Yuk, Belajar Nama Hari dalam Bahasa Inggris dan Contohnya!

Yuk, Belajar Nama Hari dalam Bahasa Inggris dan Contohnya!

Nama hari dalam Bahasa Inggris adalah salah satu materi dasar yang harus dipelajari oleh pemula, termasuk young learners. Konsep nama-nama hari dalam seminggu sangat penting untuk dipahami. Tujuannya untuk membantu meningkatkan pemahaman tentang waktu, dan klasifikasinya dalam tahun, bulan, dan minggu.

Mempelajari nama-nama hari dalam seminggu juga menjadi prioritas ketika anak-anak mulai bersekolah. Hal ini memungkinkan anak menjadi lebih terstruktur dan mendapat informasi tentang kegiatan yang akan datang, seperti karyawisata sekolah atau ujian penting.

Nama-nama hari dalam bahasa Inggris memiliki cerita sangat menarik di balik terminologinya. Hampir semua nama berasal dari bahasa Yunani kuno dan Latin. Nama-nama tujuh hari dalam seminggu diambil dalam banyak bahasa, termasuk bahasa Inggris, dari nama-nama planet klasik dalam astronomi Yunani.

Belajar Nama Hari dalam Bahasa Inggris Lengkap

Gunakan komposisi yang sederhana dan menyenangkan berikut untuk mempelajari nama hari dalam Bahasa Inggris:

Sejarah Penamaan Hari dalam Bahasa Inggris

  • Monday: Penamaan hari Senin, diambil dari kata Yunani “lunae” yang berarti “Hari Bulan”.
  • Tuesday: Nama hari Selasa, diambil dari mitologi Norse, yang berarti “Hari Tiw”, sebuah nama berdasarkan Týr.
  • Wednesday: Penamaan hari Rabu, berasal dari bahasa Inggris kuno “Wōdnesdæg”, yang berarti hari Odin.
  • Thursday: Artinya adalah hari Kamis, diambil dari nama Dewa Norse, Thor, dan berarti “Hari Thor”.
  • Friday: Penamaan hari Jumat, diperoleh dari nama Dewi Norse Frigga.
  • Saturday: Penamaan hari Sabtu, diambil dari nama planet Saturnus.
  • Sunday: Penamaan hari Senin, menurut nama matahari, dan mengacu pada hari matahari.

Weekends dan Weekdays

Semua orang tahu bahwa ada tujuh “weekdays” yang artinya ada tujuh hari dalam seminggu. Namun, ada dua kategori hari, yaitu: weekdays dan weekends. Tahukah kamu bahwa “weekdays” terdiri dari lima hari? Sedangkan untuk “weekends” digunakan untuk dua hari.

Sunday, Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday, dan Friday adalah weekdays (hari kerja). Sedangkan Saturday dan Monday dianggap weekends (hari akhir pekan).

Penting untuk mengajarkan anak-anak cara memisahkan hari-hari dalam seminggu. Ada hari-hari dimana kebanyakan orang berangkat kerja atau sekolah, yang disebut sebagai weekdays. Lalu ada hari-hari lain ketika orang lebih cenderung beristirahat, bersantai, atau melakukan aktivitas luar ruangan yang biasa terjadi pada weekends.

Informasi ini membantu anak-anak dalam memahami konsep waktu dan perlunya menjaga rutinitas yang teratur. Sehingga anak-anak tidak hanya belajar, tetapi juga bermain dan bersosialisasi.

Baca Juga:
Singkatan Hari dalam Bahasa Inggris

Contoh Aktivitas Belajar Nama-Nama Hari 

Untuk mengajarkan anak menanyakan nama hari dalam Bahasa Inggris, kalimat yang tepat adalah “What day is it?” atau “What day is today?”. Saat merespons, kamu harus mengatakan, “Today is Monday” atau, “It’s Monday”. Selain itu, nama-nama hari adalah kata benda yang tepat dan harus selalu dieja dengan huruf kapital dalam bahasa Inggris. Misalnya, tulis “Monday”, bukan “monday”.

Dalam bahasa Inggris, menggunakan article sebelum nama hari sangat jarang digunakan. Kamu dapat menggunakan article “the” untuk menekankan tanggal tertentu, seperti “The Saturday before last” atau article “a” tanggal umum, seperti “a Sunday in December.”

Untuk menghindari kebingungan, ada beberapa frasa yang perlu dipahami dan dipelajari. “This Friday” artinya “Jumat ini”, “Last Friday” artinya “Jumat kemarin/Jumat lalu”, “On Friday” artinya “Jumat besok”, dan “On Fridays” artinya “Setiap Jumat”.

Mau belajar Bahasa Inggris lebih banyak dan lebih mudah? Gabung di kelas ICAN English sekarang juga! Ada banyak program kursus Bahasa Inggris yang bisa kamu ikuti sesuai dengan kebutuhan dan tujuan belajar.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web