tips membaca novel bahasa inggris

Tips Membaca Novel Bahasa Inggris

Tips membaca novel bahasa Inggris cocok bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris dari hobi membaca. Novel menyuguhkan banyak cerita menarik dan terkadang bikin kamu merasa larut kalau sudah membacanya.

Ketika kamu ingin memperoleh novel dengan alur cerita bagus, salah satu cara terbaik adalah beli novel bahasa Inggris. Membaca novel menggunakan Bahasa asing sangat baik, tetapi membutuhkan beberapa hal supaya kamu bisa menerapkannya untuk belajar bahasa Inggris secara lebih efektif.

4 Tips Baca Novel Bahasa Inggris Agar Paham

Berikut adalah beberapa tips membaca novel bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan agar bisa memahami alur cerita sambil belajar bahasa Inggris:

1. Berani Mencoba

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu berani mencoba. Banyak orang menolak baca novel bahasa Inggris karena sudah ciut duluan.

Padahal, belajar dari baca novel bahasa Inggris pasti membuat kamu memperoleh jalan cerita menarik, serta meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Jadi, beranikan diri dengan cara baca novel bahasa Inggris.

2. Cari Bacaan Ringan

Kalau kamu merasa sulit membaca novel bahasa Inggris yang tebal, cobalah baca novel dari yang paling ringan dalam bahasa Inggris. Beberapa bacaan lebih irngan yaitu cerita pendek, artikel bahasa Inggris, ataupun surat kabar menggunakan bahasa Inggris.

Gunakan bacaan lebih pendek membantu agar kamu terbiasa membaca dan memahami berbagai tulisan Bahasa Inggris. Sehingga, memudahkan kamu membaca novel dalam bahasa Inggris.

Baca Juga:
Novel Bahasa Inggris Best Seller

3. Tandai Kata Sulit

Tips membaca novel bahasa Inggris agar bisa mencari tahu maknanya adalah menandai kata sulit saat membacanya. Dengan cara ini, kamu bisa memahami apa yang disampaikan penulis dan meningkatkan kosakata bahasa Inggris.

Jadi, kamu bisa mendapatkan jalan cerita menarik, tetapi masih dapat meningkatkan kemampuan kosakata, seperti dari percakapan dari cerita. Kosakata seperti ini bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Pilih Genre

Agar lebih mudah baca novel bahasa Inggris, kamu tidak bisa sembarangan pilih novel. Beberapa novel mempunyai genre yang menggunakan kata-kata tidak umum. Sehingga, membuat kamu sulit memahami apa yang dipahami.

Beberapa genre novel perlu kamu hindari kalau tidak ingin kesulitan memahami fantasia tau klasik. Sedangkan novel genre drama dan komedi adalah pilihan tepat untuk memudahkan dalam membaca bahasa Inggris.

Pilihan Novel Ringan untuk Belajar Bahasa Inggris

Membaca adalah salah satu cara paling menyenangkan dan efektif untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Ini dapat membantu memperluas kosa kata dan mengenalkan pada struktur kalimat yang berbeda, sambil menikmati beberapa cerita. Nah, berikut beberapa novel ringan yang bisa kamu baca untuk belajar bahasa Inggris!

The Wind in the Willows – Kenneth Grahame

Kisah klasik ini terjadi di pedesaan Inggris dan berbagi petualangan hewan yang hidup di tepi sungai. Penggunaan bahasa Grahame yang sederhana dengan cerita imajinatif menjadikannya bacaan yang menyenangkan untuk orang dewasa dan anak-anak.

Lord of the Flies – William Golding

Buku ini adalah buku klasik modern dan teks pelajaran populer untuk sekolah-sekolah di seluruh dunia. Ketika sekelompok anak laki-laki diasingkan di pulau terpencil, masyarakat yang mereka ciptakan berubah menjadi berperilaku kejam. Golding menggunakan bahasa yang dramatis dan deskriptif, hampir seperti puisi, membuat kamu merasa ada di dalam novel tersebut.

Animal Farm – George Orwell

Novel pendek alegoris ini bercerita tentang hewan yang memberontak melawan tuan manusianya, dan merupakan sindiran era Stalin di Uni Soviet. Orwell menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk menarik semua tingkat membaca dengan pendekatan ‘less is more’, dan hewan-hewan berbicara dalam kalimat yang singkat dan jelas.

Baca Juga:
Tips Belajar Cara Pengucapan Bahasa Inggris

Manfaat Baca Novel Bahasa Inggris

Sekarang kamu sudah tahu apa saja tips membaca novel bahasa Inggris agar mudah memahaminya. Selain punya alur cerita bagus serta kompleks, novel bahasa Inggris membantu agar kamu bisa membuat kemampuan Bahasa Inggris meningkat. Selain kursus bahasa Inggris, kamu bisa belajar bahasa Inggris melalui novel dengan cara yang benar.

Novel cukup panjang untuk membuat kamu bisa belajar banyak hal. Selain kosakata baru, kamu juga bisa mempelajari gaya bahasa yang mengalir, serta menyenangkan dan tidak membosankan. Beberapa contoh novel yang wajib kamu baca adalah karya William Golding berjudul Lord of the Flies, atau Ernest Hemingway dengan novel berjudul The Old Man and the Sea.

Meningkatkan skill saja tidak cukup dari baca novel bahasa Inggris. Kamu juga harus meningkatkan skill lainnya agar bisa naik level. Salah satu cara terbaik adalah ikut les Bahasa Inggris dengan metode belajar terbaik. Kemampuan Bahasa inggris kamu jauh lebih meningkat dan jadi lebih mudah membaca novel bahasa Inggris. Daftar di kelas ICAN English dan nikmati pengalaman belajar dengan berbagai metode menyenangkan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi