Kursus Persiapan Pearson Test of English Jakarta

Kursus Persiapan Pearson Test of English Jakarta

Siapa saja yang ingin kerja atau belajar di luar negeri, satu syarat yang harus dipenuhi adalah ujian kemahiran berbahasa. Di antara berbagai pilihan, Pearson Test of English (PTE) adalah pilihan populer yang diakui secara global karena kredibilitasnya. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah ikut kursus persiapan Pearson test of English Jakarta.

Ujian PTE dirancang untuk menilai kemahiran bahasa Inggris dalam mendengarkan, membaca, berbicara, dan menulis. Ujian tersebut diselenggarakan oleh Pearson PLC Group.

Proses pelaksanaan ujian PTE berbasis komputer untuk memberikan pengalaman pengujian yang efisien. Sangat penting memiliki pemahaman yang jelas tentang struktur dan jenis pertanyaannya agar bisa menjawab dengan lebih mudah.

Mengenal Apa Itu Tes PTE (Pearson Test of English)

PTE Academic adalah tes bahasa Inggris akademik berbasis komputer yang ditujukan bagi non-penutur asli bahasa Inggris yang ingin belajar di luar negeri. Tes ini menguji kemampuan Membaca, Mendengarkan, Berbicara & Menulis.

Pertanyaan dalam tes ini sering kali menguji 2 keterampilan secara bersamaan, seperti mendengarkan dan membaca atau membaca dan berbicara. Keseluruhan tes dilakukan dalam satu sesi, berlangsung selama 3 jam, dan dilakukan sambil duduk di depan komputer. Bagian ujian berbicara dilakukan di komputer di mana suara kamu akan direkam dan dikirim untuk ditandai.

Salah satu keuntungan tes ini adalah kamu bisa mendapatkan hasilnya dengan sangat cepat, biasanya dalam waktu 48 jam setelah mengikuti tes.

Syarat Ikut Ujian Pearson Test of English

Umumnya, tidak ada persyaratan usia khusus untuk mengikuti ujian PTE. Namun, beberapa pusat tes mungkin memiliki kebijakan sendiri mengenai usia minimum peserta tes. Jadi, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan pusat tes tertentu tempat kamu akan mendaftar.

Peserta tes diharuskan menunjukkan dokumen identitas yang sah (paspor, KTP, dll.) pada hari ujian untuk memverifikasi identitas. Kamu juga harus mendaftar ujian PTE melalui situs resmi Pearson PTE atau pusat tes resmi. Prosedur pendaftaran berbeda-beda tergantung lokasi. Jadi, ikuti petunjuk yang diberikan oleh pusat tes sesuai lokasi.

Macam-macam Tes PTE

Pearson Test of English menawarkan dua jenis ujian yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan kemahiran bahasa yang berbeda. Sangat penting mengetahui jenis ujian PTE yang kamu ikuti supaya sesuai dengan kebutuhan.

PTE Academic adalah ujian yang paling populer dan diakui secara internasional. Ujian ini dirancang untuk pelajar dan individu yang ingin belajar di luar negeri, terutama di negara-negara berbahasa Inggris. Selain itu, ujian PTE Academic menilai kemahiran bahasa Inggris dalam keterampilan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara.

Ujian General PTE dirancang bagi siapa saja yang ingin menunjukkan kemahiran bahasa Inggris untuk tujuan imigrasi dan pekerjaan. Jenis tes ini cocok untuk individu yang ingin imigrasi ke negara-negara yang memerlukan kemampuan bahasa Inggris.

Struktur Soal Tes PTE

Ujian PTE dibagi menjadi beberapa bagian tes, masing-masing dirancang untuk menilai kemampuan bahasa tertentu. Memahami bagian-bagian tersebut sangat penting agar kamu dapat mempersiapkan diri secara efektif dan mengerjakan ujian dengan baik.

Bagian Berbicara dan Menulis

Durasi: 54-67 menit

Bagian ini adalah diujikan agar kamu dapat menunjukkan kemampuan komunikasi lisan dan tertulis. Selama tes, terdapat tujuh jenis pertanyaan berbeda. Read aloud adalah jenis pertanyaan untuk menunjukkan pengucapan dan kefasihan dengan membacakan bagian singkat dengan lantang.

Jenis pertanyaan lainnya yaitu, repeat sentence. Kamu akan mendengarkan sebuah kalimat dan menceritakan kembali kalimat tersebut secara akurat. Terdapat pula gambar yang ditampilkan di layar untuk menguji kemampuan dalam describe image. Sehingga, kamu harus mengartikulasikan deskripsi komprehensif tentang gambar yang ada pada layar.

Ada juga soal dengan tipe retell lecture. Soal ini meminta agar kamu meringkas penyampaian akademis metode ceramah, untuk menunjukkan kecakapan mendengarkan dan berbicara.

Bagian Membaca

Durasi: 29-30 menit

Bagian membaca mengevaluasi keterampilan pemahaman kamu melalui lima jenis pertanyaan berbeda. Terdapat soal yang meminta agar kamu memilih jawaban yang benar dari beberapa pilihan yang tersedia (pilihan ganda, 1 jawaban).

Ada juga jenis soal yang meminta agar kamu bisa mengidentifikasi semua jawaban yang benar dari daftar opsi (pilihan ganda, banyak jawaban). Terdapat pula soal dengan paragraf yang diacak. Tugas kamu adalah menyusun ulang paragraf tersebut agar membentuk bacaan yang koheren.

Fill in the blank, yaitu jenis soal dimana kamu harus melengkapi kata-kata yang hilang dalam teks tertentu. Tujuannya adalah untuk menguji kemahiran kosakata dan tata bahasa.

Bagian Mendengarkan

Durasi: 30-43 menit

Bagian mendengarkan mengukur kemampuan kamu untuk memahami bahasa Inggris lisan. Kamu harus mendengarkan rekaman audio dan merangkum secara tertulis.

Dalam sesi Listening juga terdapat soal-soal pilihan ganda. Tujuannya untuk menguji kemampuan mengidentifikasi jawaban yang benar dari serangkaian pilihan (pilihan ganda, 1 jawaban benar). Ada juga soal pilihan ganda dengan meminta memilih semua jawaban yang benar dari pilihan yang diberikan (pilihan ganda, banyak jawaban benar).

Kamu juga akan mendengarkan sebuah audio. Selanjutnya, kamu akan diminta mengisi bagian yang kosong, atau kata-kata yang hilang dari audio tersebut, dikenal sebagai soal fill in the blanks.

Penilaian PTE

Ujian PTE menggunakan skala penilaian yang berkisar antara 10 hingga 90. Setiap bagian ujian dinilai secara individual, dan skor keseluruhan adalah jumlah dari skor masing-masing bagian. Skala penilaian memastikan bahwa peserta tes menerima evaluasi keterampilan bahasa secara tepat dan konsisten. Skor tertinggi dalam ujian PTE Academic adalah 90.

Jika kamu gagal dalam ujian PTE (Pearson Test of English), berarti tidak mencapai nilai minimum yang disyaratkan untuk tingkat kemahiran yang kmu tuju. Namun kamu dapat mengikuti ujian lagi dan mengikuti ujian sebanyak yang kamu inginkan. Banyak pusat bahasa yang menyediakan Pearson test of English di Jakarta.

Baca Juga: Pilihan Kursus IELTS di Jakarta Barat

Mengapa Perlu Persiapan PTE Melalui Tempat Kursus?

Tes PTE mungkin menjadi salah satu tes yang menakutkan. Namun, ada beberapa cara terbaik untuk mempersiapkannya. Pertama, kamu harus memahami pola dan skor ujian PTE dengan benar. Format tes akan memberikan informasi yang akurat seputar soal dan penilaian tes tersebut. Kedua, kamu harus memiliki strategi studi PTE yang solid.

Nah, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan bergabung dalam kursus persiapan PTE yang profesional agar kamu dapat mempersiapkan diri dengan baik. Dengan kursus, kamu bisa dibimbing dengan para tutor berpengalaman yang bisa membantu kamu memahami setiap soal. Mereka juga bisa membantu kamu mengatasi masalah atau kelemahan kamu.

Sumber-sumber yang diberikan dalam kursus juga dapat membantu kamu menjawab semua soal dan memahami format soal tersebut. Jadi, pastikan kamu memilih kursus persiapan yang profesional dan terbaik.

Siap Ikut TES PTE di Jakarta?

Agar kamu bisa mengikuti Pearson test of English Jakarta dengan skor sesuai harapan, manfaatkan program PTE Preparation Class ICAN English. Sudah banyak pelajar yang mendapatkan skor memuaskan untuk mewujudkan mimpi kuliah atau bekerja di luar negeri, dan kamulah berikutnya!

ICAN English sendiri hadir di beberapa lokasi di Jakarta, tepatnya di Pluit, Kelapa Gading dan Taman Palem. Semua program di cabang ICAN English dibuat semaksimal mungkin dan dengan para tutor yang berpengalaman. Program-program ICAN English seperti General English Class, Business English, Conversation Class, Duolingo, IELTS Preparation, TOEFL iBT, SAT Preparation dan PTE Preparatiion tersedia di semua cabang ICAN English, terutama cabang-cabang di Jakarta.

Untuk kamu yang berada di sekitar Jakarta, kami juga hadir di Bintaro dan Gading Serpong, loh. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi tim kami di kontak resmi ICAN English dan kamu bsia berkonsultasi lebih lengkap seputar tes bahasa Inggris yang satu ini dan apa saja materi yang akan kamu pelajari di dalam tempat kursus.

Selain belajar di kelas, kamu bisa juga memilih untuk belajar secara online. Kami menghadirkan kelas online agar memudahkan siswa untuk mendapatkan materi yang sama di manapun mereka berada. Jadi, jangan ragu lagi untuuk memulai kelas persiapan PTE bersama ICAN English!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web