Materi tentang past continuous tense

Materi Tentang Past Continuous Tense

Jan 17, 2022 | Bahasa Inggris

Materi tentang past continuous tense adalah salah satu materi yang akan kamu temui saat belajar Grammar. Tenses adalah bagian dari grammar dimana kamu bisa belajar membuat kalimat.

Materi past continuous tense adalah materi dasar belajar Bahasa Inggris. Setelah mengenal materi tersebut, kamu bisa memaparkan kejadian yang sudah lama terjadi tapi masih berjalan.

Baca Juga: POLA KALIMAT PRESENT CONTINUOUS TENSE

Informasi Lengkap Tentang Past Continuous Tense

Agar lebih paham tentang materi past continuous tense, ada beberapa pembahasan yang harus kamu pelajari sebagaimana berikut:

1. Definisi Past Continuous Tense

Tense ini berbicara tentang bentuk tense yang dapat kamu gunakan untuk peristiwa yang sedang terjadi selama beberapa waktu di masa lalu. Jadi, peristiwa tersebut terjadi sebelum, atau selama, dan bahkan bisa saja berlanjut atau kejadian lainnya pada masa lampau.

2. Rumus

Past continuous tense dapat terbentuk dengan adanya tambahan auxiliary verb yaitu “be”, misalnya was/were. Hal tersebut karena adanya past tense atau kejadian di masa lalu, dan juga present participle.

Gunakan was jika dalam cerita tersebut menggunakan singular subject seperti Andi, book, cat, I, she, he, it, tapi bukan “you”.

Were adalah plural verb yang dapat kamu gunakan untuk plural subject seperti plural pronoun (they, we, you), ataupun plural noun (people, books)

Dalam pembagian kalimatnya, past continuous tense dibagi dalam tiga jenis yaitu kalimat positif, kalimat negatif, dan juga kalimat interogatif. Masing-masing punya rumus berbeda sebagaimana berikut:

Kalimat positif: He was working/ The people were running

Kalimat negatif: He was not working/ The people were not running

Kalimat tanya: Was he working?/ Were the people running?

Dengan contoh kalimat di atas, maka kamu jadi tahu lebih banyak tentang materi tentang past continuous tense. Agar proses belajar lebih menyenangkan, maka kamu bisa meminta bantuan ICAN English untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dengan mengikuti kursus bersama tutor profesional.

Baca Juga: CONTOH KALIMAT CONTINUOUS TENSE

Alasan Mengapa Harus Belajar Continuous Tense

Ada beberapa fungsi dalam past continuous tense yang harus kamu ketahui, sebagaimana berikut:

1. Membicarakan sebuah kejadian yang terjadi pada waktu tertentu di masa lampau. Time expression atau keterangan waktu yang harus kamu gunakan yaitu: at thiis time yesterday, all day yesterday, at 10 pm this night. Sehingga jika digunakan dalam bentuk kalimat, contohnya adalah berikut:

Were you sleeping at 10 pm this night?  (Apakah kamu sedang tidur jam 10 malam ini?

I was having an interview at this time yesterday (Saya sedang melakukan interview pada jam ini kemarin).

2. Menunjukkan aksi berdurasi pendek terjadi saat aksi berdurasi lebih panjang sedang berjalan. Kamu perlu menggunakan subordinate conjuction seperti while dan when, sebagaimana contoh kalimat berikut:

The window was opened while I was sleeping (Jendela dibuka saat saya sedang tidur)

My father was reading a book when I left home. (Ayah saya sedang membaca sebuah buku ketika saya pergi keluar rumah)

3. Materi tentang past continuous tense juga dapat kamu gunakan untuk membahas kejadian berulang-ulang, interval acakk tetapi kebiasaan alami. Biasanya kamu bisa menggunakan tense ini untuk kritik sebuah aksi. Perhatikan contoh berikut:

The little girl was always crying out loud  (Anak perempuan itu selalu menangis keras)

Sam was always running downstairs (Sam selalu berlari menuruni tangga)

4. Atau, kamu juga bisa menggunakan tense tersebut untuk perubahan dan perkembangan. Misalnya seperti contoh kalimat berikut:

His eyes was going so pale (Matanya menjadi sangat pucat)

My business was growing rapidly (Bisnis saya berkembang pesat)

Itulah informasi tentang past continuous tense. Seringkali belajar tense bukanlah hal mudah. Bisa saja kamu perlu fasilitas pembelajaran memadai supaya bisa memahami maknanya lebih baik. Contohnya dengan belajar bersama tutor profesional akan membantu tahu lebih banyak daripada harus belajar sendiri di rumah.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH