Lebih Penting Grammar Atau Speaking

Lebih Penting Grammar Atau Speaking

Ketika ingin belajar bahasa Inggris, baik itu untuk mengingat kembali atau baru akan belajar dari nol, kamu akan dihadapkan pada dilema: lebih penting grammar atau speaking?

Ada banyak metode yang dipelajari dalam pembelajaran bahasa Inggris. Meskipun berbeda, tujuannya tetap sama, yaitu bisa berbicara dalam bahasa Inggris. Namun, sering terjadi “perdebatan” antara tata bahasa atau berbicara, setidaknya menurut pengalaman pribadi dalam komunitas bahasa Inggris.

Benefit Belajar Speaking dan Grammar

Sebelum menjawab tentang lebih penting Grammar atau Speaking, berikut adalah benefit dengan mempelajari keduanya dalam Bahasa Inggris:

Belajar Speaking Dulu Sebelum Grammar

Speaking sangat penting karena kamu jadi bisa menggunakan bahasa Inggris setidaknya dalam penggunaan sehari-hari. “Masalah” baru muncul ketika sesi menulis. Speaking berarti berbicara. Artinya, apa pun yang dikatakan dalam berkomunikasi bahasa Inggris adalah Speaking. Kamu pasti akan kesulitan jika jarang atau tidak pernah berlatih berbicara dalam bahasa Inggris.

Jika Speaking dulu sebelum belajar grammar, keuntungannya adalah kamu akan memiliki kekuatan mental untuk memulai dan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Dengan latihan berbicara, biasanya orang bisa menyelipkan Bahasa Indonesia (campuran) jika tidak tahu kosakata suatu kata.

Hal ini sangat alami karena tentu ada banyak kosakata yang belum dikuasai mengingat banyaknya kata dalam bahasa Inggris. Belajar berbicara pada awalnya juga memberikan manfaat untuk berpartisipasi dalam acara di komunitas bahasa Inggris.

Belajar Grammar Dulu Sebelum Speaking

Grammar adalah aturan tata bahasa dalam bahasa Inggris disebut yang kompleks. Ada setidaknya 12-16 tenses dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menggambarkan waktu dan kondisi yang berbeda. Dengan begitu banyak aturan, tidak mengherankan jika kamu merasa cukup sulit untuk mempelajarinya.

Bahasa Inggris memiliki kata kerja yang berbeda sesuai dengan kata keterangan waktu. Jika orang Indonesia menggunakan kata “eat” sepanjang waktu, bahasa Inggris tidak begitu. Kata dasar “eat” yang berarti “makan”, akan berubah menjadi “ate” jika kamu memakannya kemarin. Tidak hanya itu, ada juga “eaten” untuk bentuk ketiga dari “eat”.

Keuntungan mempelajari Grammar sebelum speaking adalah kamu dapat mengetahui kapan dan dalam kondisi apa dapat digunakan ketika berbicara bahasa Inggris. Dengan mempelajari Grammar sebelum speaking, kamu juga dapat belajar berbicara dengan lebih baik. Dengan penguasaan grammar yang tepat, berbicara akan lebih terfokus pada aturan dan bahasa.

Hal ini tentu akan memudahkan jika kamu ingin berbicara secara publik dalam bahasa Inggris atau berbicara langsung dengan orang asing. Mempelajari grammar di awal sebelum speaking kekurangannya adalah akan lebih memakan waktu. Hal ini karena kompleksitas tata bahasa dalam bahasa Inggris.

Baca Juga:
Panduan Memulai Latihan Speaking IELTS

Jadi, Belajar Grammar atau Speaking Dulu?

Banyak yang tidak menggunakan tata bahasa dengan benar. Maka, lebih penting grammar atau speaking? Jawabannya bisa bervariasi.

Dalam pembelajaran bahasa Inggris, ada banyak metode berbeda yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.

Memilih belajar grammar dulu sebelum speaking, atau sebaliknya, pasti ada kekurangan dan kelebihan. Agar hasil belajar lebih efektif dan kamu dapat mempelajari keduanya secara beriringan, kamu bisa mencoba ikut kursus Bahasa Inggris di ICAN English.

Kami menyediakan banyak program dan kelas Bahasa Inggris yang tidak hanya befokus pada grammar dan speaking, tapi juga kosakata. Sehingga, akan menunjang keterampilan berbahaa dengan lebih baik. Atau, kamu bisa gabung di kelas yang lebih spesifik, seperti kelas persiapan IELTS atau kelas khusus English for Business untuk belajar tata bahasa dan bicara.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.