Panduan Memulai Latihan Speaking IELTS

Panduan Memulai Latihan Speaking IELTS

Latihan speaking IELTS adalah salah satu cara efektif agar kamu dapat mengatasi rasa gugup sebelum menghadapi tes. Dengan meluangkan waktu secara rutin kamu dapat meningkatkan rasa percaya diri dan memperoleh IELTS band score yang dibutuhkan.

Dalam tes IELTS bahasa Inggris, terdapat ujian berbicara dilakukan dalam tiga sesi. Kamu wajib mengetahui tiga bagian tersebut supaya lebih siap dalam menghadapi tes. 

5 Tips Latihan Speaking IELTS

Pada bagian pertama, kamu akan melakukan percakapan selama 4 atau 5 menit dengan penguji tentang diri sendiri. Topik yang bisa dibicarakan biasanya adalah pekerjaan, keluarga, kehidupan di rumah, dan hobi.

Pada bagian kedua, penguji akan memberikan sebuah kartu bertuliskan topik. Kamu akan mendapatkan waktu 1 menit untuk membuat catatan terkait topik tersebut dan menggunakan pensil dan kertas untuk mempersiapkan respon jawaban. Selanjutnya, kamu bisa menjawab topik tersebut dalam waktu 2 menit.

Untuk bagian ketiga, kamu akan melakukan percakapan dengan penguji tentang topik yang ada di bagian kedua. Kamu akan berdiskusi secara lebih detail dengan durasi waktu selama 4 sampai 5 menit. Berikut adalah tips agar kamu bisa memulai latihan speaking IELTS:

Baca Juga:
Yuk, Belajar Cara Menghitung Score IELTS

1. Jangan Menghafalkan Jawaban

Sangat tidak disarankan untuk menghafalkan jawaban pada bagian pertama. Menghafalkan jawaban tidak akan pernah membuat penguji mampu mengukur keterampilan berbahasa Inggris yang kamu miliki dengan cara yang sebenarnya. Bahkan penguji juga akan dengan mudah mengetahui bahwa kamu sedang menghafal jawaban-jawaban tersebut dan bahkan akan memberikan nilai yang  jelek.

2. Jangan Menggunakan Kata Kompleks

Mungkin kamu ingin menggunakan kata yang jarang digunakan atau kompleks karena ingin membuat penguji terkesan. Kamu juga sebaiknya tidak menggunakan kata-kata yang tidak kamu pahami. Hal ini akan membuat tingkat kesalahan lebih tinggi, seperti salah mengucapkan kata atau kata tidak sesuai dengan konteks. Sehingga hal ini akan mempengaruhi nilai akhir dalam ujian tersebut.

Akan lebih baik jika kamu menggunakan kosakata yang bervariasi tetapi relevan dengan topik. Kamu bisa berlatih lebih banyak kosakata dengan membuat list vocabulary atau main mapping sehingga terbiasa berpikir secara relevan.

3. Pergunakan Struktur Tata Bahasa Beragam

ketika seorang penguji IELTS menilai keterampilan berbicara, maka terdapat beberapa poin yang akan mereka nilai. Poin-poin tersebut adalah kelancaran dan koheren, sumber leksikal, akurasi dan penggunaan tata bahasa, dan juga pengucapan.

Sebaiknya gunakan struktur tata bahasa yang bervariasi, dengan kalimat yang sederhana dan kompleks untuk mengekspresikan apa yang kamu sampaikan.

Dengan mengetahui kesalahan dan berlatih speaking bersama teman di kelas, kamu bisa meningkatkan keterampilan berbicara. Atau kamu juga bisa ucapan diri sendiri dan mengevaluasi dimana letak kesalahannya. Jika kamu mendengar adanya kesalahan, segera koreksi.

Cara ini akan membantu menilai keterampilan berbahasa menggunakan struktur grammar yang akurat. Selain itu, membantu penggunaan tenses sesuai kejadian waktu.

4. Tidak Perlu Khawatir Dengan Aksen

Selama ujian speaking IELTS, kamu berbicara dengan penguji dengan cara tatap muka. Penguji juga akan sangat memahami ada banyak aksen, sehingga bisa memahami apa yang kamu ucapkan.

Apa yang harus kamu perhatikan adalah bunyi kata yang sulit, dan pastikan untuk menggunakan intonasi ataupun penekanan bahasa Inggris yang tepat. Sering latihan bersama teman akan membantu, karena mereka dapat memberitahu jika mereka tidak memahami apa yang kamu katakan.

5. Ambil Jeda Jika Sedang berpikir

Mengambil jeda singkat bukanlah cara yang curang, karena kamu perlu berpikir apa yang harus kamu ucapkan. Semua orang akan melakukan cara ini untuk memproses pertanyaan-pertanyaan. Kamu bisa menutupi hal tersebut dengan menggunakan frasa, padahal sedang berpikir penyusunan kata yang akan kamu sampaikan.

Frasa yang bisa kamu gunakan ketika sedang berpikir saat menyusun jawaban adalah, ” that’s an interesting question”. Atau kamu juga bisa mengucapkan ” Well that’s a difficult question, but I’ll try to answer it”.

Baca Juga:
Macam Materi Speaking IELTS yang Perlu Dipelajari

Latihan Speaking IELTS di ICAN English

Jika kamu bingung harus latihan speaking IELTS dari bagian mana, ada baiknya untuk mempertimbangkan ikut kelas kursus bahasa Inggris ICAN English. Kami memberikan ruang khusus bagi teman-teman yang ingin menghadapi tes ini di kelas IELTS Preparation Program.

Selama di kelas ini, kamu akan mendapatkan pembelajaran secara intensif dengan tutor yang sudah bersertifikat. Seluruh pertemuan di dalam kursus telah dirancang agar kamu dapat melatih keterampilan berbicara dengan penuh percaya diri. Manfaatkan kesempatan ini agar kamu bisa menghadapi ujian tersebut secara maksimal, sehingga dalam satu kali tes kamu bisa mencapai skor yang diharapkan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web