Panduan Belajar Rumus Present Perfect Continuous

Panduan Belajar Rumus Present Perfect Continuous

Rumus Present Perfect Continuous Tense digunakan dalam sebuah kalimat untuk menunjukkan suatu tindakan yang dimulai di masa lalu dan masih berlanjut hingga saat ini. Jenis tense ini juga disebut sebagai present perfect progressive tense karena tindakan berlangsung dari masa lalu hingga masa kini.

Memahami rumusnya membantu mempermudah segalanya dalam Bahasa Inggris. Gunakan panduan di bawah ini agar kamu dapat menerapkan present perfect continuous tense dalam bentuk tulisan maupun lisan.

Panduan Lengkap Belajar Present Perfect Continuous

Mempelajari Rumus Present perfect continuous dalam bentuk present memberikan sejumlah manfaat yang meningkatkan kemahiran bahasa dan keterampilan komunikasi.

Baca juga : Rangkuman Rumus Passive Voice 16 Tenses

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang penggunaan tenses ini:

Rumus dan Struktur

Present perfect continuous tense dapat dibentuk dengan mengikuti rumus di bawah ini:

Subjek + have/has + been + present participle (verb+ing) + lanjutan kalimat

Seperti halnya tense lainnya, struktur kalimat dari present perfect continuous tense dapat dianalisis dalam bentuk kalimat positif, negatif, interogatif, dan negatif interogatif:

Present Perfect Continuous Tense
Positive       Negative     Interrogative   Negative Interrogative
Subjek + have/has + been + present participle + kalimat lanjutan     





Contoh:We have been studying this project for a month.

Subjek + have/has + not + been + present participle + the kalimat lanjutan     





Contoh:We have not been studying this project for a month.
Have/has + Subjek + been + present participle + kalimat lanjutan     





Contoh:Have we been studying this project for a month?
Have/has + Subjek + not + been + present participle + kalimat lanjutan     (atau)Haven’t / hasn’t + Subjek + been + present participle + kalimat lanjutan     Contoh:Haven’t we been studying this project for a month?Have we not been studying this project for a month?

Baca juga : Apa Itu Present Tense Dan Cara Menggunakannya

Hal yang Harus Diingat dalam Penggunaan Present Perfect Continuous

Mirip dengan present perfect tense, present perfect continuous tense terdiri dari kata kerja bantu (helping verbs) dan kata kerja utama (main verbs). Satu-satunya perbedaan adalah present perfect continuous tense menggunakan dua kata kerja bantu dan satu kata kerja utama dalam bentuk present participle.

Kata kerja bantu yang digunakan adalah ‘have’ atau ‘has’ dan ‘been’. Kata kerja ini diikuti oleh present participle dari kata kerja utama, yang dibentuk dengan menambahkan ‘ing’ pada kata kerja dasar. Present perfect continuous juga menggunakan kata kerja bantu ‘have’ dan ‘has’ sesuai dengan kata ganti atau noun yang digunakan dalam kalimat tersebut.

Baca Juga : Belajar Keterangan Waktu Present Perfect Continuous Tense 

Kapan Harus Menggunakan Rumus Present Perfect Continuous Tense

Present perfect continuous tense dapat digunakan karena beberapa alasan. Gunakan pola kalimat ini untuk kemajuan suatu tindakan yang belum selesai, dimulai di masa lalu hingga sekarang.

Atau, gunakan pola kalimat ini untuk menggambarkan tindakan selesai yang dimulai di masa lalu dan baru saja berhenti. Kamu juga dapat menggunakan tense ini untuk menunjukkan tindakan sementara atau kebiasaan yang dimulai di masa lalu dan berlanjut di masa sekarang.

Baca juga : Perbedaan Perfect Tense Dan Past Tense

Untuk mempermudah belajar lebih banyak tenses dalam Bahasa Inggris, gunakan waktu luang kamu dengan daftar di tempat kursus Bahasa Inggris. ICAN English memiliki banyak kelas dan program belajar untuk semua kalangan. Tidak hanya tutor yang suportif, kami telah merancang setiap kelas agar program belajar berjalan secara intensif namun tetap interaktif!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.