perbedaan will dan going to

Perbedaan Will dan Going To

Seperti yang telah diketahui, Future Tense adalah tense yang digunakan untuk menjelaskan kejadian yang akan datang. Tense ini biasanya menggunakan will atau juga going to. Perbedaan will dan going to harus kamu ketahui karena penggunaan kedua kata ini cukup berbeda.

Meskipun keduanya memiliki arti yang sama, yakni akan, kedua kata ini ternyata tidak bisa digunakan sembarangan dan harus disesuaikan dengan kondisinya. Kedua kata ini seringkali membuat banyak orang bingung karena memiliki arti yang sama, namun cukup rumit, karena tidak bisa digunakan sesuka kamu.

Apa Saja Perbedaan Will dan Going To?

Perbedaan will dan going to memang membuat bingung karena kamu harus mengikuti aturan yang berlaku untuk menggunakannya. Belajar bahasa Inggris lengkap dengan aturan-aturan penggunaan kata harus kamu lakukan agar bisa menggunakannya di kondisi yang tepat.

Nah, penjelasan terkait perbedaan will dan going to yang perlu kamu ketahui seputar:

Pengertian Will

Will adalah modal auxiliary verb yang biasanya digunakan untuk memberi makna pada kalimat. Modal auxiliary verb disebut juga sebagai kata kerja bantu dalam bahasa Indonesia. Sesuai dengan sebutannya, fungsi utama dari will adalah untuk membantu kata kerja memberi makna yang lebih jelas tentang waktu dan agar fungsinya juga lebih jelas.

Baca Juga:
Perbedaan Will dan Would

Pengertian Going To

Ini juga termasuk kata kerja bantu. Jika menggunakan kata ini, kamu harus juga menggunakan to be, yaitu is, am, are yang disesuaikan dengan subjeknya. Kalimat ini sangat mirip dengan present continuous tense, hanya saja kamu harus menggunakan verb 1 setelah going to, bukan verb-ing.

Perbedaan Keduanya

Perbedaan will dan going to bisa kamu lihat dari fungsinya. Will memiliki beberapa fungsi, seperti misalnya digunakan saat mengambil sebuah keputusan yang cepat dan spontan. Biasanya merupakan keputusan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh kalimatnya adalah

The phone is ringing, I will go get it.

Fungsi kedua adalah digunakan saat kamu akan berjanji kepada orang lain. Contoh kalimatnya adalah:

My brother promises me he will buy me a new car

Will ini juga bisa kamu gunakan jika hendak menyatakan penolakan kepada orang lain, seperti dalam kalimat berikut ini:

William said he wont help me with my Math homework

Nah, untuk going to sendiri, kata ini digunakan untuk menyatakan rencana masa depan. Rencana ini biasanya sudah dipikirkan dengan baik dan tidak bersifat spontan. Contoh kalimatnya adalah

I am going to buy a new house.

Baca Juga:
Cara Mudah Membedakan Tenses

Kapan Menggunakan Will dan Going To?

Ada beberapa kondisi di mana kamu ahrus menggunakan going to. Beberapa kondisi yang dimaksud adalah:

  • Ketika sudah membuat keputusan atau kamu sudah tahu pasti akan melakukan apa di masa yang akan datang
  • Ketika ada tanda yang akan terjadi disertai bukti atau sudah dialami sebelumnya
  • Ketika sesuatu akan segera terjadi dalam hitungan waktu yang singkat

Sedangkan, untuk will, ada beberapa kondisi penggunaan will yang perlu kamu tahu, seperti misalnya:

  • Memutuskan sesuatu secara spontan
  • Ketika kamu percaya dengan prediksi di masa depan
  • Membuat tawaran, ancaman dan janji

Perbedaan keduanya ini harus kamu ketahui agar kamu bisa menggunakannya di situasi atau kondisi yang tepat. Bersama ICAN English, kamu bisa belajar bahasa Inggris tentang Perbedaan Will dan Going To.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web