materi tentang past continuous tense

Materi Tentang Past Continuous Tense

Materi tentang past continuous tense adalah salah satu materi yang akan kamu temui saat belajar Grammar. Tenses adalah bagian dari grammar dimana kamu bisa belajar membuat kalimat.

Materi past continuous tense adalah materi dasar belajar Bahasa Inggris. Setelah mengenal materi tersebut, kamu bisa memaparkan kejadian yang sudah lama terjadi tapi masih berjalan.

Informasi Lengkap Tentang Past Continuous Tense

Agar lebih paham tentang materi past continuous tense, ada beberapa pembahasan yang harus kamu pelajari sebagaimana berikut:

Definisi Past Continuous Tense

Tense ini berbicara tentang bentuk tense yang dapat kamu gunakan untuk peristiwa yang sedang terjadi selama beberapa waktu di masa lalu. Jadi, peristiwa tersebut terjadi sebelum, atau selama, dan bahkan bisa saja berlanjut atau kejadian lainnya pada masa lampau.

Baca Juga:
Pola Kalimat Present Continuous Tense

Rumus

Past continuous tense dapat terbentuk dengan adanya tambahan auxiliary verb yaitu be, misalnya was/were. Hal tersebut karena adanya past tense atau kejadian di masa lalu, dan juga present participle.

Gunakan was jika dalam cerita tersebut menggunakan singular subject seperti Andi, book, cat, I, she, he, it, tapi bukan you.

Were adalah plural verb yang dapat kamu gunakan untuk plural subject seperti plural pronoun (they, we, you), ataupun plural noun (people, books)

Dalam pembagian kalimatnya, past continuous tense dibagi dalam tiga jenis yaitu kalimat positif, kalimat negatif, dan juga kalimat interogatif. Masing-masing punya rumus berbeda sebagaimana berikut:

Kalimat positif: He was working/ The people were running

Kalimat negatif: He was not working/ The people were not running

Kalimat tanya: Was he working?/ Were the people running?

Dengan contoh kalimat di atas, maka kamu jadi tahu lebih banyak tentang materi tentang past continuous tense. Agar proses belajar lebih menyenangkan, maka kamu bisa meminta bantuan ICAN English untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dengan mengikuti kursus bersama tutor profesional.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Continuous Tense

Fungsi Past Continuous Tense

Ada beberapa fungsi dalam past continuous tense yang harus kamu ketahui, sebagaimana berikut:

1. Membicarakan sebuah kejadian yang terjadi pada waktu tertentu di masa lampau. Time expression atau keterangan waktu yang harus kamu gunakan yaitu: at thiis time yesterday, all day yesterday, at 10 pm this night. Sehingga jika digunakan dalam bentuk kalimat, contohnya adalah berikut:

Were you sleeping at 10 pm this night?  (Apakah kamu sedang tidur jam 10 malam ini?

I was having an interview at this time yesterday (Saya sedang melakukan interview pada jam ini kemarin).

2. Menunjukkan aksi berdurasi pendek terjadi saat aksi berdurasi lebih panjang sedang berjalan. Kamu perlu menggunakan subordinate conjuction seperti while dan when, sebagaimana contoh kalimat berikut:

The window was opened while I was sleeping (Jendela dibuka saat saya sedang tidur)

My father was reading a book when I left home. (Ayah saya sedang membaca sebuah buku ketika saya pergi keluar rumah)

3. Materi tentang past continuous tense juga dapat kamu gunakan untuk membahas kejadian berulang-ulang, interval acakk tetapi kebiasaan alami. Biasanya kamu bisa menggunakan tense ini untuk kritik sebuah aksi. Perhatikan contoh berikut:

The little girl was always crying out loud  (Anak perempuan itu selalu menangis keras)

Sam was always running downstairs (Sam selalu berlari menuruni tangga)

4. Atau, kamu juga bisa menggunakan tense tersebut untuk perubahan dan perkembangan. Misalnya seperti contoh kalimat berikut:

His eyes was going so pale (Matanya menjadi sangat pucat)

My business was growing rapidly (Bisnis saya berkembang pesat)

Itulah informasi tentang past continuous tense. Seringkali belajar tense bukanlah hal mudah. Bisa saja kamu perlu fasilitas pembelajaran memadai supaya bisa memahami maknanya lebih baik. Contohnya dengan belajar bersama tutor profesional akan membantu tahu lebih banyak daripada harus belajar sendiri di rumah.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi