Pilihan Kursus Persiapan IELTS di Batam

Pilihan Kursus Persiapan IELTS di Batam

Merencanakan kursus persiapan IELTS di Batam menunjukkan tingkat keseriusan diri. IELTS pada dasarnya adalah tes bahasa Inggris, sehingga semakin tinggi level bahasa Inggris, maka seharusnya semakin tinggi skor yang kamu peroleh. Mempelajari keterampilan IELTS dan melakukan tes latihan saja tidak akan cukup jika tingkat bahasa Inggris belum cukup tinggi.

Apa Itu Kursus Persiapan IELTS?

Kursus IELTS akan mempersiapkan kamu untuk mengikuti tes IELTS Akademik dengan percaya diri. Kamu akan memiliki akses langsung kemateri latihan interaktif yang mencakup empat keterampilan: mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.

Dalam kursus persiapan IELTS, kamu akan mempelajari tentang prosedur dan format tes, strategi dan keterampilan mengerjakan tes, mengembangkan keterampilan membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara bahasa Inggris.

Perbedaan Tes IELTS dan TOEFL

Kamu harus mengikuti tes TOEFL atau IELTS Academic jika ingin belajar di universitas. Nilai yang diterima bervariasi dari satu institusi ke institusi lain. Jadi, pastikan kamu mengetahui berapa skor yang kamu perlukan sebelum ujian. Skor kedua tes tersebut juga berlaku selama dua tahun. Sebaiknya, kamu tidak mengikuti tes terlalu dini.

Secara struktural, kedua tes memiliki 4 bagian untuk menguji suatu keterampilan (membaca, menulis, berbicara atau mendengarkan). Banyak yang mengatakan tes IELTS terasa lebih nyata karena adanya kontak manusia dalam berbicara dan kurangnya kontak komputer. Namun ada pula yang lebih suka pendekatan berbasis komputer TOEFL.

Writing Section

Baik tes IELTS maupun TOEFL, keduanya memiliki esai tradisional (opini/diskursif) sebagai tugas menulis. Selain metode penyampaiannya (berbasis komputer vs kertas) dan fakta bahwa TOEFL memiliki pertanyaan keterampilan lebih terintegrasi, perbedaan terbesar lainnya ada pada bagian berbicara.

Speaking Section

Speaking TOEFL direkam melalui mikrofon. Siswa harus memberikan pendapat, menafsirkan/meringkas informasi dari sumber lain. Sebaliknya, tes Speaking IELTS mengharuskan siswa untuk berbicara langsung dengan penguji.

Hal ini menakutkan, karena ruangan tersebut sering kali memiliki kamera dan penguji yang dapat leluasa berinteraksi. Inilah alasan mengapa banyak siswa di memilih untuk mendaftar kursus persiapan IELTS di Batam.

Reading Section

Bagian membaca dalam tes TOEFL biasanya terdiri dari 3-5 teks bacaan yang akan diikuti dengan pertanyaan pilihan ganda. Namun, dalam IELTS, kamu akan mendapatkan 3 teks bacaan dengan beberapa tipe pertanyaan yang berbeda.

Listening Section

Perbedaan lain antara tes ini adalah aksen dan dialek. TOEFL adalah 100% bahasa Inggris Amerika. Jadi, jika kamu tumbuh, menonton film dan serial Amerika, kamu pasti akrab dengan aksen, ritme, intonasi, dan pola tekanan. Namun, IELTS menggunakan serangkaian aksen standar berbeda, termasuk Inggris, Australia, dan Amerika Utara.

Bahasa Inggris British dan aksennya adalah yang paling umum dalam tes pendengaran IELTS. Mengikuti tes Listening IELTS membuat siswa lebih terpapar pada aksen lebih luas dibandingkan tes ListeningTOEFL. Listening IELTS menawarkan lebih banyak pengalaman linguistik yang berguna dalam karir atau lingkungan akademis siswa di masa depan.

Baca Juga:
Kursus Persiapan IELTS Online

Panduan Mengikuti Kursus IELTS

Jika mengikuti IELTS jarak jauh di rumah atau di tempat lain, kamu harus mengetahui lebih lanjut tentang pengaturan dan persyaratan tes. Sebelum hari tes, periksa waktu mulai tes IELTS dan cari cara tiba di pusat tes tepat waktu. Jika datang terlambat ke lokasi ujian IELTS, kamu mungkin tidak diizinkan untuk berpartisipasi.

Ketika sudah sampai di lokasi ujian, pastikan kamu telah membaca dan memahami syarat dan ketentuan tes IELTS. Semua informasi tersebut sangat penting. Informasi ini dapat kamu pelajari di bagian Informasi Peserta Tes pada formulir pendaftaran.

Matikan ponsel dan perangkat elektronik yang kamu bawa. Barang-barang ini akan disimpan di luar ruang ujian bersama dengan barang-barang pribadi lainnya. Kamu tidak boleh membawa makanan atau minuman ke dalam ruang ujian – kecuali air dalam botol transparan.

Tes Mendengarkan, Membaca dan Menulis memakan waktu 2 jam 40 menit. Harap dicatat bahwa tidak akan ada istirahat selama tes. Staf IELTS akan memeriksa identitas kamu pada saat kedatangan, dokumen yang kamu terima saat mendaftar tes digunakan untuk konfirmasi identitas. Jika datang tanpa kartu identitas, kamu tidak dapat mengikuti tes.

