Panduan belajar TOEFL

Panduan Belajar TOEFL yang Harus Diperhatikan

Apr 22, 2022 | TOEFL

Saat ini, TOEFL menjadi tes bahasa Inggris yang digunakan oleh banyak kepentingan, mulai dari pendidikan, pekerjaan, dan sebagainya. Hal yang paling dibutuhkan dari TOEFL adalah sertifikatnya. Beberapa instansi mengharuskan mempunyai sertifikat TOEFL dengan minimal skor tertentu. Itulah mengapa panduan belajar TOEFL memang diperlukan.

Karena tipe soal di TOEFL akan berbeda dengan tipe soal bahasa Inggris pada umumnya. Bahkan akan terkesan lebih sulit bagi yang belum pernah melihat soal TOEFL. Oleh karena itu, sebelum tes TOEFL sebaiknya melakukan persiapannya terlebih dahulu. Agar mendapatkan skor TOEFL sesuai dengan yang diharapkan atau ditargetkan.

Baca Juga: CARA MEMULAI BELAJAR TOEFL

4 Panduan Belajar TOEFL

Tes TOEFL biasanya akan mengeluarkan sejumlah biaya. Sehingga sebaiknya diusahakan untuk mengikuti tes TOEFL satu kali saja. Sebenarnya, cara mendapatkan skor TOEFL diatas standar minimal tidaklah sesulit yang dibayangkan. Inilah beberapa panduan serta cara untuk belajar TOEFL!

1. Mengenali Format dan Jenis Soal TOEFL

Panduan paling utama yang perlu diketahui adalah terkait format serta jenis soal TOEFL. Karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, soal TOEFL akan berbeda dengan soal bahasa Inggris pada umumnya. Sehingga, sebaiknya kenali dan pahami terlebih dahulu tipe-tipe soal yang biasanya muncul di tes TOEFL.

Mulai dari soal listening, structure and written expression, serta reading. Pada soal TOEFL biasanya belum ada soal speaking. Apabila tidak mempelajari terlebih dahulu tipe dan format soal TOEFL. Maka dikhawatirkan akan sulit untuk mempelajari materi yang lebih kompleks. Oleh karena itu, cobalah membaca dan mencari contoh-contoh soal TOEFL.

2. Meluangkan Waktu 2 Jam untuk Belajar TOEFL

Panduan belajar TOEFL berikutnya adalah meluangkan waktu selama 2 jam untuk belajar TOEFL. Pastikan untuk mempersiapkan TOEFL dari jauh-jauh hari. Hindari belajar TOEFL dengan sistem kebut semalam atau SKS. Karena akan cukup banyak materi serta soal yang harus dipelajari di TOEFL. Maka usahakan jangan mendadak dalam belajar TOEFL.

Luangkanlah waktu selama 2 jam dalam sehari. Lakukanlah secara konsisten dan intens. Untuk belajar TOEFL, sebenarnya tidak perlu lama-lama. Karena dikhawatirkan tidak akan fokus. Lalu, belajarlah satu skill setiap harinya. Misalnya, luangkan waktu 2 jam di hari Senin untuk belajar listening. Selasa untuk structure, Rabu untuk reading, dan seterusnya.

3. Memperkaya Kosakata atau Vocabulary

Kosakata atau vocabulary menjadi aspek yang cukup penting dalam pemahaman TOEFL. Pasalnya, soal TOEFL biasanya akan menampilkan teks-teks bersifat formal serta ilmiah. Sehingga, kosakatanya pun merupakan kosakata yang jarang ditemukan di kehidupan sehari-hari. Maka, cobalah untuk memperkaya kosakata atau vocabulary bahasa Inggris.

Caranya adalah dengan banyak menonton film atau membaca buku, artikel, serta penelitian dalam bahasa Inggris. Apabila terdapat kosakata yang belum diketahui, maka tulislah dan cari artinya. Dengan begitu, kosakata yang dimiliki akan semakin banyak dan memudahkan saat mengerjakan soal-soal TOEFL.

4. Mengerjakan Latihan Soal

Persiapan TOEFL memang tidak akan lengkap apabila tidak melakukan praktik di soal-soalnya. Oleh karena itu, cara terakhir adalah mengerjakan latihan-latihan soal TOEFL. Saat ini telah banyak soal TOEFL yang bertebaran di internet.

Apabila memungkinkan, carilah soal-soal yang sudah ada pembahasannya. Karena dengan begitu, kamu akan mengetahui apakah jawaban kamu sudah benar atau masih salah. Hal tersebut dapat dijadikan patokan pula apakah pembelajaran TOEFL sudah maksimal atau belum.

Baca Juga: PENTINGNYA PELATIHAN TOEFL AGAR SKOR MAKSIMAL

Kesalahan dalam Melakukan Panduan Belajar TOEFL

Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa kesalahan saat sedang belajar TOEFL. Kesalahan ini wajib diketahui. Agar kamu dapat menghindari beberapa kesalahan ini. Untuk lebih jelasnya, simak penjabarannya di bawah ini!

1. Belajar Tidak Konsisten

Belajar TOEFL memerlukan adanya proses agar mendapatkan hasil maksimal. Banyak orang yang kurang konsisten untuk belajar TOEFL. Hal tersebut akhirnya mengakibatkan pembelajaran TOEFL tidak maksimal untuk dilakukan.

2. Mengabaikan Waktu

Dalam belajar dan tes TOEFL, waktu menjadi hal yang cukup penting. Oleh karena itu, manfaatkanlah waktu dengan baik. Begitupun ketika melakukan tes TOEFL, karena waktu akan terus berjalan.

Panduan belajar TOEFL menjadi hal yang wajib diketahui. Khususnya bagi kalangan yang akan melakukan tes TOEFL. Pastikan untuk mempersiapkannya secara matang, agar hasilnya pun maksimal dan sesuai dengan yang diinginkan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Apa Perbedaan TOEFL ITP dan PBT?

Apa Perbedaan TOEFL ITP dan PBT?

Sebagian besar universitas di Amerika membutuhkan skor TOEFL ITP atau PBT dari siswa internasional. Namun, sebenarnya apa perbedaan dari TOEFL ITP dan PBT tersebut? TOEFL ITP adalah ujian yang serupa, tetapi tidak identik, dengan TOEFL iBT. Tes ini sendiri memiliki...

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Persiapan TOEFL

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Persiapan TOEFL

TOEFL adalah salah satu tes penilaian bahasa Inggris yang paling populer dan diterima secara luas di dunia pendidikan asing. Tes ini akan membuktikan bahwa kamu memiliki keterampilan bahasa Inggris yang maksimal. Belajar bahasa Inggris persiapan TOEFL perlu dilakukan...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH