materi belajar bahasa inggris dasar

Materi Belajar Bahasa Inggris Dasar

Cari tahu apa saja materi belajar Bahasa Inggris dasar merupakan modal utama bagi para pemula. Ketika kamu ingin meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, materi dasar mempengaruhi progres belajar. Materi dasar berfungsi sebagai pondasi, sehingga kamu bisa memulai belajar dari level paling awal sampai tingkat mahir.

Bisakah kamu membayangkan cara menguasai bahasa inggris tanpa adanya kemampuan dasar? Tentu ini mustahil, karena justru membuat kamu tidak bisa naik pada level berikutnya.

Apa Saja Materi Awal Belajar Bahasa Inggris

Untuk itu, berikut rekomendasi beberapa materi belajar bahasa ingggris dasar yang harus kamu tahu. Dengan ini, maka rencana belajar jadi lebih matang:

Vocabulary

Materi dasar yang wajib kamu pelajari yaitu vocabulary atau kosakata. Pentingnya kosakata adalah untuk mengembangkan kemampuan bahasa inggris. Semakin banyak kosakata yang kamu kuasai, maka semakin baik pula kemampuan kamu dalam berbahasa inggris mulai dari berbicara sampai menulis.

Ada beberapa vocabulary yang harus kamu pahami dan hafalkan, mulai dari kata sederhana. Contoh, kamu bisa cari tahu vocabulary nama hari, bulan, nomor, sampai pada kegiatan sehari-hari. Misalnya, kamu bisa belajar tentang vocabulary di bagian ruang tamu, lanjut ke kamar, dan dapur.

Baca Juga:
Latihan Dasar Belajar Bahasa Inggris, Lebih Efektif!

Grammar

Materi berikutnya yang harus kamu pelajari yaitu grammar. Hindari langsung bayangkan materi grammar rumit. Cobalah memulai dari materi dasar terlebih dahulu, seperti kata ganti, kata kerja bantu, tenses.

Apa definisi grammar in nutshell? Yaitu apabila kamu belajar grammar dari basic lebih mudah. Grammar ini juga sangat membantu jika kamu tertarik ingin meningkatkan kemampuan berbicara. Hal ini karena grammar tersebut dipelajari dnegan adanya pemakaian umum dalam kehidupan sehari-hari. Grammar dan logika akrab adalah hal berikutnya jika sedang belajar bahasa inggris.

Listening

Apabila kamu ingin belajar Bahasa Inggris sebagai pemula, maka kamu juga wajib mengasah kemampuan mendengarkan atau listening.

Materi belajar listening adalah wadah belajar bahasa inggris secara tidak sadar. Sehingga, bisa langsung diserap oleh alam bawah sadar. Selain itu, listening juga merupakan materi dengan proses pembelajaran cukup cepat.

Disinilah, listening punya peran penting untuk membantu menguasai Bahasa Inggris. otak yang sudah bekerja sendiri pasti akan menyesuaikan suara pada bahasa baru.

Baca Juga:
Dasar Bahasa Inggris yang Harus Dipelajari

Cara Belajar Bahasa Inggris Dasar

Banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk memahami bahasa Inggris. Untuk memperkaya kosakata, kamu bisa menggunakan flashcard atau jenis kartu yang terdapat kata-kata dalam kategori tertentu.

Meski seringkali dianggap membosankan, tapi cara ini terbukti cukup efektif untuk menghafal kosakata karena satu kata bisa diulang berkali-kali.

Nah, sebagai pemula, kamu juga bisa membaca buku bahasa Inggris yang sederhana, seperti buku anak-anak. Selain dipunuhi gambar, buku ini umumnya menggunakan kosakata dna tata bahasa dasar yang digunakan sehari-hari.

Jika sudah mahir, kamu bisa mengganti buku tersebut secara bertahap, seperti membaca novel fiksi atau buku pengembangan diri.

Terakhir, kamu harus konsisten belajar dan meningkatkan kemampuan kamu setiap hari. Buatlah jadwal belajar yang sama setiap harinya agar kamu lebih mudah mengikuti jadwal tersebut.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi