Kursus Duolingo di Bandung Alternative IELTS dan TOEFL

Kursus Duolingo di Bandung: Alternative IELTS dan TOEFL

Kursus Duolingo di Bandung membantu mencapai tujuan kamu dalam mengikuti tes bahasa inggris. Duolingo English Test adalah penilaian kemahiran bahasa Inggris yang digunakan untuk mengevaluasi kemampuan membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan.

Saat mendaftar tes adaptif komputer ini, tingkat kesulitan pertanyaan dapat bertambah atau berkurang. Hal ini bergantung pada jawaban kamu terkait pertanyaan sebelumnya.

Selain pertanyaan pilihan ganda, kamu akan menjawab pertanyaan terbuka untuk menilai kemampuan bahasa Inggris lisan dan tulisan. Komputer akan menilai semua pertanyaan yang kamu jawab. Bahkan, kamu juga memiliki kesempatan untuk merekam video wawancara dan contoh tulisan.

Banyak perguruan tinggi dan universitas di Amerika Serikat mewajibkan bukti kemampuan bahasa Inggris bagi calon mahasiswa internasional. Tes ini telah menjadi alternatif populer selain SAT, ACT, atau TOEFL.

Penggunaan Duolingo Test

Kegunaan utama tes Bahasa Inggris Duolingo adalah untuk memverifikasi kemahiran bahasa Inggris di institusi akademis. Akan tetapi, kamu juga dapat menggunakan hasil skor ini untuk situasi apa pun yang memerlukan bukti kemampuan berbahasa Inggris. Misalnya, untuk kebutuhan wawancara kerja dan verifikasi pelamar.

Berikut adalah beberapa penggunaan tes Bahasa Inggris Duolingo:

Tes Terstandar

Tes Bahasa Inggris Duolingo adalah tes terstandar, mirip dengan TOEFL dan IELTS. Duolingo tes sudah diterima di lebih dari 4.000 universitas dan institusi, mulai Juni 2023.

Tes Penempatan

Sekolah dapat menggunakan Tes Penempatan Bahasa Inggris Duolingo sebagai tes penempatan bagi siswa internasional yang masuk. Sehingga, semua siswa ditempatkan di kelas Bahasa Inggris yang sesuai level kemampuan. Setiap pelajar juga akan mendapatkan layanan dukungan pendidikan yang tepat untuk pengalaman kuliah lebih sukses.

Verifikasi Pelamar di Perusahaan

Kamu dapat menyertakan tautan ke laporan skor Tes Bahasa Inggris Duolingo di akun LinkedIn atau resume. Cara ini membantu calon pemberi kerja memverifikasi kemahiran bahasa Inggris sebagai bagian dari proses wawancara. Rekaman tiap peserta terhadap pertanyaan wawancara secara acak nantinya akan ditinjau.

Baca Juga:
Kursus Persiapan Tes TOEFL di Bandung

Cara Mengikuti Tes Duolingo

Untuk mengikuti Tes Bahasa Inggris Duolingo, kamu membutuhkan komputer dengan koneksi internet yang andal dan kamera depan. Seluruh tes dilakukan secara online, dan pengawas meninjau rekaman untuk memastikan kamu mengikuti  ujian sesuai peraturan.

Dalam pelaksanaan tes ini, kamu harus berada di ruangan yang cukup terang dengan kamera video, mikrofon, dan speaker komputer menyala. Tes Bahasa Inggris Duolingo membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk diselesaikan, terdapat tiga segmen dalam tes, yaitu:

  1. Pengenalan dan penyiapan (lima menit)
  2. Tes adaptif (45 menit)
  3. Wawancara video (10 menit)

Kamu akan menerima hasil tes dalam waktu 48 jam. Hasil tes tersebut berlaku selama dua tahun.

Aturan Tes Duolingo

Duolingo memiliki aturan pengujian ketat, harus dipatuhi semua peserta tes. Aturan-aturan tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Jaga agar telinga dan wajah tetap terbuka dan terlihat oleh pengawas setiap saat.
  • Jauhkan perangkat seluler, catatan, dan buku teks dari area pengujian.
  • Lihatlah layar perangkat setiap saat selama pengujian.
  • Tetap berada di test window setiap saat.
  • Hindari menulis atau membaca catatan.
  • Bicara hanya ketika ada instruksi.

Tes Bahasa Inggris Duolingo menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan tes serupa, seperti ujian TOEFL dan IELTS. Pastikan jika organisasi tujuan menyatakan menerima hasil ujian Duolingo sebagai alternative TOEFL atau IELTS.

