Belajar Keterangan Waktu Present Perfect Continuous Tense 

Belajar Keterangan Waktu Present Perfect Continuous Tense 

Present Perfect Continuous atau Present Perfect Progressive adalah salah satu jenis tense dalam bahasa Inggris. Tense ini merujuk pada tindakan yang dimulai di masa lalu dan berlanjut, tindakan yang telah selesai, dan untuk menekankan durasi tindakan. Selain penggunaannya, kamu juga perlu mempelajari keterangan waktu Present Perfect Continuous Tense.

Seperti kebanyakan tenses, present perfect continuous dapat dinyatakan dalam bentuk interogatif afirmatif, negatif, afirmatif, dan interogatif negatif. Berikut penjelasan, contoh penggunaan, dan keterangan waktu yang digunakan

Belajar Present Perfect Tense

Gunakan panduan belajar berikut ini agar kamu lebih paham tentang macam-macam kalimat dan keterangan waktu Present Perfect Continuous Tense.

Macam-Macam Present Perfect Tense

Present perfect continuous tense dapat dijadikan pernyataan afirmatif. Artinya, itu adalah kalimat positif yang membenarkan tindakan tersebut, contoh: I have been studying English for two years.

Present perfect continuous tense juga bisa dibentuk dalam bentuk negatif. Kalimat-kalimat ini menyatakan bahwa ada sesuatu yang negatif. Dalam bahasa Inggris, kamu dapat membentuk klausa negatif dengan menambahkan -not setelah kata kerja bantu, ‘has/have Been’, sebagaimana contoh berikut: I have not been working on this project for very long.

Present Perfect Continuous juga berbentuk Affirmative Interrogative untuk mengajukan pertanyaan. Kalimat ini bertanda positif dan biasanya mengharapkan jawaban ‘ya’, sebagaimana contoh berikut: Have you been studying English for long?

Klausa interogatif negatif juga mengajukan pertanyaan, namun respons yang diharapkan biasanya ‘tidak’, berikut contohnya: Haven’t you been studying English for very long?

Baca Juga:
Kursus General Inggris di Bandung

Keterangan Waktu Present Perfect Continuous Tense

Present perfect continuous tense dapat digunakan dengan kata keterangan, khususnya kata keterangan waktu atau frekuensi. Berikut adalah keterangan waktu yang digunakan dalam tense ini:

  • Often
  • Long
  • Much
  • For
  • Since
  • All
  • Day
  • Morning
  • Night
  • Afternoon

Kata keterangan ini mengungkapkan berapa lama kata kerja tindakan telah berlangsung dan memberikan konteks pada kalimat.

Verbs Tanpa Bentuk Kontinyu

Beberapa kata kerja jarang digunakan dalam bentuk kontinue, misalnya:

  • Want
  • Cost
  • Need
  • Owe
  • Exist
  • Belong
  • Need
  • Fear
  • Envy
  • Dislike
  • Possess

Kata kerja tersebut merupakan kata kerja yang tidak dapat kamu lihat dilakukan oleh seseorang, karena kata kerja di atas tidak bisa dipraktekkan menggunakan fisik.

Baca Juga:
Kursus Bahasa Inggris Untuk Pemula di Bandung

Tips Belajar Present Continuous

Saat menambahkan -ing ke action verb, catat huruf apa yang diakhiri dengan kata kerja dasar. Misalnya, jika kata kerjanya berakhiran ‘e’, maka hilangkan -e dan menambahkan -ing. Contoh: dance menjadi dancing

Ketika kata kerja tindakan diakhiri dengan bunyi konsonan, dalam bahasa Inggris British, maka biasanya mengulangi huruf terakhir dan menambahkan -ing. Contoh: “cancel” menjadi “cancelling”. Namun, dalam bahasa Inggris Amerika, aturan ini tidak selalu berlaku. Ada juga beberapa ketidakkonsistenan, seperti, “pull” menjadi “pulling”, bukan pullling dengan tiga ‘L’.

Selain belajar keterangan waktu Present Perfect Continuous Tense, kamu dapat memperoleh lebih banyak materi berguna dalam Bahasa Inggris. Caranya adalah dengan ikut belajar di tempat kursus Bahasa Inggris, ICAN English. Pilih kelas yang kamu sukai sesuai kebutuhan personal, dan mulailah belajar dengan cara menyenangkan!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web