekerjaan.

2. Peluang Melanjutkan Pendidikan di Luar Negeri

Motivasi selanjutnya  bisa membuat kamu lebih bersemangat belajar bahasa Inggris, yaitu kekuatan untuk belajar di luar negeri. Banyak pelajari Indonesia yang sebenarnya memiliki cita-cita untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri.

Namun untuk bisa menyelesaikan pendidikan di luar negeri, tentu kamu harus menguasai bahasa Inggris dengan baik. Sebab  kampus di luar negeri sudah menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar proses perkuliahan. 

Tidak hanya itu, salah satu syarat untuk bisa masuk di perguruan tinggi luar negeri adalah menyertakan sertifikat kemampuan berbahasa Inggris. Jadi, jika tertarik untuk kuliah di luar negeri maka belajar bahasa Inggris mulai sekarang.

Baca Juga:
Jenis Permainan dalam Bahasa Inggris, Bisa Buat Belajar!

3. Menambah Wawasan dan Mudah Cari Informasi

Menambah wawasan juga bisa menjadi motivasi kamu untuk belajar bahasa Inggris. Saat ini dengan adanya internet yang berjalan semakin cepat, informasi  berbagai macam hal mudah didapatkan. Kamu bisa menjangkau berbagai macam referensi dari internet, sebagian besar pasti menggunakan bahasa Inggris.

Misalnya saja, kamu mengambil referensi dari sebuah jurnal penelitian yang menggunakan bahasa Inggris. Jika kamu menguasai bahasa Inggris dengan baik, maka mendapatkan informasi dari jurnal penelitian tersebut bukan sesuatu hal yang sulit dilakukan.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan wawasan dari beberapa hal lain misalnya melihat film dokumenter berbahasa Inggris, membaca artikel ataupun essay dalam bahasa Inggris, dan lain sebagainya. Hal ini akan menambah wawasan kamu. 

4. Dapat Membantu Membuka Kesempatan Bisnis

Motivasi lain Jika kamu menguasai bahasa Inggris dengan baik dan benar adalah memberikan kesempatan membuka bisnis. Bahasa Inggris akan mengantarkan bisnis yang sedang dijalankan pada perdagangan internasional. Hal ini dikarenakan bahasa Inggris menjadi alat utama dalam berkomunikasi.

Jika bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik dan benar, kamu bisa menjalin hubungan bisnis dengan klien tanpa adanya masalah, khususnya dalam berkomunikasi. 

Baca Juga:
Mengapa Harus Belajar Bahasa Inggris?

5. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Kursus bahasa Inggris bisa membantu kamu termotivasi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi secara pribadi. Banyak orang yang tertarik belajar bahasa Inggris demi meningkatkan keterampilan kognitif, misalnya seperti ingatan, konsentrasi, hingga pemecahan masalah.

Hal ini membantu kamu memiliki kemampuan secara profesional dalam berkomunikasi dengan menguasai bahasa Inggris. Jika sudah memiliki motivasi untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi, tentu  kamu dapat memanfaatkannya untuk presentasi, berkomunikasi dengan klien, merasa percaya diri berbicara bahasa Inggris di depan umum, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Motivasi belajar bahasa Inggris sebenarnya cukup banyak, mulai dari segi akademik hingga pekerjaan. Misalnya saja, bahasa Inggris lebih memudahkan kamu mendapatkan pekerjaan, memiliki peluang untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, menambah wawasan, membantu membuka kesempatan bisnis secara internasional, dan meningkatkan kemampuan komunikasi.

Untuk mendapatkan proses belajar  bahasa Inggris yang menyenangkan, kamu bisa bergabung dengan kursus bahasa Inggris berkualitas dan profesional ICAN English Jakarta Barat. Kursus bahasa Inggris yang satu ini  menyediakan tutor profesional dan native speaker yang bersertifikat, fasilitas belajar modern, metode belajar menyenangkan, bahkan materi belajar yang berbeda dan efisien.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.