Penilaian Duolingo

Selain skor keseluruhan, kamu akan menerima skor dalam berbagai kategori yang menilai kompetensi di berbagai bidang. Setiap kategori terdiri dari dua bagian pada empat keterampilan, yaitu: Literasi (Keterampilan membaca dan menulis), Pemahaman (Keterampilan mendengarkan dan membaca), Percakapan: (Keterampilan berbicara dan mendengarkan), dan Produksi (Keterampilan menulis dan berbicara)

DET, IELTS, atau TOEFL?

Tes Bahasa Inggris Duolingo umumnya dianggap lebih mudah dibandingkan dengan TOEFL dan IELTS. Salah satu faktor yang membuat DET lebih mudah diakses adalah struktur pengujiannya yang interaktif dan dinamis.

DET menawarkan berbagai jenis pertanyaan dan latihan serta memberikan umpan balik secara real-time. Semakin familiarnya bahasa yang digunakan pada materi tes DET, semakin memudahkan sebagian peserta tes.

TOEFL dan IELTS umumnya dianggap sebagai tes yang lebih sulit, terutama penggunaan kosakata dan istilah tertentu. Ujian ini memiliki tingkat formalitas dan fokus akademis yang lebih tinggi, sehingga dapat menimbulkan tantangan bagi sebagian peserta tes. TOEFL dan IELTS juga bisa jadi sulit karena struktur dan formatnya, sehingga peserta tes harus memiliki keterampilan dan persiapan tertentu.

Terakhir, kesulitan yang dirasakan dari setiap tes bersifat subjektif dan bergantung pada karakteristik individu. Beberapa orang mungkin menganggap suatu ujian lebih mudah karena kelebihan dalam bidang tertentu, sementara individu lainnya mungkin menganggap ujian itu menantang karena kelemahan diri sendiri.

Mengapa Harus Tes Duolingo?

Berikut adalah alasan mengapa kamu wajib memilih tes Duolingo untuk persyaratan bahasa:

Harga Tes Duolingo Lebih Terjangkau

Tes Bahasa Inggris Duolingo berharga $49 atau sekitar Rp. 735.000. Hasil tes dapat kamu kirimkan ke 40 institusi tanpa biaya tambahan. Sebagai perbandingan, tes TOEFL dapat berharga sekitar $200 atau sekitar Rp. 3.000.0000 dengan perhitungan kurs $1 Rp 15.0000, biaya tergantung pada lokasi pengujian. IELTS, sementara itu, mengenakan biaya lebih dari $200 untuk ujiannya atau lebih dari Rp 3.000.000, bergantung lokasi.

Lebih Praktis

Kamu dapat mengerjakan tes Duolingo dari lokasi mana saja yang tenang, pribadi, dan terang, dengan komputer lengkap dan dukungan koneksi internet. Setelah membeli tes tersebut, kamu dapat mengikutinya kapan saja dalam 21 hari berikutnya—tidak perlu mengurus jadwal. Selain itu, jika hari ujian terasa buruk, kamu berkesempatan mengulang ujian, sebanyak dua kali dalam jangka waktu 30 hari.

Lebih Cepat

Karena komputer menilai semua bagian tes Duolingo, kamu akan mendapatkan hasil dengan cepat. Tes tersebut tersedia dalam waktu 48 jam setelah kamu mengirimkan tes. Hal ini sangat membantu jika kamu menghadapi tenggat waktu pendaftaran.

Tips Mempersiapkan Ujian Duolingo

Duolingo adalah tes adaptif, tingkat kesulitan pertanyaan tes menyesuaikan benar atau salah jawaban sebelumnya. Skor dimaksudkan untuk mencerminkan kemahiran bahasa Inggris yang sebenarnya. Jadi, belajar terus menerus sebelum menghadapi ujian bukanlah solusi yang efektif. Tetapi, bukan berarti kamu  tidak perlu melakukan persiapan apapun, berikut adalah beberapa cara penting untuk mempersiapkan diri:

Tes latihan gratis

Duolingo menawarkan soal tes latihan gratis di situs webnya. Latihan menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan tersebut membuat kamu bisa mempelajari seperti apa jenis pertanyaan sering kamu temukan. Kamu juga dapat menemukan tes latihan dan soal lainnya secara online.

Ikut Kursus Duolingo

Jika kamu memiliki waktu beberapa minggu atau bulan untuk mempersiapkan diri, pertimbangkan daftar kursus terlebih dahulu. Kelas persiapan Duolingo ini akan membantu membangun keterampilan dan kosa kata bahasa Inggris.

Cari Tempat Kursus Duolingo di Bandung?

Permudah memperoleh hasil skor tes Duolingo tinggi dengan gabung di tempat kursus yang tempat. Untuk semua kalangan yang sedang mencari tempat kursus Duolingo di Bandung, kamu bisa menghubungi ICAN English Duolingo Program. Buat langkah kamu kuliah ke luar negeri jadi lebih mudah dengan kelas dibimbing native dan local master teacher!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web