Soal dan jawaban TOEFL reading

Soal Dan Jawaban Toefl Reading

Feb 25, 2022 | TOEFL

Soal dan jawaban TOEFL reading bisa kamu pelajari, baik dari buku latihan persiapan TOEFL atau di internet secara gratis. TOEFL reading merupakan bagian terakhir dari semua bagian paling panjang, mempunyai durasi waktu paling lama.

Alokasi waktu tersebut dikarenakan banyak bahan bacaan yang harus kamu baca terlebih dahulu. Walaupun alokasi waktu cukup lama, kamu sebaiknya belajar menerapkan proses baca cepat dan sekilas. Teknik baca ini membutuhkan latihan khusus, karena kamu hanya fokus pada beberapa bagian penting dari semua isi paragraf yang berkaitan dengan pertanyaan.

Baca Juga: TIPS MENJAWAB SOAL READING TOEFL

Seperti Apa TOEFL Reading

Dalam sesi reading, kamu akan dihadapkan dengan berbagai bacaan yang punya tema atau topik bervariasi. Walaupun demikian, kamu tidak akan diuji tentang pengetahuan pada topik tersebut. Akan tetapi, kamu akan diuji tentang kemampuan reading.

Tentu saja, semua jawaban sudah ada dalam bacaan, baik eksplisit atau implisit. Ketika mengerjakan soal reading, kamu akan dihadapkan beberapa pertanyaan seperti topik bacaan, ide pokok, kosa kata, rincian, kesimpulan, penyamaan dengan objek, serta pengecualian.

Itulah mengapa, kamu harus membuat persiapan secara matang ketika menghadapi tes reading dengan baca Bahasa Inggris pada bidang apapun walaupun kamu tidak berminat.

Beberapa pertanyaan yang sering muncul dalam pembahasan soal dan jawaban TOEFL reading, yaitu topik, tema, serta ide utama paragraf. Mempunyai teknik membaca secara baik adalah hal mutlak yang sangat dibutuhkan dalam mengerjakan TOEFL reading.

Teknik pertama merupakan teknik skimming, membaca cepat guna mencari ide pokok maupun isi bacaan pada umumnya. Sementara pada teknik scanning yaitu membaca cepat sebuah teks dengan tujuan menemukan informasi tertentu. Ini merupakan bagian termudah karena semua jawaban sudah ada di dalam teks.

Baca Juga: TIPS MENGERJAKAN LATIHAN SOAL IELTS ONLINE

Cara Jawab Soal-Soal TOEFL Reading

Ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan jika ingin menyelesaikan soal dan jawaban TOEFL reading secara cepat dan tepat. Selain itu, kamu juga bisa bergabung dalam kelas persiapan TOEFL agar mendapatkan tips dan soal yang akurat. Berikut beberapa cara jawab soal TOEFL reading yang bisa kamu gunakan:

1. Atur Waktu

Tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat. Membaca terburu-buru membuat kamu tidak fokus, sehingga harus mengulang bacaan dan membuang waktu. Terlalu lambat membaca membuat waktu cepat habis.

2. Lihat Pertanyaan

Sebisa mungkin fokus, tetapi sempatkan untuk melihat pertanyaan. Baca skimming pertanyaan, tidak harus detil. Dengan melihat pertanyaan sekilas, kamu jadi tahu poin penting dari narasi yang sudah kamu baca.

3. Tidak Ragu Menjawab

Tidak ada peraturan yang melarang membuat catatan kecil ketika sedang membaca. Menggores catatan juga akan menambah daya ingat terkait poin penting dalam bacaan. Buat simbol untuk mempersingkat waktu, seperti garis bawah pada poin penting.

4. Pahami Paragraf Secara Menyeluruh

Kalau soal narasi terasa sulit, karena topiknya sangat asing, tidak perlu harus mengulang-ulang bacaan karena akan membuang waktu. Bahan bacaan tes TOEFL selalu acak, dengan vocabulary yang tidak familiar. Dalam kondisi ini, baca dengan pahami paragraf seccara menyeluruh. Temukan inti utama dan cocokkan dengan pertanyaan.

5. Sering Latihan

Pakai stopwatch untuk latihan membaca sebuah narasi atau artikel. Catat waktu yang kamu butuhkan untuk memahami narasi, dengan topik yang kamu tahu dan yang sangat asing. Minta bantuan keluarga untuk menyimak progres ketika berlatih membaca soal dan jawaban TOEFL reading. Semakin banyak berlatih, semakin kenal berbagai macam topik dan membuat kamu terbiasa menjawab soal reading.

Itulah informasi lengkap tentang bagaimana cara mengerjakan soal Reading dalam tes TOEFL. Dengan cara ini, maka kamu bisa mengerjakan soal dengan lancar.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Apa Perbedaan TOEFL ITP dan PBT?

Apa Perbedaan TOEFL ITP dan PBT?

Sebagian besar universitas di Amerika membutuhkan skor TOEFL ITP atau PBT dari siswa internasional. Namun, sebenarnya apa perbedaan dari TOEFL ITP dan PBT tersebut? TOEFL ITP adalah ujian yang serupa, tetapi tidak identik, dengan TOEFL iBT. Tes ini sendiri memiliki...

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Persiapan TOEFL

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Persiapan TOEFL

TOEFL adalah salah satu tes penilaian bahasa Inggris yang paling populer dan diterima secara luas di dunia pendidikan asing. Tes ini akan membuktikan bahwa kamu memiliki keterampilan bahasa Inggris yang maksimal. Belajar bahasa Inggris persiapan TOEFL perlu dilakukan...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH