kursus persiapan toefl di bandung

Kursus Persiapan TOEFL di Bandung

Jika kamu berencana untuk belajar di luar negeri, khususnya di negara berbahasa Inggris, mengikuti TOEFL (Tes Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing) sering kali menjadi syarat wajib. Tes ini tidaklah mudah, bahkan penutur asli bahasa Inggris pun menganggap tes ini menantang. Itulah mengapa, kamu harus mengikuti kursus persiapan TOEFL di Bandung.

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) bertujuan untuk menilai kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris sehari-hari untuk kebutuhan pendidikan dan akreditasi profesional.

Mengapa Harus Kursus Persiapan TOEFL

Kursus persiapan TOEFL adalah tiketĀ untuk mahir berbahasa. Di kelas ini, kamu tidak hanya belajar memahami dasar-dasar bahasa Inggris; tetapi juga belajar memahami materi sesuai dalam soal-soal tes. Strategi persiapan TOEFL dirancang untuk membantu empat bagian tes: Membaca, Mendengarkan, Berbicara, dan Menulis.

Salah satu strategi persiapan paling efektif adalah terlibat dalam sesi belajar yang terfokus. Selama kursus, kamu akan mendedikasikan waktu belajar pada tiap bagian tes, tidak mengerjakan semuanya sekaligus.

Strategi lainnya adalah ketika latihan, lembaga kursus akan mengatur agar sesuai kondisi ujian asli. Kamu tidak hanya membiasakan diri dengan format tes, tetapi juga belajar mengatur waktu. Tutor akan memberikan evaluasi penting setiap selesai latihan. Sehingga, kamu jadi paham dimana letak kesalahan, dan merubah strategi menghadapi tes TOEFL resmi.

Menurut ETS, calon peserta tes yang aktif mengikuti kursus persiapan TOEFL secara terstruktur dapat meningkatkan skor cukup signifikan, sebesar 15-20 poin. Jadi, pentingnya persiapan TOEFL yang efektif dengan ikut kursus bukanlah langkah berlebihan, melainkan agar kamu bisa mencapai skor sesuai target kebutuhan.

Kursus Persiapan TOEFL di Bandung Belajar Apa?

Program pelatihan TOEFL di mana saja, termasuk di Bandung umumnya dibagi dalam tiga bagian: pemahaman mendengarkan, struktur dan ekspresi tertulis, dan pemahaman membaca. Kursus TOEFL dirancang untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan dan membaca, tips dan strategi menyelesaikan tes.

Kamu juga akan berlatih mengerjakan contoh soal ujian TOEFL di kelas dan di rumah. Bahkan, kamu akan belajar meningkatkan kosakata akademik untuk tes TOEFL. Menurut Educational Testing Service (ETS), organisasi yang menyelenggarakan TOEFL, peserta didik yang aktif mengikuti kursus persiapan TOEFL cenderung meningkatkan skor rata-rata 15-20 poin.

Strategi Persiapan TOEFL yang Efektif

Dalam persiapan TOEFL, tidak semua strategi diciptakan sama. Beberapa di antaranya sangat efektif, lainnya mungkin tidak. Salah satu strategi persiapan TOEFL yang paling efektif adalah mengikuti tes latihan. Tes-tes ini tidak hanya membiasakan kamu agar paham format tes, tetapi juga membantu mengukur kekuatan dan kelemahan.

Strategi penting lainnya dalam persiapan TOEFL adalah sesi belajar terfokus. Daripada mencoba belajar semua bagian sekaligus, berikan waktu tertentu untuk mengupas setiap materi. Hal ini memungkinkan pemahaman lebih mendalam dan retensi materi lebih baik.

Setelah setiap tes latihan atau sesi belajar, tinjau kinerja personal. Identifikasi pertanyaan yang salah dan pahami alasan di balik jawaban yang benar. Hal ini penting untuk menyempurnakan strategi persiapan TOEFL.

Kesalahan dalam Persiapan TOEFL

Salah satu strategi umum tetapi tidak efektif adalah belajar ngebut. Cara ini mungkin membantu kamu dalam mengingat beberapa detail materi, namun tidak akan memberikan pemahaman mendalam dalam tes TOEFL.

Kesalahan lainnya adalah menyembunyikan kelemahan ketika kamu sudah menyadarinya. Misalnya, kalau kamu lemah dalam tes listening, kamu harus segera mengatasinya secara langsung dengan gabung di kelas persiapan TOEFL.

Kapan Harus Daftar Kursus Persiapan TOEFL di Bandung?

Jawabannya tergantung pada tingkat bakat dalam bahasa Inggris. Kamu disarankan untuk mengikuti tes tiruan TOEFL terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mengukur seberapa jauh dalam mencapai skor target.

Jika sudah mahir dengan teknis dan penggunaan bahasa, termasuk memiliki pengetahuan tata bahasa, kosa kata, mendengarkan dengan penuh perhatian dan berbicara dengan lancar, maka kamu sudah mempunyai modal cukup baik. Selanjutnya, kamu bisa mengambil kursus intensif selama 1 bulan sebelum hari H tes resmi.

Sedangkan jika kamu adalah seseorang yang perlu menguasai dasar-dasar bahasa, disarankan memulai persiapan jauh-jauh hari. Semakin cepat memulai latihan, semakin baik hasilnya. Idealnya, seseorang harus memulai persiapan TOEFL setidaknya 2 hingga 3 bulan sebelum ujian resmi.

Baca Juga:
Kursus Bahasa Inggris di Bandung Terbaik Kelas TOEFL

Rekomendasi Kursus TOEFL Preparation Class Terbaik

TOEFL adalah salah satu tes penilaian bahasa Inggris yang paling populer dan diterima secara luas di bidang pendidikan asing. Tes ini membantu untuk menunjukkan bahwa kamu sudah memenuhi kualifikasi bahasa untuk bekerja di perusahaan tertentu, melanjutkan studi di universitas internasional, atau menjadi imigran di negara berbahasa Inggris.

Agar kamu bisa mendapatkan hasil optimal, mulai tngkatkan kemampuan mengerjakan tes TOEFL dengan daftar di ICAN English. Program TOEFL Preparation Class sudah membantu banyak pelajar, dan sekarang adalah giliran kamu!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi