materi pelajaran bahasa inggris di universitas

Materi Pelajaran Bahasa Inggris di Universitas

Materi pelajaran bahasa inggris di universitas akan sangat berbeda dengan materi yang dipelajari di bangku sekolah. Meskipun kamu tidak mengambil jurusan bahasa atau sastra Inggris, tetapi ketika memasuki bangku kuliah mata pelajaran ini akan tetap kamu dapatkan sebagai sebuah mata kuliah umum yang wajib untuk diambil.

Seperti yang sudah diketahui, bahwa kursus bahasa inggris merupakan suatu bahasa internasional yang juga digunakan di Indonesia. sehingga, tak heran ketika kamu mengenyam pendidikan, maka mata pelajaran yang satu ini akan selalu kamu temukan. Lantas apa saja yang akan dipelajari dalam mata kuliah bahasa Inggris di tingkat universitas, apakah akan sama dengan saat sekolah atau tidak.

4 Macam Materi Pelajaran Bahasa Inggris Di Universitas

Jika kamu berpikir bahwa ketika masuk ke bangku kuliah, maka kamu akan terlepas dari mata kuliah bahasa Inggris. Hal tersebut tidaklah tepat, kamu akan tetap menemukan mata kuliah bahasa Inggris dengan materi pembelajaran yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan materi yang dipelajari di sekolah.

Baca Juga:
Apa Saja Materi Linguistik dalam Bahasa Inggris?

1. Critical Reading

Pada saat belajar di bangku sekolah menengah kamu mungkin sudah bertemu dengan materi bahasa Inggris tentang reading atau membaca. Jika pada saat di bangku sekolah menengah materi reading hanya berisikan cerita dongeng popular yang harus kamu baca dan hafalkan. Maka, pada saat kuliah akan sangat berbeda.

Di bangku kuliah, umumnya kamu akan mempelajari tentang materi kuliah critical reading atau membaca secara kritis. Pada materi ini, kamu akan disuguhkan sebuah teks yang berisikan suatu isu atau topik tertentu yang diambil dari kejadian nyata. Setelah itu,  kamu harus bisa membacanya dengan seksama serta pahami maksud dari teks tersebut dengan baik juga tepat.

2. Critical Writing

Materi pelajaran bahasa inggris di universitas berikut ini, hampir sama dan masih berkaitan dengan materi yang sebelumnya yakni, critical writing atau menulis secara kritis. Materi ini mungkin sangat jarang ditemui ketika masih duduk di bangku sekolah menengah. Namun, di tingkat universitas materi ini sangat umum dipelajari.

Mahasiswa dituntut untuk bisa berfikir secara kritis atas segala hal. Sehingga, pada materi ini mahasiswa diharuskan untuk menuliskan pemikirannya terhadap suatu topik yang diangkat secara mendalam dan detail. Pemikiran tersebut tentu saja harus dituliskan atau dituangkan kedalam bahasa inggris yang baik dan benar.

3. Public Speaking

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan public speaking atau berbicara di depan public. Di bangku sekolah menengah kamu mungkin sudah pernah mempelajari materi ini secara dasar. Biasanya di awal pembelajaran di bangku sekolah kamu akan ditugaskan untuk memperkenalkan diri di depan kelas. Di bangku kuliah juga kamu akan kembali menemukan materi ini.

Selain untuk perkenalan diri, di tingkat universitas biasanya kamu akan belajar public speaking lebih mendalam. Misalnya, untuk kepentingan presentasi atau berpidato di depan orang banyak. Selain itu, di bangku kuliah biasanya kamu juga akan dituntut untuk bisa berdebat dalam bahasa inggris yang baik dan benar.

Baca Juga:
Pentingnya Les Bahasa Inggris Untuk Dewasa

4. Academic Writing

Sebagai seorang mahasiswa, kamu tidak akan terlepas dari tugas salah satunya yakni tugas bahasa Inggris. Adapun, tugas-tugas tersebut biasanya berupa karya tulis yang bersifat sangat formal seperti contohnya esai, artikel, jurnal, laporan hasil praktek, dan sebagainya. Dalam menulis berbagai karya tulis tersebut tentu saja harus menggunakan bahasa yang tepat.

Sehingga, mempelajari tentang academic writing atau penulisan secara akademik sangat penting untuk dipelajari di tingkat universitas. Pada materi ini, kamu akan belajar mengenai banyak hal mengenai tata cara penulisan hingga kosakata yang tepat untuk karya tulis ilmiah.

Kesimpulan

Itulah beberapa materi pelajaran bahasa Inggris di universitas yang akan kamu pelajari ketika memasuki kampus. Materi-materi tersebut bisa saja berbeda sesuai dengan kebijakan yang diterapkan oleh kampus. Materi pembelajaran bahasa Inggris di universitas biasanya hanya akan ditemui di beberapa semester saja, jika kamu memilih jurusan non bahasa Inggris.

Bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English akan memudahkan kamu dalam belajar bahasa Inggris di tingkat universitas. Kami juga akan membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris untuk kamu yang akan kuliah ke luar negeri. Kamu akan dibimbing oleh tutor berpengalaman yang profesional di bidangnya. Berikut, merupakan materi pelajaran bahasa Inggris di universitas.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi