materi expressions in english grammar dan contohnya

Materi Expressions in English Grammar dan Contohnya

Idiom, peribahasa, dan expressions in english grammar adalah bagian penting dari bahasa Inggris sehari-hari. Semua ungkapan tersebut muncul setiap harinya, baik tertulis atau lisan. Karena idiom tidak terdengar logis secara harfiah, kamu harus membiasakan diri dengan arti dan penggunaan setiap idiom.

Menggunakan idiom dan juga ungkapan umum lainnya akan membantu agar penguasaan bahasa inggris kamu terdengar sama seperti penutur asli. Kamu dapat mempelajari idiom bahasa Inggris yang sangat umum. Setelah menguasainya, kamu dapat menggunakan salah satu dari semua ungkapan tersebut dengan percaya diri ketika sedang berinteraksi dengan penutur asli bahasa Inggris dari semua negara berbahasa Inggris.

5 Contoh Expressions in English Grammar

Expressions in English grammar berikut berupa idiom atau ungkapan dengan makna khusus. Sehingga, tidak dapat diterjemahkan per kata. Untuk itu, ketika menghafal idiom, kamu juga harus mempelajari apa makna tersiratnya.

1. Best thing since sliced bread

Ungkapan ini termasuk yang sangat jarang digunakan, tetapi memiliki dampak yang lebih besar saat digunakan. Idiom tersebut hanya boleh digunakan ketika kamu ingin mengungkapkan kegembiraan karena adanya suatu karya atau inovasi yang sangat berguna untuk waktu yang cukup lama. Berikut adalah contohnya:

I have bought a new foldable smartphone, it’s the best thing since sliced bread”.

2. Challenge Accepted

Ungkapan ini terbilang populer setelah digunakan oleh Neil Patrick Harris sebagai Barney Stinson dalam acara TV “How I Met Your Mother”. Ekspresi tersebut dapat digunakan ketika seseorang menyatakan bahwa sesuatu tidak mungkin atau tidak boleh dilakukan karena alasan tertentu. Berikut adalah contohnya:

You’ll never be able to finish this project in a day!

Challenge accepted!

Baca Juga:
Tips Belajar Grammar Bahasa Inggris

3. Cross that bridge when you come to it

Ungkapan ini sangat disukai oleh orang yang suka menunda, karena merupakan cara yang nyaman untuk menunda atau menghindari masalah! Jika seseorang menunjukkan potensi adanya masalah di masa mendatang, kamu dapat mengabaikannya dengan mengatakan “cross that bridge when you come to it“. Apabila diartikan secara langsung, maka maknanya adalah “Saya tidak mau memikirkan hal tersebut saat ini juga”. Semoga hal itu tidak akan terjadi, tetapi jika itu terjadi, akan saya tangani masalah tersebut nanti.” Berikut adalah contoh penggunaannya:

“I don’t know how to solve this matter. But I’ll cross that bridge when I come to it.”

4. Don’t put all your eggs in one basket

Ekspresi ini dapat digunakan ketika kamu ingin memperingatkan orang lain untuk tidak hanya mengandalkan satu kesempatan. Sehingga, mereka bisa tetap membuka pilihan dengan melihat peluang lain. Berikut adalah contoh penggunaan kalimat ungkapan tersebut:

“You’d better learn more new skills; don’t put all your eggs in one basket.”

5. Hang in there

Ungkapan ini dapat kamu gunakan sebagai salah satu expressions in english grammar untuk mengungkapkan kepada seseorang agar tidak menyerah dalam menghadapi masa sulit.

“Hang in there, everyone. I know it is not easy, and we will be OK.”

Baca Juga:
Catatan Penting Seputar Grammar Bahasa Inggris

Pentingnya Belajar English Expressions

Belajar ekspresi bahasa inggris dan ucapan umum sangatlah berguna untuk setiap orang yang ingin fasih berbahasa inggris. Pernyataan-pernyataan tersebut memudahkan kamu dalam mengungkapkan beberapa poin tanpa harus menggunakan banyak kata lain. Jika kamu bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English, maka kamu akan mempelajari materi ini secara lengkap.

Selain itu, penggunaan ungkapan dan ucapan adalah sesuatu yang akan kamu temukan dalam bahasa apa pun. Kamu tidak dapat dikatakan mempunyai pemahaman memadai tentang bahasa apa pun tanpa harus menguasai beberapa ungkapan dan ucapan tersebut.

Mempelajari ungkapan dan ucapan bahasa Inggris juga penting karena akan memudahkan kamu dalam memahami apa yang dikatakan native speaker tanpa salah paham. Ekspresi dan ucapan dalam bahasa inggris biasanya menggunakan berbagai kata yang menyampaikan makna khusus, diluar arti kata itu sendiri.

Misalnya, “don’t put all your eggs in one basket” bukan berarti kamu disarankan untuk tidak meletakkan semua telur dalam satu keranjang. Oleh karena itu, tanpa mempelajari ungkapan bahasa Inggris dan ucapan umum, kamu akan terus salah memahami apa yang dikatakan oleh banyak native speaker atau pembicara bahasa Inggris yang berpengalaman.

Baca Juga:
Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dengan memahami dan mempelajari expressions in English grammar. Misalnya saja, ketika kamu harus berlibur atau studi ke luar negeri dengan bantuan agen pendidikan, selama di sana, kamu bisa berkomunikasi dengan lancar. Kamu juga dapat memahami apa maksud orang lain ketika menggunakan idiom saat berinteraksi.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi