Latihan reading bahasa Inggris

Latihan Reading Bahasa Inggris

Feb 21, 2022 | Bahasa Inggris

Membaca adalah salah satu aktivitas menyenangkan jika dilakukan dalam bahasa yang mudah dipahami. Bagi kamu yang tertarik untuk meningkatkan kualitas bahasa Inggris, maka membaca atau reading menjadi salah satu kegiatan yang harus dipelajari. Latihan reading bahasa Inggris perlu dilakukan sebagi bagian dari belajar.

Ketika mempelajari reading dalam bahasa Inggris, biasanya  para pemula merasa kesulitan karena teks memiliki bahasa asing. Namun, demi meningkatkan kualitas bahasa Inggris kamu tersebut harus dilakukan. Perlahan-lahan, kamu akan memahami penggunaan teks dalam bahasa Inggris.

Jika kamu sering menghafalkan berbagai macam kosakata, nantinya kegiatan membaca atau reading bukan sesuatu hal yang asing lagi. Sangat penting latihan reading bahasa Inggris bagi para pemula, agar terbiasa dengan berbagai macam kosakata dalam sebuah teks.

Baca Juga: SOAL DAN JAWABAN TOEFL READING

Tips Belajar Reading Bahasa Inggris

Untuk memperlancar reading dalam bahasa Inggris, kamu bisa mencoba menggunakan beberapa tips berikut.

Pikirkan Bahwa Reading itu Mudah

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menanamkan dalam pikiran bahwa belajar reading  bahasa Inggris adalah sesuatu hal yang mudah. Dengan pemikiran seperti itu maka motivasi dapat mempengaruhi dan menentukan Bagaimana cara memulai proses pembelajaran. 

Sebelum belajar reading,  kamu harus menyukai kegiatan membaca terlebih dahulu. Sebab bagi beberapa orang yang kurang suka membaca, reading adalah salah satu kegiatan yang kurang menarik dan membosankan. Jadi intinya, kamu harus memiliki pandangan positif terlebih dahulu untuk pembelajaran reading bahasa Inggris. 

Pilih Bacaan Tepat

Selanjutnya kamu harus memilih pembacaan yang tepat dan sesuai dengan kemampuan. Jadi belajar reading ini tidak hanya asal membaca teks bahasa Inggris ya, sebab kamu bisa memilih jenis buku yang sesuai dengan minat. Misalnya, Kamu adalah seseorang yang suka membaca buku-buku fiksi, maka kamu bisa membeli buku fiksi yang menggunakan bahasa Inggris agar minat membaca semakin meningkat. 

Jika kamu memilih buku yang level bacaannya terlalu sulit bahkan penggunaan bahasa Inggris menggunakan bacaan Advance yang kurang dimengerti, maka akan sulit untuk belajar bahasa Inggris. 

Untuk memilih buku bahasa Inggris kamu bisa mencoba membaca subpoint pada halaman pertama dengan cepat. Jika mampu menangkap isi dari buku bacaan tersebut, maka bisa diambil untuk belajar reading.

Tentukan Tempat dan Waktu Belajar

Selanjutnya kamu juga bisa menentukan tempat dan waktu belajar reading bahasa Inggris. Menentukan tempat dan waktu khusus untuk belajar bahasa Inggris bisa membuat kamu lebih fokus dan tidak terganggu. Coba buat jadwal reading text bahasa Inggris dan lakukan secara konsisten setiap hari. 

Misalnya, setiap hari kamu menyisakan waktu 30 menit sampai 1 jam untuk reading bahasa Inggris. Lakukan hal tersebut Setiap hari secara konsisten agar kamu lebih menguasai reading bahasa Inggris dengan cepat. 

Pakai Teknik Skimming

Sudah pernah mendengar tentang teknik skimming? Kamu dapat menggunakan teknik tersebut untuk belajar reading bahasa Inggris. Nantinya kamu bisa memahami bacaan tersebut dengan cepat. Namun biasanya teknik ini digunakan bagi beberapa orang yang sudah menguasai kosakata dalam bahasa Inggris.

Jadi teknik skimming ini dilakukan untuk memahami makna secara keseluruhan dari bacaan tersebut. Jika kamu belajar bahasa Inggris belajar dan membaca banyak teks, sebaiknya melakukan teknik skimming dengan membaca judul , subpoin, dan paragraf pertama untuk mendapatkan ide utama dari teks tersebut. Tetapi, kamu juga bisa mencoba membaca ringkasan dalam buku tersebut loh.

Baca Juga: TIPS MENJAWAB SOAL READING TOEFL

Cara Mudah Belajar Reading Bahasa Inggris untuk Pemula

Jika kamu tertarik untuk belajar bahasa Inggris dengan menguasai reading, kamu bisa bergabung dengan ICAN English yang akan membantu proses belajar tersebut menjadi lebih mudah. Kami merupakan salah satu tempat kursus bahasa Inggris terbaik yang akan membantu kamu untuk mendapatkan metode belajar cepat dan menyenangkan.

Nah, berikut ini beberapa cara mudah yang dapat dicoba untuk belajar reading bahasa Inggris.

Biasakan Membaca Kalimat Pendek

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah sering membaca kalimat-kalimat pendek atau sederhana dalam bahasa Inggris. Pertama kali belajar reading bahasa Inggris jangan terlalu memaksakan diri dengan membaca teks yang terlalu panjang. Jika kamu memaksakan hal tersebut, maka bisa membuat cepat bosan. 

Belajar dapat dimulai dari tingkatan paling rendah, layaknya kecil dulu. Secara tidak langsung kamu pasti sudah belajar membaca, tetapi untuk mengenal huruf terlebih dahulu. Sesuatu yang besar bisa diawali dengan hal-hal yang sederhana. Paling penting adalah usaha dari sesuatu yang kecil tersebut bisa menjadi hal besar. 

Selalu Terjemahkan Kalimat dengan Bahasa Inggris

Tips selanjutnya kamu bisa Menerjemahkan kalimat dengan bahasa Inggris. Jadi apapun bacaan yang kamu gunakan dalam bahasa Inggris, pastikan selalu menerjemahkan dalam bahasa Indonesia ya. Tersebut bisa membantu kamu untuk memahami isi bacaan dengan baik.

Tidak hanya itu, tetapi kamu juga bisa menguasai dan memperbanyak kosakata dalam bahasa Inggris. Ada banyak teks yang bisa kamu dapatkan, bisa dari majalah bahasa Inggris, buku fiksi, koran, dan lain sebagainya.

Dengan beberapa tips tersebut bisa membantu para pemula terbiasa dengan latihan reading bahasa Inggris. Hal penting dalam belajar reading bahasa Inggris adalah rutin membaca teks dalam bahasa Inggris beserta artinya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Mempelajari grammar mungkin adalah sesuatu yang sulit bagi sebagian besar orang. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara mudah mempelajari grammar yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti cara tersebut, maka pengalaman belajar grammar akan lebih mudah. Fakta bahwa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH