Panduan Lengkap Belajar Speaking IELTS

Panduan Lengkap Belajar Speaking IELTS

Tes Speaking IELTS merupakan bagian paling singkat dari ujian IELTS, hanya berlangsung 11-15 menit. Namun, bagi banyak peserta tes, pengalaman singkat ini menjadi pengalaman yang paling tidak terlupakan karena sulit!

Dalam ujian ini, kamu akan melakukan wawancara tatap muka yang cepat namun intens dengan penguji. Dibutuhkan fokus, kreativitas, dan kemampuan bahasa Inggris yang kuat untuk memikirkan tanggapan terhadap pertanyaan pewawancara dengan cepat.

Panduan Lengkap IELTS Speaking

Panduan bagian Speaking IELTS ini mencakup apa yang perlu kamu ketahui tentang bagian ujian IELTS yang singkat dan menantang tersebut. Diharapkan dengan adanya panduan ini, kamu bisa lebih mudah memahami seperti apa mekanisme ujian yang akan kamu hadapi.

Format Speaking Section IELTS

Saat mengikuti tes Speaking IELTS, kamu akan memasuki ruangan di mana penguji siap menyambut. Terdapat tiga sesi yang akan kamu hadapi saat mengikuti ujian speaking. IELTS Speaking Bagian 1 seperti wawancara pribadi.

Berbicara Bagian 1 berlangsung sekitar 4-5 menit. Kamu akan memperkenalkan diri dan berbicara tentang topik IELTS Speaking yang berkaitan dengan kehidupan dan pengalaman sebagai jawaban atas pertanyaan penguji. Anggaplah interaksi ini sebagai “obrolan ringan”.

IELTS Speaking Bagian 2 disebut “Long Turn.” pada bagian 2, kamu akan diberikan pertanyaan suatu topik dan beberapa sub-poin yang harus bahas dalam jawaban. Kamu memiliki waktu satu menit untuk mempersiapkan tanggapan, dan tujuannya adalah berbicara selama sekitar 2 menit. Penguji mungkin menanyakan beberapa pertanyaan lanjutan setelah kamu menyelesaikan penjelasan singkat.

Terakhir, kamu akan melakukan percakapan tentang masalah yang sama (atau serupa). Speaking Part 3 akan menjadi diskusi, seperti bagian pertama ujian. Namun, pertanyaannya lebih rumit karena mengharuskan kamu untuk memberikan pendapat atau analisis.

Penilaian dan Aturan IELTS Speaking

IELTS menggunakan empat kategori penilaian untuk menilai kemampuan berbicara. Untuk mendapatkan skor band 9 di setiap kategori, kamu perlu menunjukkan kefasihan/keterampilan lengkap terkait dengan bidang penilaian tersebut.

Kamu Anda membuat beberapa kesalahan dalam salah satu/semua kategori penilaian, tetapi tetap mendapatkan skor band 8. Jika terlalu ragu-ragu dan membuat terlalu banyak kesalahan, maka menurunkan skor menjadi 7 di beberapa kategori.

Jika kamu hadir dan mampu berbicara minimal sedikit, skor minimal yang diperoleh adalah 2. Tetapi kamu hanya bisa mendapat nilai 0 jika tidak muncul.

Kefasihan & Koherensi

Kefasihan dan Koherensi merupakan ukuran kemampuan pembicara dalam berkomunikasi secara logis, jelas, dan tanpa kesulitan dalam bahasa Inggris. Dengan kata lain, aspek penilaian ini mengukur keseluruhan keterampilan dan kepercayaan diri.

Sumber Daya Leksikal

Pada sesi berbicara, Sumber Daya Leksikal mengukur kemampuan kamu dalam menggunakan kata-kata secara efektif. Untuk mendapatkan skor tertinggi, gunakan kata-kata dalam konteks yang benar, dengan arti yang benar. Penggunaan kata tidak hanya diuji pada tingkat kata individual, namun pada tingkat idiom dan frasa.

Tata Bahasa

Untuk mendapatkan nilai yang baik dalam tata bahasa, kamu tidak hanya harus memiliki tata bahasa yang akurat. Akan tetapi juga tata bahasa yang bervariasi, namun natural.

Pengucapan

Berbicara juga mengukur pengucapan. Pengucapan melibatkan lebih dari sekedar mengartikulasikan atau mengucapkan setiap kata dengan benar. Banyak siswa memiliki masalah pengucapan yang lebih besar pada tingkat kalimat. Masalah-masalah ini terjadi ketika seorang siswa tidak merasakan ritme atau pola intonasi seperti penutur asli.

Sayangnya, tidak ada solusi mudah untuk masalah pengucapan. Secara umum, cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan adalah dengan menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Jika tidak dapat menggunakan bahasa Inggris secara rutin, mendengarkan rekaman penutur bahasa Inggris akan sangat membantu. Jeda rekaman sesekali dan cobalah mengucapkan seluruh kalimat dengan cara yang persis sama seperti pembicara.

Cobalah meniru nada bicara pembicara (naik atau turunnya suara). Coba juga tiru cara pembicara mempercepat, memperlambat, dan menjeda sepanjang kalimat. Bahkan cobalah meniru emosi pembicara!

Baca Juga:
Contoh Fabel Bahasa Inggris, Bisa Buat Belajar

Speaking IELTS Program Preparation ICAN English

ICAN English menyediakan IELTS Preparation Class, yaitu kelas untuk mempersiapkan tes, termasuk IELTS Speaking. Pada sesi kedua dari tes Speaking di IELTS, mengharuskan kamu berbicara tentang topik tertentu, selama sekitar 2 menit.

Dengan belajar di ICAN, kamu akan mengikuti kegiatan latihan secara intensif. Kamu akan belajar berbagai topik umum bersama teman dan tutor, serta belajar meningkatkan kosakata terkait topik. Latihan membuat keterampilan speaking jadi lebih baik, sehingga kamu dapat meningkatkan skor speaking untuk mencapai tujuan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web