Panduan Belajar Bahasa Inggris Reading Skill

Panduan Belajar Bahasa Inggris Reading Skill

Belajar Bahasa Inggris Reading skill adalah belajar bagaimana memahami apa yang kamu baca. Keterampilan utama harus dilatih untuk memastikan bahwa kamu bisa memahami kata-kata di setiap halaman buku Bahasa Inggris yang kamu baca.

Meskipun membaca lebih banyak adalah salah satu cara meningkatkan pemahaman, terdapat tips dan metode yang dapat kamu terapkan untuk membuat kemampuan membaca lebih efektif.

10 Cara Meningkatkan Reading Skill

Panduan ini membantu agar kamu bisa belajar bahasa inggris reading skill yang telah terbukti membuat proses belajar memebaca lebih efisien, sebagaimana berikut:

Baca Juga:
Tips Membaca Novel Bahasa Inggris

1. Luangkan Waktu Khusus untuk Membaca

Jika ingin meningkatkan keterampilan pemahaman reading, kamu harus fokus. Senyediakan waktu khusus untuk membaca tanpa risiko terganggu. Cobalah meluangkan setidaknya 30 menit setiap hari untuk membaca secara fokus.
Temukan tempat yang tenang dan nyaman dengan pencahayaan terang ketika duduk membaca Siapkan semua yang kamu perlukan sebelum duduk, seperti bulpen, buku catatan, dan minuman. Putuskan berapa lama kamu akan membaca. Letakkan semua perangkat elektronik dalam mode senyap (atau matikan) dan simpanlah.
Jika kamu sudah mempunyai waktu khusus untuk belajar reading, otak mengetahui kapan akan melatih pemahaman. Hasilnya, kamu akan lebih fokus bahkan sebelum memula.

2. Gunakan Kamus yang Tepat

Jika kamu adalah seorang pembelajar pemula, pilih kamus bahasa Inggris yang menerjemahkan kata-kata ke dalam Bahasa Indonesia. Ada juga kamus pembelajar yang menjelaskan kata-kata menggunakan istilah sederhana.
Untuk pelajar lebih mahir, sebaiknya gunakan kamus satu bahasa, yaitu kamus yang memiliki definisi dalam bahasa Inggris tanpa terjemahan. Kamus satu bahasa memaksa agar kamu berpikir dalam bahasa Inggris daripada mengandalkan bahasa ibu.

3. Gunakan Petunjuk dalam Konteks

Hanya karena kamu menemukan kamus yang tepat, bukan berarti harus mencari setiap kata baru!

Menggunakan petunjuk dalam konteks berarti mencoba memahami sebuah kata baru dengan melihat apa yang ada di sekitarnya. Jika terjebak pada sebuah kata yang tidak kamu ketahui, cobalah melihat keseluruhan kalimat untuk mendapatkan petunjuk tentang arti kata tersebut.

Jangan berhenti mencari setiap kata baru. Kamu dapat menuliskan kata tersebut dan mencarinya nanti. Carilah sebuah kata hanya jika tanpa kata tersebut, kamu tidak dapat memahami apa yang sedang kamu baca.

4. Belajar Membaca Bahasa Inggris dengan Buku yang Tepat

Saat memilih buku (dan teks lain) untuk dibaca, ingatlah dua hal: Apa yang kamu minati dan tingkat membaca. Bacalah buku atau hal-hal yang kamu sukai. Kamu juga harus memilih buku dengan level bahasa Inggris lebih tinggi dari yang paling kamu sukai. Cara ini cukup menantang diri sendiri untuk mempelajari hal-hal baru, tetapi jangan sampai kamu frustrasi dengan bacaan tersebut.

Untuk pemula, pilih teks khusus yang dirancang dengan bahasa sederhana. Contohnya, dialog, bacaan singkat tentang topik umum atau buku anak-anak. Untuk tingkat menengah, kamu dapat membaca teks lebih panjan. Contohnya, artikel berita, dan novel populer dengan bahasa yang lebih sederhana.

Sedangkan pelajar tingkat lanjut dapat membaca hampir semua hal. Akan tetapi, bacaan yang tepat adalah beberapa literatur klasik seperti drama Shakespeare.

Baca Juga:
Situs Belajar Bahasa Inggris Online

5. Cek Level Kesulitan

Setelah memilih sebuah buku, cek kembali tingkat kesulitannya dengan memastikan tidak lebih dari 10% kata yang tidak diketahui di dalamnya. Hitung jumlah kata dalam satu halaman atau paragraf. Lalu, hitung jumlah kata yang tidak kamu kenali. Bagilah jumlah kata yang tidak diketahui dengan jumlah total kata, kalikan dengan 100. Cara ini membantu menemukan berapa persentase kata yang tidak kamu ketahui.

