Narrative text

Narrative Text: Definisi, Struktur dan Contoh

Jun 21, 2022 | Bahasa Inggris

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan dongeng kancil dan kura-kura. Cerita yang menemani masa kecil kamu tersebut merupakan salah satu contoh nararative text atau teks narasi. Lantas, apakah kamu sudah tau mengenai apa definisi dari teks naratif atau narrative text, bagaimana struktur penulisannya, serta bagaimana contohnya.

Teks narasi dalam bahasa inggris merupakan salah satu materi belajar bahasa Inggris yang akan kamu temui di bangku sekolah. Selain itu, bentuk teks ini juga kerap muncul dalam soal ujian sekolah, hingga ujian TOEFL (Test Of English as a Foreign Language). Sehingga, sangat penting kamu kamu bisa memahami materinya. Di bawah ini merupakan penjelasannya.

Narrative Text Dalam Bahasa Inggris

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa teks naratif tak jarang akan muncul di berbagai soal ujian baik di soal ujian sekolah maupun soal tes bahasa inggris lainnya. Sehingga, penting untuk kamu pelajari. Berikut merupakan penjelasan mengenai narrative text mulai dari struktur penulisan hingga contohnya yang wajib kamu ketahui.

Definisi

Narrative text merupakan salah satu junis teks yang menceritakan tentang serangkaian suatu peristiwa dengan sistem kronologis atau sistem yang saling terhubung satu sama lain. teks naratif umumnya memiliki sifat imajinatif atau khayalan yang tidak nyata dan hanya berupa hasil imajinasi dari penulisnya saja.

Karena teks ini memiliki sifat yang imajinatif, maka tujuan dari penulisan teks naratif adalah sebagai hiburan bagi pembacanya. Namun, meskipun tujuan utamanya menghubur pembaca tak jarang juga dalam teks naratif pengarang menyisipkan nilai moral yang coba disampaikan lewat alur ceritanya.   

Generic Structure

Berikutnya, mengenai struktur pembentukan narrative text dalam bahasa inggris. Adapun, dalam teks naratif terdapat tiga generic structure (struktur pola pembentukan teks) yang harus kamu ketahui jika ingin membuat atau sedang mempelajari sebuah teks narasi.

Struktur pertama yakni, orientation atau pengenalan. Jadi, pada awal paragraph sebuah teks naratif biasanya berisikan pengenalan tiap-tiap tokoh serta latar yang terlibat dalam isi cerita. Dalam hal ini latar bisa menjadi tempat kejadian juga waktu cerita tersebut berlangsung.

Struktur berikutnya yakni, complication atau awal mula suatu permasalhan atau peristiwa dari kejadian. Karena teks naratif bersifat kronologis, maka permasalahan yang muncul di awal akan berlanjut menjadi sebuah rentetan alur cerita panjang yang didalamnya mengandung konflik, klimaks, juga anti klimaks.

Adapun, untuk mempermudah kamu dalam menyusun bagian complication, kamu bisa ikuti pola ini. Pertama yakni problem yang berisi masalah dalam cerita, lalu conflict atau konflik yang membuat pembaca penasaran, climax atau puncak konflik, anti climax atau penurunan konflik, dan terakhir solution atau penyelesaian segala permasalahan dan konflik dalam teks naratif.

Generic structur yang ada dalam teks naratif berikutnya yakni resolution atau kesimpulan cerita. Pada bagian ini bisa menjadi sebagai penjelasan lanjutan dari solution. Pada bagian ini, penulis juga bisa memberikan gambaran apakah teks naratif yang ditulisakan akan berakhir bahagia atau bahkan sebaliknya.

Kemudian, ada juga re-orientation yang tidak wajib muncul dalam teks naratif. Namun, jika suatu teks naratif berisikan re-orientation, maka didalamnya terdapat paragraph yang menceritakan terkait konsisi terakhir dari tokoh-tokoh dalam sebuah cerita, atau bisa juga berisikan tentang pelajaran atau pean moral yang bisa dipetik oleh pembaca.

Contoh Teks Naratif

Setelah mengetahui terkait penjelasan mengenai definisi serta generic structur dari teks naratif. Berikutnya untuk lebih memperkaya pemahaman kamu, maka diperlukan contoh teks yang bisa kamu amati. Berikut, merupakan contoh teks naratif yang bisa kamu amati konsepnya agar lebih paham mengenai materi ini.

The Pigeon and The Red Ant

In a beautiful ferest, there were lived a beautiful pigeon and red ant. Every day the pigeon always foraged in shrubs an the top of trees. The pigeon left her nest every morning and then returned in the afternoon. Meanwhile, the red ant worked day and night to collect the food. They both were enjoy with their daily activities.

Until one day, when red ants was collecting the food near the river, suddenly he heard tumultuous sound approaching him and he saw rambutans rolled toward him. Realizing that things, the pigeon took a leaf with her bill and laid it on the water. Finally the drowning ant reached and climbed to the leaf and he was safe.

Dengan mempelajari materi narrative text dalam bahasa inggris, selain kamu dapat memahami materi juga dapat sekalian memperkaya kosakata dalam bahasa inggris. penjelasan di atas bisa kamu jadikan sebagai gambaran mengenai materi teks naratif yang sedang kamu pelajari.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH