tips latihan listening toefl dan jawabannya

Tips Latihan Listening TOEFL dan Jawabannya

Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan materi listening yang diujikan pada tes TOEFL. Materi listening ini umumnya akan berisi percakapan dua orang atau lebih mengenai sesuatu. Kamu sebagai peserta tes TOEFL diwajibkan mendengarkan dengan sesksama dan menjawab pertanyaaan yang dituturkan oleh penutur.

Namun tak jarang, Kamu akan mengalami kesulitan ketika menghadapi materi listening ini. Artikel kali ini akan membahas mengenai tips latihan listening TOEFL dan jawabannya sehingga dapat mempermudah Kamu dalam mengahdapi tes listening TOEFL nantinya.

Tips Menghadapi Listening TOEFL

Bagian listening dalam tes TOEFL akan menjadi bagian sulit untuk Kamu apabila Kamu tidak terbiasa mendengar percakapan dalam Bahasa Inggris. Apalagi percakapan tersebut akan berlangsung dengan tempo yang cukup cepat tanpa bisa Kamu dengarkan dengan cara diperlambat.

Untuk menghalau kesulitan tersebut, berikut beberapa tips menghadapi listening TOEFL yang bisa Kamu terapkan.

Bagian A

Bagian pertama ini terdiri dari 30 percakapan singkat antara dua orang yang masing-masing diakhiri dengan satu pertanyaan yang harus dijawab dengan pilihan jawaban yang benar (a, b, c, d). Bagian A ini terdiri dari 30 pertanyaan.

Tips yang bisa Kamu terapkan ketika menjumpai bagian ini adalah sebagai berikut:

  1. fokus pada pembicara kedua
  2. Jangan panik kata demi kata. Ambil ide dan percakapan.
  3. Jika Kamu sama sekali tidak mengerti apa yang dikatakan pembicara kedua, pilihlah jawaban yang paling berbeda dari apa yang Kamu dengar.
  4. Memahami ekspresi fungsional (setuju, ketidakpastian, saran, kejutan), ekspresi idiomatik, dan bentuk sikap selama percakapan.

Baca Juga:
Kursus Persiapan TOEFL di Bandung

Bagian B

Bagian kedua terdiri dari dua percakapan panjang antara dua orang, masing-masing diikuti oleh beberapa pertanyaan. Bagian B biasanya terdiri dari 7-8 pertanyaan.

Tips yang bisa Kamu terapkan ketika menjumpai bagian ini adalah sebagai berikut:

  1. Harap perhatikan semua pertanyaan.
  2. Saat mendengarkan percakapan, Kamu harus memahami topik/topik yang sedang dibahas.
  3. Perhatikan situasi dan situasi yang muncul selama percakapan. Biasanya berhubungan dengan kapan, dimana, apa dan siapa yang berbicara.

Bagian C

Bagian terakhir ini terdiri dari tiga pidato panjang (pembicaraan) dan hanya mencakup satu orang (monolog). Beberapa pertanyaan mengikuti setiap kata. Bagian C biasanya terdiri dari pertanyaan 7-11.

Tips yang bisa Kamu terapkan ketika menjumpai bagian ini adalah sebagai berikut:

  1. Jika ada waktu, carilah kata kunci pada pilihan jawaban yang tersedia pada lembar soal.
  2. Perhatikan dialog pada kalimat pertama, karena akan menjadi subjek kalimat berikutnya.
  3. Berkonsentrasilah pada pendengaran Kamu, perhatikan apa yang terkait dengan 5W 1H.
  4. menarik kesimpulan tentang situasi yang muncul selama percakapan

Baca Juga:
Trik Mudah Mengerjakan Tes TOEFL, Bisa di Praktikkan!

Sukses Menghadapi Listening Tes TOEFL

Kamu telah mengetahui beberapa bagian yang ada pada tes listening TOEFL. Tentunya Kamu tahu apa yang harus Kamu lakukan selanjutnya. Kamu dapat melakukan latihan listening TOEFL dan jawabannya untuk mempersiapkan diri.

Tempat untuk bisa melakukan latihan TOEFL dan mengasah kemampuan bahasa Inggris Inggris kamu supaya bisa semakin meningkat adalah di ICAN English. Tempat kursus persiapan TOEFL dengan berbagai kurikulum yang disesuaikan dengan siswanya dan juga dengan biaya yang berstandar.

Kamu dapat memaksimalkan waktu sebelum hari h tes TOEFL dengan belajar listening melalui video-video dengan percakapan Bahasa Inggris, seperti nonton film misalnya. Dengan Kamu terbiasa mendengarkan percakapan dalam Bahasa Inggris, ketika menghadapi listening TOEFL Kamu tidak akan lagi merasa kesulitan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web