3 novel ringan untuk belajar bahasa inggris

3 Novel Ringan untuk Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris tak harus melalui buku pelajaran. Kamu bisa membaca novel ringan bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing. Namun, menemukan buku yang menarik bagi siswa kamu dan pada tingkat yang sesuai dengan tingkat membaca tidak selalu mudah.

Untuk siswa dari level A1-B1 sangat disarankan untuk memilih novel dengan kalimat yang ringan untuk menghindari penggunaan tata bahasa dan kosakata yang sulit.

3 Pilihan Novel Bahasa Inggris dengan Alur Cerita yang Ringan

Jika kamu menikmati sebuah novel, maka kamu bisa memahami setiap alur cerita dengan sangat baik. Untuk itu, penting untuk membaca dan memilih novel ringan bahasa Inggris agar kamu bisa belajar sambil menikmati novel tersebut di waktu luang.

Berikut beberapa rekomendasi novel ringan bahasa Inggris yang bisa kamu baca:

1. The House on Mango – Sandra Cisneros

Buku yang satu ini menceritakan sebuah cerita dari Esperanza Cordero, seorang gadis Latin dan kehidupannya di Chicago. Sandra Cisneros menggunakan bahasa yang cukup sederhana dan kalimat singkat untuk membuatnya sangat ringan bagi pelajar bahasa Inggris.

Salah satu fitur luar biasa dari buku ini adalah dapat membantu siswa memahami dan berempati dengan komunitas yang sangat berbeda dari komunitas mereka sendiri.

Baca Juga:
Novel Bahasa Inggris Best Seller

2. The Curious Incident of the Dog in the Night-time – Mark Haddon

Buku dengan judul yang cukup panjang ini terkesan sangat luar biasa, lucu namun juga mengharukan. Menceritakan kisah petualangan seorang anak muda bernama Christopher yang menderita Sindrom Asperger, suatu bentuk autism.

Pengidap sindrom Asperger sering mengalami kesulitan dalam hubungan sosial dan komunikasi yang tentunya terjadi pada Christopher. Ketika dia menemukan pembunuhan anjing tetangga, dia memutuskan untuk menyelidikinya. Kisah ini diceritakan dari sudut pandang Christopher, dan penjelasannya untuk semua yang dilihat dan didengarnya jelas, logis, dan mudah dipahami. Bahasa yang digunakan sangat lugas.

3. Of Mice and Men – John Steinbeck

Of Mice and Men menceritakan kisah George Milton dan Lennie Small, dua pekerja peternakan migran, yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain di California untuk mencari pekerjaan baru selama Great Depression di tahun 1930-an.

Kisah menarik Steinbeck sangat singkat dan diceritakan dalam bahasa yang umumnya cukup sederhana. Namun, ada sejumlah kontraksi seperti ain-t, why, n-t, want and gonna yang mungkin ingin kamu jelaskan kepada siswa sebelum mereka membacanya.

Baca Juga:
Novel Terkenal Untuk Belajar Bahasa Inggris

Tips Membaca Bahasa Inggris

Membaca untuk bersenang-senang bisa dilakukan di mana saja. Kamu bisa membawa buku yang menyenangkan di bus, di tempat tidur atau di kantor, dan kamu bisa membacanya kapanpun.

Namun, jika kamu membaca untuk meningkatkan pemahaman bahasa Inggris, kamu perlu fokus dan belajar dengan rutin. Ini berarti kamu perlu menyediakan waktu khusus untuk membaca. Meluangkan waktu untuk membaca akan membuat kamu fokus dengan baik tanpa terganggu apapun.

Kamu harus mencoba setidaknya 30 menit untuk membaca setiap hari dengan fokus. Ini bisa menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan membaca. Semakin banyak kamu membaca, semakin baik kemampuan kamu.

Pastikan juga kamu membaca buku yang tepat. Saat kamu memilih buku untuk dibaca, ingatlah dua hal, yakni apa yang kamu minati dan tingkat membaca kamu. Kapan pun kamu bisa, bacalah hal-hal yang kamu sukai.

Kamu juga harus memilih buku dengan tingkat bahasa Inggris yang sesuaid engan kemampuan kamu. Hal ini untuk memudahkan kamu belajar dan mengertis setiap kalimat dalam buku tersebut.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web