Latihan soal IELTS dan pembahasan

Latihan Soal IELTS dan Pembahasan

Mar 16, 2022 | IELTS

Belajar mengerjakan latihan soal IELTS dan pembahasan adalah salah satu hal yang harus kamu lakukan ketika punya rencana daftar IELTS dalam beberapa bulan ke depan. IELTS adalah International English Language Testing System.

Tes ini sangat penting untuk kamu ikuti jika ingin menguji kemampuan Bahasa Inggris sebagai non-native speaker. Hampir seluruh perguruan tinggi di luar negeri menggunakan sertifikat tes TOEFL sebagai syarat wajib pendaftaran untuk memenuhi persyaratan kemampuan bahasa.

Baca Juga: TIPS MENGERJAKAN LATIHAN SOAL IELTS ONLINE

Format Tes Soal IELTS

Sebelum kamu mencari berbagai sumber referensi latihan soal IELTS dan pembahasan, maka kamu perlu tahu bahwa IELTS mempunyai empat sesi yang diujikan yaitu listening section, reading section, speaking section, dan writing section. ICAN English menjadi salah satu lembaga belajar yang menyediakan kursus persiapan IELTS di mana kamu akan belajar dengan para tutor yang berpengalaman. Berikut penjelasan terkait empat sesi tersebut sebagaimana berikut:

1. Listening

Tes IELTS listening section merupakan sesi untuk menguji kemampuan mendengarkan masing-masing peserta ujian. Penguji akan memutar empat rekaman berbeda dan kamu harus menyelesaikan soal. Rekaman tersebut merupakan rekaman dari native-speaker, berupa dialog dengan sesi listening selama 30 menit.

2. Reading

Tes IELTS reading section menyediakan hingga 40 soal untuk menguji kemampuan membaca. Agar kamu bisa melalui sesi tersebut secara baik, maka kamu harus membaca inti, ide pokok, detail, juga argumen logis pada tulisan dan mencari informasi pendapat, sikap, serta niat penulis. Waktu menyelesaikan soal ini yaitu 60 menit sesuai tingkat kesulitan.

3. Writing

Pada writing section, tes IELTS yang harus kamu ikuti yaitu sesi untuk menguji kemampuan menulis. Kamu harus membuat dua esai dengan dua topik berbeda yang sudah dipersiapkan oleh pengawas. Waktu yang kamu miliki yaitu 60 menit, sesuai tingkat kesulitan.

4. Speaking

Speaking section menguji kemampuan berbicara tiap-tiap peserta. Pada sesi tersebut, kamu harus berhadapan dengan native speaker Bahasa Inggris. penguji akan memberikan pertanyaan dan kamu harus menjawab semua pertanyaan tersebut selama 15 menit.

Walaupun terdengar mengerikan, sesi tersebut bisa kamu lewati secara mudah apabila kamu punya banyak kosakata Bahasa Inggris. Setelah semua sesi selesai, kamu akan memperoleh hasil tes dengan nilai 1-9. Semakin besar nilainya, maka semakin besar kemampuan yang kamu miliki.

Baca Juga: TRIK BELAJAR TOEFL DAN IELTS

Dimana Harus Ikut Tes IELTS?

Meskipun kamu bisa mengikuti kelas persiapan yang menawarkan latihan soal IELTS dan pembahasan dari tutor profesional, hanya beberapa lembaga saja yang bisa menyelenggarakan tes IELTS resmi.

Contoh, kamu bisa daftar di IDP, IALF, atau British Council sebagai pengelola tes tersebut. Seluruh lembaga tersebut dapat kamu temukan di seluruh Indonesia yang menawarkan tes IELTS. Beberapa kota yang bisa kamu tuju yaitu Jakarta, Bandung, Bogor, Batam, Denpasar, Depok, Makassar, Kupang, Jayapura, Medan, Malang, serta kota-kota besar lainnya termasuk Tangerang, Solo, Surabaya, Pare, Yogyakarta, dan Pekanbaru.

Biaya yang harus kamu keluarkan untuk mengikuti tes resmi IELTS lebih mahal jika kamu bandingkan dengan biaya tes TOEFL. Tes IELTS bisa kamu ikuti dengan biaya mulai 2,8 juta sampai 3 juta rupiah. Sertifikat bisa kamu gunakan untuk memenuhi syarat bekerja atau studi dengan masa berlaku dua tahun.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

3 Cara Efektif Mendapatkan Skor IELTS 7

3 Cara Efektif Mendapatkan Skor IELTS 7

IELTS atau International English Testing System merupakan salah satu tes untuk mengukur tingkat kemampuan bahasa inggris seseorang. Tes ini memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Sehingga, tak heran banyak orang yang ingin mengetahui cara mendapatkan IELTS...

Kesalahan Saat Latihan Tes IELTS, Wajib Dihindari!

Kesalahan Saat Latihan Tes IELTS, Wajib Dihindari!

International English Language Testing System atau IELTS adalah tes bahasa Inggris menggunakan standar internasional dan sudah ada sejak 1989. IELTS dibagi menjadi 3 versi, seperti IELTS Academic, di mana tes tersebut digunakan untuk melanjutkan pendidikan universitas...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH