materi basic english grammar

Materi Basic English Grammar

Materi basic english grammar sudah kamu temui sejak di bangku sekolah dasar sampai kamu duduk di bangku kuliah. Banyak pelajar menganggap materi grammar adalah materi yang tidak mudah, tetapi ada juga yang menganggap grammar itu menyenangkan.

Kunci keberhasilan memahami grammar dalam bahasa inggris yaitu sering membaca materi berulang-ulang, belajar mengerjakan soal latihan pada buku grammar, juga menerapkan grammar ketika menulis esai dalam Bahasa Inggris. Kali ini ICAN English akan membagikan pembahasan lengkap tentang hal-hal yang wajib kamu tahu dalam basic english grammar.

Daftar Materi Basic English Grammar Yang Wajib Kamu Pelajari

Berikut adalah daftar materi basic english grammar yang harus kamu pelajari sebagai seorang pemula:

1. Noun (Kata Benda)

Noun adalah kata benda, untuk menunjukkan nama orang, ide, tempat, dan juga benda. Contoh penggunaan noun adalah sebagai berikut:

  • Mommy is going to work – Noun dalam contoh kalimat tersebut adalah Ibu atau Mommy. (Person atau Orang)
  • The ball is next to the pool – Noun dalam contoh kalimat tersebut adalah Bola atau The Ball. (Things atau Benda)
  • The cat is on the cupboard – Noun dalam contoh kalimat tersebut adalah Kucing atau The Cat. (Animals atau Binatang)
  • Bandung is one of my favorite places – Noun dalam contoh kalimat tersebut adalah Bandung (Place atau Tempat)

Sekarang, kamu jadi tahu bahwa noun itu ada banyak sekali bentuknya, mulai dari person, benda mati, binatang, ataupun tempat.

2. Pronoun

Pronoun merupakan kata ganti untuk menggantikan nama orang, nama tempat, dan nama benda atau hewan. Berikut adalah contoh penggunaan pronoun dalam Bahasa Inggris:

  • Joanna is coming. She is from Jakarta. (She untuk menggantikan nama orang perempuan, Joanna)
  • Sam is working right now. He has a new job. (He untuk menggantikan nama orang laki-laki, Sam)
  • My name is Samantha. I am seven years old. (Pronoun untuk menggantikan nama diri sendiri, yaitu I)
  • Sam, Tom, and John are best friend. They like traveling around the world (Pronoun They untuk menggantikan dua noun atau lebih).
  • Joanna and I are classmates. We always at the same class since in the elementary school (Pronoun we untuk menandakan kata Kami dalam kalimat Joanna dan I).
  • You make me laugh a lot. (You adalah kata ganti Kamu)

Baca Juga:
Materi Basic English Grammar

3. Article (A, An, dan The)

Gunakan the ketika kamu ingin menjelaskan benda, kejadian, ataupun tempat yang diketahui lawan bicara. Perhatikan contoh penggunaan article dalam dialog berikut:

John: Do you still remember the beach we visited for our graduation party?

Anne: Of course, I still remember it so well, why?

John: Now, the beach is more beautiful because the local government has developed it. You will find a bridge to take selfie, gazebos, and better facilities for the visitors.

Anne: If I have an opportunity to come there, sure I will go there again.

John: Well, we can make a plan so we can go there with our family.

Annie: How about this weekend?

John: Why not?

Percakapan tersebut tentnag John dan Anne yang sedang mengobrol tentang pantai yang mereka pernah kunjungi, sehingga menggunakan the beach.  Kemudian, John menjelaskan pantai tersebut telah dikembangkan pemerintah lokal, salah satunya yaitu ada sebuah jembatan. Anne belum tahu tentang jembatan tersebut sehingga John menggunakan kata bridge. Anne menjawab If I have an opportunitya, menunjukkan hal yang belum jelas kapan ada kesempatan itu lagi.

Penggunana article a dan an juga tergantung pada kata sesudahnya, perhatikan contoh berikut:

An egg

A dinosaurus

An octopus

An internet

An umbrella

An apple

Gunakan an untuk sesuatu dengan huruf vocal a, i, u, e, dan o. Sedangkan untuk sesuatu dengan huruf konsonan menggunakan article a.

Baca Juga:
Manfaat Belajar Grammar Bahasa Inggris

Kegiatan Belajar Untuk Meningkatkan Basic Grammar

Sekarang, kamu sudah tahu beberapa materi basic english grammar yang bisa kamu pelajari secara bertahap. Ketika belajar bahasa Inggris dan grammar, ada beberapa kegiatan belajar menarik yang bisa kamu lakukan. Pertama, kamu bisa membaca apapun, mulai dari cerita pendek, caption, atau lainnya dengan membaca keras. Dari kegiatan ini, kamu melakukan banyak aktivitas sekaligus seperti melihat, berbicara, dan mendengar. Membaca juga membantu meningkatkan kemampuan menulis karena meningkatkan kosakata.

Kedua, belajar melalui berbagai referensi buku ketika belajar menulis. Sehingga, ketika kamu ada kesulitan saat menulis, kamu bisa langsung cek bagaimana aturan penulisannya. Contoh, kamu ingin membuat cerita sehari-hari, seperti diary. Dalam bahasa inggris, maka harus menggunakan simple past, dan kamu harus mempelajarinya.

Cara terakhir, yaitu dengan praktek, menggunakan internet, buku, atau e-book untuk latihan berbagai soal grammar. Bahkan dengan belajar dari soal bahasa inggris sederhana, bisa membantu meningkatkan kemampuan basic grammar kamu.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web