Staf IELTS akan mengambil foto sebelum kamu mengikuti tes. Foto ini digunakan untuk formulir laporan ujian. Kamu mungkin juga diminta untuk memberikan pemindaian jari.

Baca Juga:
Kursus Persiapan IELTS di Samarinda

Aturan Selama Ujian IELTS

Selama mengikuti ujian IELTS, kamu hanya diperbolehkan menggunakan pensil, pena, tanda pengenal, dan penghapus di meja sendiri. Jika perlu menggunakan toilet selama ujian, angkat tangan untuk menarik perhatian pengawas dan tidak mengganggu peserta ujian lainnya. Angkat tangan untuk menarik perhatian pengawas jika ingin bertanya pada saat ujian.

Jika tiba waktunya untuk mengikuti tes Listening, pastikan kamu dapat mendengar rekamannya dengan jelas. Jika tidak bisa, angkat tangan dan informasikan kepada pengawas. Setelah bagian Listening, kamu memiliki waktu 10 menit untuk mengisi lembar jawaban. Namun, waktu tambahan 10 menit tersebut tidak berlaku untuk sesi setelah Reading. Sehingga, kamu harus langsung menjawab di lembar jawaban.

Panduan di Akhir Tes IELTS

Tetap berada di tempat duduk sampai kamu mendapat izin dari pengawas untuk meninggalkan ruang ujian.Jika terdapat masalah yang mempengaruhi kinerja, segera beri tahu pengawas. Jika ingin mengajukan keluhan tentang hari ujian tersebut, kamu harus melakukannya sesegera mungkin dengan mengisi Formulir Pengaduan.

Ikuti semua instruksi dengan hati-hati dan ingat bahwa di bagian Tes Writing, kamu akan diminta untuk menulis sejumlah kata tertentu. Beberapa pertanyaan memiliki batasan waktu. Pastikan kamu memiliki cukup waktu untuk menjawab setiap pertanyaan. Tetap tenang dan tarik napas dalam-dalam jika kamu merasa gugup atau khawatir.

Tips Mempersiapkan Tes IELTS

Untuk mendapatkan skor IELTS yang maksimal, maka ada beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan, seperti misalnya:

Biasakan Diri dengan Tes Ini

Kenali tes tersebut, mulai dari format tes hingga bagian tes dan jenis pertanyaan yang diharapkan. Setelah memahami format tes dan jenis pertanyaan, persiapkan hari tes dengan melakukan tes latihan IELTS.

Kamu perlu mengetahui apa itu IELTS, keterampilan yang diuji, dan apa arti hasil IELTS. Setelah memperoleh lebih banyak pengetahuan tentang IELTS, kamu harus memutuskan tes mana yang terbaik untuk kamu.

Pelajari Jenis Pertanyaan IELTS

Tes IELTS Akademik dan General Training terdiri dari 4 bagian tes, Mendengarkan, Membaca, Menulis dan Berbicara. Jenis pertanyaan di setiap bagian tes berbeda-beda.

Kenali jenis pertanyaan yang mungkin ditemui di setiap bagian tes, dan waktu yang diberikan untuk menyelesaikan tes Mendengar, Membaca, Menulis, dan Berbicara. Unduh tes latihan gratis untuk membiasakan diri dengan berbagai jenis pertanyaan.

Pahami Skor Band

Hasil IELTS dilaporkan sebagai skor band, yang berskala dari band 0 hingga band 9. Setiap skor band sesuai dengan tingkat kompetensi dalam bahasa Inggris. Kamu akan menerima skor band keseluruhan serta skor band individu untuk setiap bagian tes. Skor band dilaporkan dalam keseluruhan dan setengah, mis. 7.0, 8.5.

Manfaat Kelas Persiapan IELTS di Batam

Mengikuti ujian cukup sulit, tanpa harus mengkhawatirkan berapa banyak bagian yang ada, berapa lama, apa saja jenis soal yang berbeda, dan lainnya.

Kursus persiapan IELTS biasanya menawarkan persiapan dan latihan untuk IELTS dan semuanya diajarkan oleh guru IELTS yang berkualifikasi dan berpengalaman. Pada setiap kursus kamu akan mendapatkan:

  • Tips dan strategi untuk membantu Anda dalam ujian
  • Memahami format ujian
  • Mendapatkan kesempatan melakukan latihan menulis untuk kedua bagian ujian menulis, dan mendapatkan masukan dari guru
  • Memiliki kesempatan untuk mempraktikkan semua bagian ujian yang berbeda
  • Mempelajari kosakata dan tata bahasa

Menyelesaikan satu kursus saja memang belum tentu memberikan skor yang lebih tinggi, karena skor yang lebih baik memerlukan keterampilan bahasa yang lebih baik, yang hanya dapat diperoleh seiring berjalannya waktu.

Pilihan Kelas Persiapan IELTS di Batam

Pada saat tes IELTS resmi semakin dekat, kamu mungkin akan merasa gugup dan takut gagal menghadapinya. Sebelum semuanya terlambat dan semua perjuangan kamu sia-sia, persiapkan diri dengan lebih sempurna bersama ICAN English di kelas IELTS Preparation Program.

Kursus persiapan IELTS di Batam ini dirancang agar kamu mendapatkan ruang belajar yang intensif, dibawah bimbingan tutor bersertifikat. Selama ikut kursus, kamu tidak hanya mendapatkan simulasi mengerjakan soal-soal IELTS sesuai aturan. Tetapi, kamu juga akan belajar berbagai strategi untuk menjawab soal dengan sukses!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi