Metode Belajar Bahasa Inggris Yang Menyenangkan

Metode Belajar Bahasa Inggris Yang Menyenangkan

Terkadang, semakin banyak kamu belajar, semakin sedikit yang kamu ingat. Hal ini menandakan kondisi otak yang sedang lelah dan butuh istirahat. Kamu tentunya membutuhkan metode belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan.

Kondisi otak yang lelah bisa terjadi karena sudah menghabiskan waktu berjam-jam untuk menghafal kosakata dan memahami tata bahasa rumit.

Ada penelitian ilmiah di balik fenomena ini. Sebagai contoh saja, penelitian di University of Illinois menemukan bahwa istirahat sejenak dari suatu pekerjaan akan meningkatkan kinerja. Perubahan fokus dapat memberikan hasil yang luar biasa jika kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan lancar!

7 Metode Menyenangkan untuk Belajar Bahasa Inggris

Istirahat bukan berarti kamu tidak diperbolehkan terus belajar bahasa Inggris. Kamu bisa tetap belajar, tetapi beralih ke aktivitas yang menyenangkan, menenangkan. Sehingga, terkesan kamu belajar secara santai, bukan seperti sedang bekerja keras. Gunakan metode Belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan berikut untuk meningkatkan keterampilan dengan cepat:

Baca Juga:
Lagu Lagu Untuk Belajar Bahasa Inggris

1. Ubah pengaturan

Hampir semua orang menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari menggunakan segala jenis perangkat elektronik. Kamu pastinya tidak bisa lepas dari ponsel, laptop, konsol game, dan jam tangan pintar. Jadi mengapa tidak mengubah pengaturan pada setiap perangkat dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris?

Saat kamu mulai melihat peringatan, pengingat, notifikasi, dan informasi lainnya dalam bahasa Inggris, hal ini akan membantu kamu mempelajari kosakata dan frasa baru saat menjelajah di perangkat.

2. Siapkan beberapa kosakata

Jika suka memasak, menyiapkan makanan dengan bantuan resep berbahasa Inggris adalah cara bagus untuk belajar. Untuk kesempatan belajar cepat lainnya, jangan lupa menulis daftar belanjaan dalam bahasa Inggris.

3. Berjalan dan berbicara

Baik sedang berjalan kaki ke tempat kerja, kuliah, supermarket, atau ke mana pun, gunakan waktu tersebut untuk mendeskripsikan dalam bahasa Inggris apa yang kamu lihat di sekitar.

Apa nama pohon yang kamu lewati?

Bagaimana dengan orang yang kamu lihat? Apa yang mereka pakai?

Berapa umur mereka? Dengan siapa mereka?

Jika kamu melihat iklan di papan reklame atau kendaraan, cobalah menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris. Jika sedang berbelanja, cobalah mengingat nama-nama barang yang kamu lihat dalam bahasa Inggris. Ada baiknya membawa buku catatan kecil, sehingga dapat mencatat kata apa pun yang perlu kamu cari saat berbelanja

4. Gunakan games kata

Gunakan ponsel cerdas untuk memainkan permainan kata bahasa Inggris saat sedang istirahat. Ada banyak jenis aplikasi yang dapat dipilih, mulai dari teka-teki silang sederhana, pencarian kata hingga aplikasi yang lebih kompetitif seperti Scrabble dan Words with Friends.

Semua aplikasi tersebut bagus untuk memperluas kosa kata– dan untuk mempelajari beberapa kata yang benar-benar tidak biasa. Beberapa permainan ini memungkinkan kamu bertukar pesan dengan lawan, memberi kesempatan lain untuk meningkatkan bahasa Inggris.

5. Dengarkan radio

Banyak orang suka mendengarkan radio saat sedang bekerja atau mengemudi. Jika kamu adalah salah satunya, gunakan salah satu dari banyak aplikasi radio gratis untuk menjelajahi stasiun radio berbahasa Inggris. Ada ribuan stasiun anglophone di luar sana, yang melayani segala jenis minat – mulai dari musik pop dan jazz hingga seni, budaya, dan politik.

Jika kamu hanya ingin mendengarkan musik latar, kamu akan memperoleh banyak sekali bahasa Inggris saat presenter memperkenalkan lagunya. Jika memilih stasiun dengan buletin berita reguler, hal ini juga akan membantu mempelajari kosakata topikal.

6. Jelajahi hobi dan minat

Dari musik hingga skateboard, bersepeda hingga kayak, melukis hingga bermain game, kamu akan menemukan banyak situs web berbahasa Inggris, komunitas online, video, aplikasi, majalah, dan banyak sumber daya lainnya yang dikhususkan untuk hiburan favorit.

Semakin sering menggunakan bahasa Inggris untuk mempelajari suatu hobi, kosakata akan semakin detail. Semakin sering berbicara dengan orang yang berpikiran sama dalam bahasa Inggris, kamu akan semakin fasih.

7. Jangan lupakan media sosial

Media sosial adalah bagian dari kehidupan sehari-hari dan banyak orang akan menggunakannya untuk ratusan alasan berbeda. Misalnya, agar terhubung dengan teman, bergabung dengan kelompok kepentingan bersama, berdiskusi tentang isu terkini, membantu komunitas lokal, dan banyak lagi. Jika kamu suka menggunakan media sosial, berpartisipasi dalam grup Facebook berbahasa Inggris dapat menjadi pilihan tepat. Atau, kamu bisa berbagi pandangan di Twitter atau foto di Instagram. Platform media sosial adalah cara menarik dan dinamis untuk berinteraksi dengan penutur bahasa Inggris lainnya.

Baca Juga:
Metode Belajar Bahasa Inggris Cepat Paham

Kursus Bahasa Inggris Menyenangkan di ICAN English

Tidak peduli seberapa baik dalam belajar bahasa, semua orang perlu istirahat dari belajar dari waktu ke waktu. Dengan menggunakan lebih banyak ‘waktu senggang’ untuk melatih bahasa Inggris, keterampilan bahasa akan segera meningkat dan melengkapi studi formal.

Kamu juga akan dengan cepat mempelajari banyak kosakata dan konsep baru yang dapat kamu bawa ke kelas online langsung. Bahkan, kamu juga berpeluang untuk memperoleh pengalaman metode belajar bahasa inggris yang menyenangkan secara online di ICAN English!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web