Jika terdapat 0-2% kata baru artinya teks bacaan terlalu mudah. Jika terdapat 4%-6% kata baru, artinya merupakan bacaan yang tepat. Sedangkan jika terdapat 8% kata baru, artinya teks ini terlalu sulit. Tetapi, kamu dapat mencobanya jika ingin.

Apabila terdapat 10% (atau lebih) kata baru, artinya teks ini terlalu sulit. Teks tersebut dapat kamu baca nanti, ketika sudah mempelajari lebih banyak kata-kata bahasa Inggris.

6. Membaca Intensif dan Ekstensif

Ada dua macam cara membaca bahasa Inggris yang harus kamu pelajari, yaitu membaca intensif dan membaca ekstensif. Membaca intensif adalah saat mencoba memahami setiap kata pada bacaan. Membaca intensif dilakukan ketika punya banyak waktu untuk fokus. Saat berlatih membaca intensif, pilihlah teks yang cukup pendek sesuai minat.

Sedangkan membaca ekstensif artinya membaca dengan santai apa pun yang kamu lihat dalam bahasa Inggris. Jenis bacaan ini membuat kamu tidak perlu khawatir tentang arti setiap kata. Contohnya, ketika baca resep, baca email, dan baca postingan blog. Semakin banyak bacaan Bahasa Inggris yang kamu pelajari, semakin nyaman kamu membaca bacaan apapun.

7. Kenali Ejaan Bahasa Inggris

Ejaan bahasa Inggris sering kali tidak mencerminkan bunyi sebenarnya dari sebuah kata. Saat membaca dalam bahasa Inggris, kamu mungkin terhenti pada kata-kata baru yang tidak tahu cara mengucapkannya.

Dengan mempelajari ejaan umum, maka akan meningkatkan kemampuan membaca secara keseluruhan. Dalam bahasa inggris, terdapat kata dengan awalan “kn”, seperti “know” dan “knife”. Pengucapannya adalah hanya huruf “n” menjadi. Kata dengan awalan “wh”, seperti “what” dan “when”, huruf “h” dalam dua kata tersebut tidak boleh diucapkan.

8. Fokus pada Kata-kata Diulang

Penting untuk bersikap cerdas dalam menentukan kata mana yang kamu cari saat membaca. Sebaiknya, cari kata-kata yang diulang lebih dari tiga kali dalam satu bagian, atau kata-kata yang tampaknya penting bagi makna kalimat.

Dengan kata lain, jangan mencari setiap kata yang tidak diketahui saat membaca. Saat membaca teks untuk pertama kalinya, garis bawahi atau sorot kata-kata yang tidak diketahui.

Setelah selesai membaca, identifikasi kata-kata berulang dan kata-kata yang penting untuk dipahami. Selanjutnya, cari dan tulis terjemahan atau definisinya.

9. Belajar Kosakata dengan Flashcards

Cara terbaik meningkatkan kosakata dan keterampilan membaca dengan membuat flashcard berisi kata-kata penting. Saat membaca, simpanlah flashcard tersebut. Jika kata tersebut muncul kembali saat membaca, kamu dapat menggunakan flashcard sebagai kamus untuk menerjemahkannya dengan cepat.

Ketika sedang membaca dan menemukan kata yang sama seperti kosa kata pada flascard, kamu dapat memindah flashcard tersebut pada tumpukan paling bawah. Cara ini akan membantu kata apa saja pada flashcards yang sudah kamu temui dan pelajari dari bacaan.

10. Membuat Jurnal Bahasa

Selain membuat flashcard, kamu juga bisa menggunakan jurnal bahasa (notebook) untuk latihan. Buat halaman jurnal khusus, dan cobalah menulis kalimat dengan kosakata bahasa Inggris baru. Buatlah definisi sendiri untuk setiap kata bahasa Inggris yang telah kamu pelajari. Gunakan pensil warna untuk menggambar arti kata-kata tersebut.

Sesekali, lihat kembali halaman-halaman lama di jurnal bahasa ini. Tinjau seluruh kosa kata untuk menjaga ingatan tetap kuat.

Baca Juga:
Kursus General Inggris di Bandung

Belajar Bahasa Inggris Reading dari Kursus

Kesulitan belajar bahasa inggris reading tanpa kamus atau penerjemah online? Ikuti kursus bahasa Inggris ICAN English untuk memahami buku, artikel, dan percakapan media sosial berbahasa Inggris.

Mengikuti kursus dan belajar reading bahasa Inggris dengan tutor bersertifikat membantu meningkatkan kemampuan lebih cepat. Kamu akan belajar mengenali struktur dan memahami kata-kata dari konteksnya tanpa perlu menerjemahkannya ke dalam Bahasa Indonesia setiap kata.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web